Apa Itu Esports? Panduan Pemula untuk Permainan Kompetitif

apa itu esports

Apa itu esports? Dengan semakin banyak media arus utama yang meliput dunia game hari ini, Anda pasti akan mendengar setidaknya mendengar ungkapan itu. Tapi, jika Anda bertanya-tanya apa itu esports.

Pada dasarnya, esports adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan permainan kompetitif di tingkat profesional, dengan para pemain esports teratas sering menjadi yang terbaik di dunia dalam permainan mereka masing-masing.

Permainan kompetitif bukanlah konsep baru dengan cara apa pun, tetapi gagasan memiliki pemain game profesional yang mencari nafkah melalui bersaing dengan olahraga tradisional tentu saja, setidaknya di dunia barat.

Jika Anda seorang pemula yang ingin datang ke dunia esports, kami di sini untuk membantu dan menjawab pertanyaan:

Apa itu esports?

apa itu esport

sportsnaut.com

Sederhananya, esports adalah game tingkat kompetitif. Ini adalah tim yang terdiri dari orang-orang yang bermain game melawan satu sama lain di tingkat profesional, secara teratur memenangkan sejumlah besar uang sebagai hadiah.

Para pemain olahraga ini dikontrak untuk bermain untuk berbagai organisasi yang berbeda, seperti halnya pemain bola atau bola basket.

Tim-tim ini berlatih dan bertanding pada pertandingan masing-masing seperti halnya seorang pemain bola atau olahragawan lainnya juga.

Bergantung pada permainan yang mereka mainkan, mulai dari Game FPS seperti Counter-Strike: Ofensif Global dan Call of Duty ke banyak genre lain seperti hal nya game battle royale. Akan ada sejumlah turnamen dan acara setiap tahun dengan ratusan dari ribuan dolar dalam hadiah untuk diperebutkan, kadang-kadang bahkan memasuki jutaan.

Setiap organisasi esports yang bersaing sering kali memiliki sejumlah tim di jajaran mereka di beberapa pertandingan.

Salah satu contohnya adalah Fnatic; didirikan pada tahun 2004, pada saat penulisan ini mereka memiliki tim di 10 pertandingan yang berbeda termasuk esport Fortnite, esport League of Legends, dan esports PUBG Mobile. Contoh lain dari organisasi teratas termasuk G2 esports, Team SoloMid, Team Liquid, dan banyak lagi.

Bagaimana menjadi pemain esport?

pemain esports

gizmologi.id

Game multipemain apa pun bisa menjadi esport, meskipun hampir semua game terbesar saat ini seperti Dota 2 esports dan Overwatch esports hanya ditetapkan, pertama dan terutama, untuk menghibur untuk dimainkan.

Adegan kompetitif berkembang dari waktu ke waktu, berkat pengembang game dan dukungan komunitas.

Ada dua elemen yang memainkan peran penting dalam membantu permainan untuk berhasil sebagai esport; kesenangan dan keseimbangan.

Yang pertama adalah sederhana karena jika permainan tidak menyenangkan untuk dimainkan, maka itu tidak akan menyenangkan untuk ditonton dan pemain akan kehilangan minat dengan cepat.

Di sisi lain, keseimbangan adalah kunci karena selain itu permainan menjadi tidak menarik. Misalnya, jika satu senjata benar-benar lebih baik daripada yang lainnya di Counter-Strike, tidak ada yang akan menggunakan yang lain dan setiap pertandingan akan sangat berulang.

  5+ Teknik Lempar Lembing Yang Fenomenal

Salah satu contoh pengalaman yang hampir sempurna berkaitan dengan keseimbangan adalah esports Rocket League.

Semua orang berada di lapangan bermain yang identik selain dari mobil, yang memiliki efek diabaikan pada gameplay – itu menghasilkan langit-langit keterampilan tinggi dan konsep ini dapat diakses oleh pendatang baru, karena itu hanya sepakbola dengan mobil terbang.

Bagaimana cara memulai berkompetisi dalam esports

kompetisi esport

connectionsbyfinsa.com

Sebagian besar game akan memiliki mode peringkat dan daftar putar yang dapat Anda lompati melalui game itu sendiri. Anda akan dibuat cocok dengan orang lain secara online dan sering – tetapi tidak selalu – mode ini akan memiliki aturan yang sedikit berbeda dari permainan standar, dengan beberapa batasan atau perbedaan waktu.

Namun, sebagian besar, itu akan menjadi game yang Anda kenal.

Jika Anda telah mencapai tahap di mana Anda sering menang dalam permainan peringkat, ada peluang bagus Anda siap untuk melangkah.

Di sinilah setiap permainan berbeda-beda, karena game yang memiliki dukungan esports pihak pertama dari pengembang sendiri akan memiliki metode yang mudah untuk bersaing, seperti sistem turnamen dalam game Fortnite.

Judul lain seperti Call of Duty dan Rocket League akan bergantung pada platform pihak ketiga seperti Gamebattles, ESL, atau FACEIT untuk menyediakan layanan esports.

Ketiganya bekerja dengan cara yang sama, dengan menyediakan liga dan turnamen untuk bersaing dengan pemain.

Ada beberapa nuansa dalam bagaimana masing-masing beroperasi, tetapi intinya adalah Anda dapat menghubungkan ID online Anda, apakah itu PSN, Xbox Live, atau satu. dari banyak layanan PC. Dari sana, Anda dapat mendaftar untuk liga dan mencari pertandingan kompetitif.

Jangan khawatir merasa seperti itu adalah komitmen besar; liga bebas masuk biasanya akan bekerja berdasarkan “permainan saat Anda inginkan”, daripada menjadwalkan pertandingan.

Sering ada hadiah uang tunai yang ditawarkan dan jika tujuan akhir Anda adalah untuk bersaing di acara LAN secara langsung, Anda harus membuktikan diri dalam pertandingan online ini terlebih dahulu.

Dari sana, begitu Anda membuktikan diri sebagai pemain solo atau memiliki tim bersama, Anda akan dapat bermain di kualifikasi terbuka – yang akan menjadwalkan waktu pertandingan dan lebih terorganisir – untuk melihat apakah Anda dapat menjadikannya sebagai pro full-blown.

Biasanya, ini juga akan online, tetapi sekali lagi, setiap permainan berbeda dan kadang-kadang akan ada acara lokal seperti Call of Duty City Circuit yang memungkinkan siapa pun untuk mewakili berbagai tim waralaba.

Namun, ini tidak dapat ditekankan dengan spesifik bahwa setiap permainan akan berbeda, jadi pastikan Anda melakukan riset.

Jika Anda cukup terampil dan berkinerja ketika itu penting, ada kemungkinan Anda akan masuk ke organisasi, di mana titik langit adalah batasnya!

Add Comment