14

15 Tips dan Strategi Bermain Catur Terbaru

STRATEGI BERMAIN CATUR – Permainan catur atau permainan yang dapat dikatakan sebagai permainan yang menggunakan pikiran. Catur bukan hanya sebagai permainan, melainkan sebagai olahraga juga. Karena jenis olahraga itu sangat banyak sekali, maka dari itu catur ini juga termasuk salah satu dari jenis-jenis olahraga.

Yaitu catur merupakan jenis dari olahraga yang tidak menggunakan tenaga otot melainkan menggunakan tenaga pikiran.

Olahraga catur ini juga sangat-sangat diminati atau digemari oleh semua orang, khususnya bapak-bapak atau lelaki. Karena olahraga catur ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan dan tidak membuat bosan para pemainnya.

Olahraga atau permainan catur ini biasanya juga dimainkan di pertandingan, di warung kopi, di rumah, bahkan di tempat-tempat umum maupun khusus, semua itu tergantung para pemiannya mau bermain catur di mana. Karena olahraga atau permainan catur ini merupakan permainan yang praktis yang bisa di bawa kemana-mana.

Catur merupakan permainan yang terbuat dari kayu kebanyakan seperti itu atau yang sekarang atas perkembangan zaman catur ini sudah terbuat dari plastik. Dalam permainan catur itu ada dua lawan tanding. Yang di dalam permainan ini ada benda-benda yang berbentuk seperti kuda, raja, ratu, prajurit, dan lain-lain.

Untuk tujuan sendiri yaitu seperti olahraga atau permainan lainnya yaitu untuk mematikan lawan. Maka dari itulah, dalam menjalankan tujuan ini diperlukan sebuah strategi-strategi yang baik yang bisa mencapai tujuan tersebut. Nah, bagaimana strategi dalam bermain catur ? langsung aja kita simak penjelasan dalam artikel ini:

Strategi dalam Olahraga Permainan Catur

strategi permainan catur

duniagame.net

Dalam artikel ini akan dipaparkan macam-macam strategi dalam permainan catur. Yaitu terdapat 15 (lima belas) strategi dalam olahraga permainan catur ini, langsung saja cermati di bawah ini:

1. Strategi dalam Melihat Waktu

Dalam kehidupan, waktu merupakan hal yang penting. Apalagi dalam menjalankan permainan ini. Hal yang pertama harus di perhatikan yaitu waktu yang dipakai. Biasanya waktu yang digunakan yaitu sekitar 90 (sembilan puluh) menit atau 1,5 (satu setengah) jam dalam langkah 30 (tiga puluh) langkah.

Artinya dalam menjalankan permainan ini diperlukan untuk menyiapkan 1 (satu) langkah yang maksimal waktunya yaitu 3 (tiga) menit, karena alokasi waktu yang diberikan yaitu 90/30 (sembilan puluh per tiga puluh) yang artinya ada 3 (tiga) menit setiap langkahnya.

2. Strategi dalam Melakukan Pemetaan

Dalam strategi ini yaitu memulai untuk pemetaan atau mapping, sebelum menuju ke langkah pion. Dimana hal ini yaitu untuk mengetahui wilayah mana saja yang hendak diserang oleh prajurit biasa. Untuk pion kuda sendiri yaitu bertugas untuk mengelabui lawan dan sebagai benteng raja. Sementara itu perdana menteru bisa menekan.

3. Strategi dalam Melakukan Langkah Elegan

Namanya juga sudah elegan, elegan dalam strategi ini yaitu melakukan pergerakan pion dengan strategi dua langkah. Maksudnya menggerakkkan satu pion dengan dua langkah. Dengan cara, menggunakan dua pion ada pada sisi kanan dan juga kiri yang masing-masing mengambil satu langkah.

4. Strategi dalam Melangkahkan Kuda Sebelum Gajah

Mungkin kalian semua kurang tau, bahwa strategi yang paling baik dalam menjalankan atau memulai permainan ini yaitu dengan melangkahkan kuda terlebih dahulu. Kenapa demikian?

Karena kuda memiliki langkah yang disebut dengan zigzag, dengan begitulah dengan langkah ini akan bisa mengalahkan lawan atau pertahanan lawan akan lebih gampang untuk dikacaukan. Maka dari itulah, pergerakkan atau langkahkanlah kuda terlebih dahulu kemudian gajah.

5. Strategi dalam Melangkahkan Gajah sebelum Benteng

Nah, setelah melangkahkan kuda di atas terlebih dahulu, sekarang berganti masanya yaitu melangkahkan gajah. Pergantian masa ini dilakukan setelah menjalankan kuda. Barulah melangkahkan gajah sebelum benteng bertindak. Karena gajah lebih diprioritaskan dari pada benteng.

6. Strategi dalam Melangkahkan Benteng sebelum Menteri

Untuk kali ini tahapan untuk melangkahkan yaitu benteng. Dimana tahapan ini juga tidak terlalu wajib dijalankan sebelum menteri. Tapi memang lebih baiknya melangkahkan benteng terlebih dahulu karena benteng ini akan menjadi penjaga terakhir raja.

7. Strategi dalam Pejabat Menjaga Pion

Strategi yang dibutuhkan supaya pihak lawan tidak mempunyai kesempatan untuk memakan pion yaitu dengan pejabat. Pejabat-pejabat yang bertugas menjaga pion ini yaitu benteng, gajah dan juga kuda.

Karena pejabat ini mempunyai fungsi untuk menyelamatkan dan sebagai jurus pamungkas ketika sudah masuk pada babak ahkhir permainan ini.

8. Strategi dalam Merelakan Tentara jika Terdesak

Ada saatnya kita harus merelakan untuk kebaikan bersama, dalam permainan catur ini yaitu rela untuk melepaskan salah satu tentara ketika sedang bermain catur. Karena dengan cara inilah yang lebih baik, justru nantinya bisa memperoleh tentara dari lawan main yang mungkin juga bisa memperoleh jabatan yang lebih tinggi.

9. Strategi dalam Mempersempit Pergerakan Lawan

Siap-siap fokus untuk menjaga jangan sampai gerakan lawan anda bisa mecoba untuk leluasa berada dalam wilayah anda. Maka dari itulah, selalu perhatikan setiap pergerakan lawan anda, ini nanti anda bisa untuk memotong arahnya dan merupakan kesempatan baik untuk anda nantinya.

10. Strategi dalam Memenjarkan Prajurit secara Terpola

Selalu atur pola-pola yang tepat ketika akan memenjarkan prajurit. Karena hal ini merupakan upaya untuk kekalahan dapat dicegah atau dapat dihindari.

11. Strategi dalam Menghindari Penumpukan Pemain Bidak

Hati-hati dalam hal untuk menjalankan pemain. Yang terpentig dalam pemain bidak, karena biasanya yaitu sering kali terdapat penumpukan pemain bidak. Intinya juga jangan sampai terdapat penumpukan sehingga tak ada jarak sama sekali saking berdekatannya. Karena saat hal itu terjadi akan menghambat langkah anda.

12. Strategi dalam tidak Mengisolasi Prajurit

Mencoba untuk tidak mengisolasi prajurit dalam permainan catur. Kerajaan catur sangat berharga sehingga harus dibela sampai titik usaha penghabisan karena setiap nyawanya itu sangatlah penting. Jadi mencoba untuk tidak mengisolasi prajurit dalam permainan tersebut.

13. Strategi dalam Menggunakan Tipuan

Strategi kali ini merupakan strategi yang benar-benar dapat menipu lawan. Atau nama lain dari strategi ini yaitu mengeco lawan. Tujuan akhirnya juga sama yaitu untuk memenangkan pertandingan catur ini.

14. Strategi dalam Menunda Sekak Hingga Waktunya Tepat

Dalam permainan ini, sekak itu bukanlah hal yang bisa dilakukan sewaktu-waktu. Tidak serta merta harus melakukan sekak, karena dalam permainan catur ini mempunyai strateginya masing-masing. Maka dari itulah tunggu momen-momen yang pas untuk melakukan sekak kepada raja lawan main anda.

15. Strategi dalam Ketenangan, Kerileksan, dan Fokus

Rileks, fokus dan tenang merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Karena dengan begitulah tujuan akhir akan baik yang bisa memenangkan dalam pertandingan ini. Strategi inilah harus benar-benar anda perdalam dan lakukan dengan baik, supaya lawan anda bisa dapat anda kalahkan.

Nah, setelah memahami bacaan artikel di atas, jangan lupa juga langsung dipraktikkan dalam bermain olahraga caturnya, semoga menyenangkan dan bermanfaat. Sekian terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply