5 Macam-Macam Cabang Olahraga Senam

CABANG OLAHRAGA SENAM – Senam merupakan olahraga yang bisa dikatakan sebagai olahraga yang juga bisa dipadupandakan dengan tarian. Senam ini merupakan salah satu cabang olahraga yang digunakan untuk meningkatkan kebugaran.

Dengan membutuhkan kecepatan, kekuatan dan juga keserasian dalam setiap gerakannya. Senam ini juga dapat dikatakan olahraga yang santai dan sangat menikmati. Olahraga senam ini dilakukan secara bersama-sama atau dalam satu regu.

Dengan perkembangan masa dari masa senam ini mulai mengalami perkembangan yang mulai banyak dikombinasikan, untuk mengetahui apa saja sih macam-macam cabang olahraga senam itu sendiri, lihat penjelasan di bawah ini:

  1. Senam Aerobic.
  2. Senam Artistic.
  3. Senam Irama.
  4. Senam Trampolin.
  5. Senam Akrobatik.
olahraga trampolin
ytimg.com

Untuk penjelasannya langsung saja kita kupas sedikit demi sedikit mengenai macam-macam cabang olahraga senam ini:

1. Cabang Olahraga Senam Jenis “Aerobic”

Senam aerobic merupakan jenis cabang olahraga senam yang memadukan senam dengan gerakan-gerakan yang aktif, kreatif, energik.

Senam aerobik ini dipadupadankan dengan tambahan musik yang berirama cepat dengan gerakan dasarnya yaitu dengan menggunakan kaki. Kaki yang melompat dan juga berjalan yang disesuaikan dengan senam aerobik ini.

Setiap senam atau olahraga pastinya mempunyai manfaat yang baik, untuk senam aerobik ini mempunyai manfaat sebagai:

  • Pertama, dapat melatih kerja otot-otot yang ada pada tubuh, sehingga otot-otot tersebu akan menjadi lebih kuat.
  • Kedua, melatih jantung, paru-paru dan juga peredaran darah yang dapat bekerja dengan efisien atau baik sebagai fungsinya.
  • Ketiga, meningkatkan kelenturan tubuh. tubuh akan terasa lentur atau tidak kaku dalam melakukan gerakan-gerakan senam ini.

Cara melakukan senam aerobic ini yaitu:

  • Jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang nyaman untuk melakukan senam aerobic ini.
  • Selalu ikuti arahan dari instruktur senam dengan baik dan benar.
  • Mulailah dengan menggerakkan kaki dan tangan terlebih dahulu jika memang instruksi tersebut tidak bisa anda ikuti.
  • Lakukan gerakan-gerakan yang selalu sesuai dengan arahan dari instruktur supaya hasil yang diperoleh nanti baik dan juga tidak membuang waktu.

2. Cabang Olahraga Senam Jenis “Artistic”

Untuk jenis senam yang kedua ini yaitu senam jenis artistic. Cabang olahraga senam artistic ini merupakan cabang olahraga yang sangat populer dalam ajang-ajang perlombaan sekelas olimpiade. Setiap senam pasti mempunyai tujuan dan juga fungsi, untuk senam artistik ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

untuk cabang olahraga ini yaitu merupakan cabang olahraga perpaduan antara jenis senam aerobic dan juga tumbling. Dari kombinasi natara kedua senam tersebutlah hasilnya akan menjadi senam yang indah yang disebut senam artistik.

Senam ini menggunakan mediasi yaitu dengan menggunakan alat-alat, alat-alatnya yaitu lantai, kuda-kuda pelana, kuda-kuda lompat, gelang-gelang, palang tunggal, palang bertingkat dan juga balok keseimbangan yang semua itu berukuran yang sudah ditentukan atau ditetapkan. Jenis senam ini juga dapat dilakukan secara personal maupun ber-kelompok.

3. Cabang Olahraga Senam Jenis “Irama”

Namanya juga irama, sudah kita tebak bersama bahwa senam ini yaitu pastinya menggunakan musik. Ya benar, ternyata cabang olahraga yang satu ini yang bernama senam jenis irama ini yaitu cabang olahraga senam yang dilakukan dengan menggunakan gerakan bebas yang di iringi oleh alunan musik.

Alunan musik yang menghasilkan irama inilah yang menjadikan cabang olahraga senam ini dinamakan dengan senam irama. Jadi tidak hanya mengandalkan senam yang stagnan tapi juga ada selingan musik atau irama yang membuat senam ini semakin bersemangat.

Olaharga jenis senam irama ini juga bisa loh dengan menggunakan tambahan media atau alat. Jika menggunakan alat, maka yang biasanya digunakan dalam olahraga ini yaitu holahop, tongkat, tali, bola dan juga gada, jika tidak menggunakan alat juga tidak masalah.

Karena senam jenis irama ini masih akan semangat sebab suadh ada selingan tambahan musik yang membuat gairah tersendiri.

Manfaat melakukan senam jenis irama ini yaitu:

  • Pertama, disetiap kita melkaukan aktifitas atau gerakan apapun itu pastinya akan mengeluarkan keringat. Seperti juga melakukan senam ini, pastinya nanti kita akan mengeluarkan keringat. Sehingga yang keluar itu juga termasuk lemak-lemak kita akan terbakar yang juga akan menjadi tenaga.
  • Kedua, senam ini juga sangat baik bagi anda yang ingin diet atau menurunkan berat badan. Dari melakukan senam ini nantinya anda akan mendapatkan hasil tubuh yang lebih proporsional dan juga langsing.
  • Ketiga, senam ini akan membakar lemak-lemak anda yang sudah tersimpan di dalam tubuh anda. Seperti lemak yang ada dalam paha, lengan dan juga betis yang terlihat kendor. Dengan senam ini, semua yang kendor akan menjadi singset atau padat atau kencang dan tidak bergelamir lagi.
  • Ke-empat, untuk meningkatkan dalam pernafasan atau juga jantung. Pernafasan dan jantung anda akan semakin terlatih dengan baik dengan senam ini yang dilakukan secara rutin.

4. Cabang Olahraga Senam Jenis “Trampolin”

Nah, berbicara mengenai trampolin ? trampolin ini merupakan hal yang terkadang juga ditakutkan oleh kebanyakan orang. Karena trampolin sendiri itu merupakan permainan yang memantul-mantulkan. Yaitu cara penggunaan trampolin ini yaitu kita akan diikat pada tali pemantul dan akan lomcat-loncat dengan pantulan yang sangat tinggi.

Karean trampolin ini semua medianya mengguanakan bahan dari karet pantul. Biasanya pantulan tersebut bisa sampai setinggi 10 meter. Senam jenis trampolin ini juga sudah menjadi ajang olimpiade yang sudah dipertandingkan pada tahun 2000-an.

Manfaat dari senam ini yaitu:

  • Pertama, tentunya olahraga ini sudah tergambar jelas yaitu sangat efektif dalam membakar lemak yang sudah diteliti oleh penelitian NASA.
  • Kedua, sepuluh menit saja anda melakukan senam ini maka ini sudah dikatakan sebagai olahraga yang benar-benar efektif dan mendapatkan mafaat yang luar bisa, ketimbang dnegan olahraga lari dengan membutuhkan waktu 30 menitan.
  • Ketiga, dengan cara melambung-lambung ini akan akan membuat tubuh anda untuk lebih terhindar dari cidera, otot-otot tulang dan juga sendi akan terasa lebih kuat.
  • Ke-empat, peredaran darah anda akan menjadi baik yang menyebabkan kekebalan tubuh anda menjadi lebih baik yang bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh juga.
  • Kelima, tingkat stress yang ada akan menurun.
  • Ke-enam, yaitu dapat mengurangi sel kanker, rasa nyeri sakit kepala dan juga dapat meminimalisir terjadinya menstruasi yang tidak teratur.

5. Cabang Olahraga Senam Jenis “Akrobatik”

Merupakan salah satu jenis olahraga yang sedikit ekstrim karena dalam olahraga ini juga melakukan putaran, salto-salto dan juga gerakan-gerakan yang begitu ekstrim. Dengan demikian, lakukanlah dengan latihan yang khsusus dan benar yang dapat dilakukan dengan orang-orang yang profesional.

Manfaat senam ini yaitu:

  • Pertama, tubuh akan terasa sangat lentur, yang membuat sistem motorik lebih kuat.
  • Kedua, dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan juga dapat melatih mental yang baik. Maka dari itulah lakukanlah dengan baik dan benar. sekian semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: