10+ Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia – Lengkap!

OLAHRAGA TRADISIONAL DI INDONESIA – Kali ini kita akan membahas mengenai olahraga tradisional yang ada di Indonesia. Saya akan mengajak anda untuk ber-nostalgia dengan olahraga-olahraga tradisional milik Indonesia. Karena pada masa-masa ini, olahraga jenis tradisional ini sudah jarang untuk dimainkan kembali.

Maka dari itulah mungkin anak-anak muda untuk sekarang ini sudah jarang mengetahui apa saja sih jenis-jenis olahraga tradisional milik Indonesia ini?

Olahraga tradisional sendiri memang berbeda dengan olahraga-olahraga dalam lingkup internasional, karena olahraga tradisional ini merupakan aktivitas fisik yang berfungsi untuk melatih tubuh secara jasmani dan juga rohani seseorang.

Olahraga tradisional ini juga merupakan olahraga yang benar-benar berasal dari tradisi atau budaya suatu daerha tertentu yang ada di Indonesia.

Jenis-Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia

olahraga tradisional pencak silat

1001indonesia.net

1. Olahraga Tradisional “Sepak Takraw”

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini. Ya benar, olahraga ini ternyata merupakan olahraga yang pertama-tama asli dari Indonesia. Ternyata olahraga ini itu berasal dari Sulawesi Selatan yang ditemukan oleh kesultanan Melayu di abad ke-15.

Meski dengan begitulah banyak negara yang tidak setuju atau mengklaim mengenai olahraga ini, seperti negara Malaysia, thailand, Laos dan Filiphina yang tidak menyetujui bahwa olahraga ini itu berasal dari negara Indonesia.

Untuk permainan olahraga ini yaitu dimainkan dengan cara menyepak bola dengan metode yang digunakan yaitu seperti permainan bola voli.

2. Olahraga Tradisional “Pencak Silat”

Pada abad ke-7 Masehi olahraga ini muncul di Indonesia. Maka dari itulah pendekar-pendekar dikenal jago untuk bela diri yaitu seperti pendekar-pendekar yang berasal dari kerajaan Majapahit dan Sriwijaya.

Terlihat juga pada artefak-artefak senjata pada masa kerajaan Hindu-Budha serta adanya Relief posisi kuda-kuda silat di Candi Prambanan dan Borobudor. Olahraga ini sampai saat ini eksis hingga dijadikan salah satu cabang olahraga pada ajang internasional.

3. Olahraga Tradisional “Egrang”

Olahraga egrang ini merupakan olahraga yang dalam permainannya menggunakan tongkat. Atau dapat dijelaskan bahwa olahraga egrang ini merupakan olahraga tradisional yang cara permainannya menggunakan tongkat agar seseorang itu bisa berdiri di atas ketinggian tertentu dari atas tanah.

Jadi seseorang harus berdiri dengan tongkat dan tidak boleh menyentuh tanah. Ternyata fungsi egrang pada waktu dulu yaitu untuk menghindari genangan air dari banjir, namun lambat laun ternyata egrang ini dijakan sebagai olahraga tradisional milik Indonesia.

4. Olahraga Tradisional “Tarik Tambang”

Jenis olahraga yang stu ini yaitu olahraga tarik tambang. Di mana olahraga ini sampai saat ini juga masih di mainkan pada saat-saat ada perlombaan 17 Agustus atau hari kelahiran Indonesia. Olahraga ini yaitu olahraga yang menggunakan tali yang panjang dan juga kuat.

Cara untuk memainkannya yaitu dengan dua tim orang yang masing-masing tim itu terdapat 5 (lima) anggota. Setiap tim lawan tersebut masing-masing saling memperebutkan tali atau saling tarik-menarik tali sehingga tujuan utamanya yaitu tali tersebut dapat dimiliki oleh satu tim saja. Maka dari itulah olahraga ini dinamakan olahraga tarik tambang.

5. Olahraga Tradisional “Balap Karung”

Nah, yang satu ini merupakan olahraga yang sangat lucu dan unik juga. Kenapa lucu ? karena dalam olahraga ini itu menggunakan media karung atau dalam bahasa jawanya “sak”.

Olahraga ini cara melakukannya yaitu seseorang masuk ke dalam karung tersebut dan berlari secara melompat-lompat dengan balapan sesama tim lawan untuk tujuan sampai menuju ke finish.

Atau dapat dikatakan sebagai lomba lari yang dikarungi. Maka dari itulah kenapa lomba ini itu dikatakan sebagai lomba yang sangat lucu dan unik.

6. Olahraga Tradisional “Karapan Sapi”

Karapan sapi? pasti anda baru kenal kan? iya benar, karapan sapi ini merupakan olahraga tradisional yang berasal dari Madura. Apa sih karapan sapi itu? karapan sapi yaitu lomba atau olahraga jenis tradisional yang medianya jelas-jelas menggunakan sapi.

Hewan sapi di sini akan dijadikan perlombaan dengan cara sapi yang sudah di ikat di di kereta yang tujuannya untuk menarik kereta tersebut yang sudah ditumpangi oleh pemiliknya untuk balapan hingga ke garis finish dengan tim lawan mainnya atau disebut sebagi lomba untuk beradu cepat dengan sapi lain. Biasanya dilombakan pada bulan-bulan Agustus hingga Oktober.

7. Olahraga Tradisional “Lompat Batu”

Lompat batu merupakan olahraga tradisional yang berasal dari Pulau Nias. Pada masa dahulu lompat batu ini digunakan oleh masyarakat Nias itu pada waktu perang-perang. Atau dapat dikatakn sebagai persiapan sebelum perang dimulai.

Di masyarakat Nias beranggapan bahwa, barangsiapa khususnya bagi pemuda-pemuda Nias ini yang sanggup dan atau bisa berhasil melakukan tradisi ini maka akan dianggap sebagai seseorang yang sudah dewasa dan juga matang secara fisik sehingga sudah dikatakan pemuda tersebut sudah bisa untuk menikah.

Dengan sebaliknya, jika belum bisa melakukan lompat batu tersebut maka masih belum bisa untuk menikah. Maka dari itulah, bagi mereka yang sudah bisa melakukan tradisi tersebut kebanyakan mereka langsung berhasil menyembelih beberapa ekor ternak untuk mengadakan pesta pernikahan.

8. Olahraga Tradisional “Pathol”

Olahraga ini merupakan olahraga jenis tradisional yang mirip juga dengan olahraga gulat. Olahraga ini berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Olahraga ini dulunya itu merupakan acara-acara sayembara untuk mencari kesatria terbaik yang bisa menjaga pelabuhan Tuban yang pada saat itu ramai oleh perompak dan penyamun.

Maka dari itulah Pathol ini merupakan olahraga gulat yang tujuannya untuk mencari kesatria yang terbaik yang bisa menjaga. Olahraga ini digelar di pesisir pantai yang dilakukan menjelang purnama atau pada hari-hari khusus seperti uapacara sedekah laut.

9. Olahraga Tradisional “Pacu Jalur”

Olahraga yang satu ini merupakan olahraga pacu jalur. Olahraga ini merupakan olahraga perahu dayung yang berasal dari Riau. Perahu ini tidak seperti perahu lainnya.

yaitu perahu ini memiliki panjang 25-40 meter dengan awak sebanyak 40-60 orang. Pada saat itu tradisi ini dilakukan untuk memperingati hari-hari besar seperti Maulid Nabi Muhammad, Tahun Baru Muharram dan lainnya.

Olahraga tradisional ini dilakukan di kampung-kampung sepanjang Sungai Kuantan, olahraga ini masuk ke dalam event tahunan nasional yaitu setiap tanggal 23-26 Agustus.

10. Olahraga Tradisional “Bakiak atau Terompah”

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini ? olaharaga tradisional ini memang sangat-sangat di gemari atau dilakukan pada saat-saat acara 17 Agustus. Olahraga ini membutuhkan keterampilan, kerja sama, kepemimpinan, kejujuran, wawasan dan lainnya.

Karena dalam olahraga ini memang harus bisa menyeimbangkan dan bekerja sama dengan baik, olaharaga ini menggunakan lata seperti sandal atau alas kaki yang panjang yang terbuat dari kayu yang pengikatnya menggunakan karet.

Dalam penggunaan olahraga ini yaitu langsung menjdi satu atau menggunakan sandal bersama atau dapat dikatakan sebagai terompah berderet dari papan yang diberi karet atau ban untuk pengikat. Olahraga ini dimainkan oleh 3 (tiga orang).

Olahraga tradisional ini saya harap kita hingga anak-cucu kita bisa menikmati dan melestarikan terus-menerus olahraga tradisonal ini. Kare kita harus benar-benar bangga mempunyai olahraga tradisional yang berbagai macam jenis yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply