berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Teknik dan Cara Bermain Bola Voli yang Baik dan Benar

3 min read

cara bermain bola voli

Bola voli memang cukup populer di berbagai kalangan. Olahraga ini dianggap bisa dimainkan siapa saja dan dimana saja dengan dukungan perlengkapan yang tidak terlalu mahal. Namun, bila kamu ingin bermain voli sebaiknya perhatikan beberapa teknik dasar.

Apalagi olahraga seperti ini juga akan membutuhkan teknik yang baik dan benar agar permainan bisa dijalankan dengan sangat ideal. Beberapa teknik yang dibutuhkan dari cara bermain bola voli memang akan memperhitungkan kemampuan dari setiap pemain.

Selain itu, metode yang diterapkan dari bermain voli seperti ini juga bergantung dari taktik yang akan digunakna untuk memenangkan pertandingan.

Teknik Dasar dari Cara Bermain Voli yang Harus Diketahui

Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dari cara bermain bola voli. Masing-masing dari teknik ini memang akan memberikan pengaruh sangat besar pada penguasaan pertandingan. Selain itu, teknik ini juga harus dikuasai oleh setiap pemain agar tercipta sebuah permainan yang sangat baik.

Beberapa teknik ini biasanya akan melibatkan service, passing, blocking dan smashing. Berikut ini beberapa teknik dasar dari bermain voli yang harus dikuasai oleh seluruh pemain seperti:

1. Teknik Dasar dengan Service

service bola voli
berolahraga.net

Ini adalah salah satu teknik yang memang harus dikuasai oleh setiap pemain olahraga voli. Bahkan, beberapa orang menganggap bahwa teknik service memang sering diberikan bagi para pemula.

Service merupakan satu pukulan yang dilakukan oleh salah seorang pemain agar bola melewati jaring dan masuk ke wilayah tim lawan. Pukulan service juga menandakan bahwa permainan pada bagian itu sudah dimulai. Saat ini ada beberapa teknik Service dari cara bermain bola voli yang bisa diterapkan, seperti:

a. Teknik service bawah

Teknik ini akan dilakukan dengan mengayunkan salah satu tangan dari bawah ke atas untuk memukul bola. Biasanya bola akan dilepaskan terlebih dahulu kemudian tangan lainnya memulai gerakan dengan lebih cepat.

b. Teknik service samping

Teknik ini biasanya diterapkan dengan memukul bola dari arah samping. Salah satu tangan yang digunakan untuk memukul biasanya mengayunkan tangan dari samping sambil mengepalkan seluruh jari.

c. Teknik service atas

Teknik ini juga merupakan salah satu pilihan yang bisa diterapkan. Biasanya teknik ini dimulai dengan mengangkat bola menggunakan salah satu tangan. Lalu tangan lainnya berusaha untuk memukul hingga bola melewati jaring lawan.

d. Teknik jump service

Teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan posisi pukulan yang ideal. Teknik seperti ini dilakukan dengan mengangkat bola keatas lalu posisi tubuh melompat sambil memukul bagian bola dengan mengayunkan tangan dari atas ke bawah.

2. Teknik Dasar dengan Passing

passing bola voli
berolahraga.net

Ada lagi teknik lain yang harus dikuasai dalam permainan bola voli. Teknik ini disebut dengan passing atau mengoper bola ke rekan setim sebagai bagian dari strategi permainan. Passing sangat dibutuhkan dengan tingkat akurasi yang sangat baik.

Hal ini dilakukan agar pengolahan bola juga bisa menjadi strategi untuk mendapatkan poin. Berikut ini teknik dasar dengan passing dalam olahraga voli, yaitu:

a. Passing bawah

Teknik ini dimulai dengan mengambil sikap membuka kedua kaki menjadi tumpuan. Lalu kedua bagian tangan dirapatkan sehingga bagian dari ibu jari sejajar. Selanjutnya bola yang masuk ke area dipukul dengan mengayunkan kedua tangan keatas. Biasanya lengan itu tidak akan diayunkan terlalu tinggi.

b. Passing atas

Ini ada salah satu teknik yang memang sangat dibutuhkan dalam strategi permainan voli. Passing seperti ini bisa berfungsi untuk mengoper atau sekaligus memberikan kepada rekan tim sehingga diolah menjadi pukulan smash.

  Peraturan Permainan Softball Lengkap

Untuk melakukan teknik ini dimulai dengan mengambil sikap membungkukkan badan sambil bagian jari di kedua tangan dibuka. Pada saat bola masuk kearea seluruh jari selanjutnya memantulkan bola ke bagian atas. Biasanya posisi dari pemain masih tetap membungkuk.

3. Teknik Dasar dengan Blocking

blocking bola voli
ytimg.com

Kamu juga membutuhkan penguasaan untuk teknik dasar dengan metode blocking. Teknik ini dilakukan untuk menghalangi gerakan lawan saat melakukan pukulan smash ke area. Pencegahan seperti ini bisa dilakukan satu pemain atau lebih.

Idealnya teknik ini dilakukan dengan 3 pemain sekaligus sehingga membentuk pertahanan yang sangat baik. Berikut ini teknik dasar yang yang harus kamu kuasai dalam metode blocking seperti:

a. Melompat sambil mengangkat kedua tangan

Teknik ini dimulai dengan mengambil sikap kedua kaki yang dirapatkan dan diluruskan. Selanjutnya tumpuan akan berada di bagian lutut sambil melompat setinggi-tingginya. Pada saat melomat kedua tangan juga diangkat ke atas dengan garis lurus.

Fungsi dari tangan yang diangkat itu untuk menghalau bola masuk ke dalam area. Sebaiknya pilih posisi yang ideal untuk mendapatkan pertahanan yang sangat maksimal.

4. Teknik Dasar dengan Smashing

smash bola voli
berolahraga.net

Ini adalah teknik yang sangat krusial dalam cara bermain bola voli. Metode smash juga akan memberikan kemudahan bagi tim untuk mendapatkan poin hingga memenangkan pertandingan. Biasanya metode smash ini dilakukan oleh pemain khusus yang memiliki kemampuan melompat hingga memukul bola yang baik.

Namun, teknik smash bola voli ini juga akan memperhitungkan peluang yang didapat sehingga membuat tim lawan terkecoh. Berikut ini beberapa teknik dasar yang bisa diterapkan melalui smashing seperti:

a. Awalan

Ini adalah teknik yang harus dilakukan dengan mengambil sikap rikeks. Biasanya langkah awalan ini dilakukan dengan jarak sekitar 2 meter dari jaring. Sikap rileks dianggap akan memberikan pengaruh pada keseimbangan dan lompatan yang kamu butuhkan.

b. Tolakan

Pada bagian teknik ini biasanya memperhitungkan beberapa langkah yang akan menentukan posisi dan pergerakan dari smashing. Hal ini dimulai dengan mengangkat tumit sehingga membuat hentakan yang cukup ideal.

Selanjutnya kedua tengan mengambil sikat ayunan yang membuat gerakan untuk melompat. Pada bagian ini kamu harus melakukan lompatan dengan posisi vertikal setinggi-tingginya. Tentu saja gerakan ini akan membutuhkan perhitungan dalam peluang yang didapat.

c. Memukul bola

Teknik memukul bola juga sangat dibutuhkan dalam mendapatkan posisi yang ideal. Apalagi perhitungan jarak dan tekanan yang ideal dalam memukul bola juga harus sangat sempurna. Hal ini untuk mendapatkan pukulan yang sesuai dengan titik tujuan.

Teknik ini dimulai dengan memperhatikan jarak bola yang akan menjadi tumpuan tekanan. Selanjutnya kamu harus menggerakan tangan dengan cepat dan memiliki kekuatan maksimal.

Ayunan tangan akan mempengaruhi kualitas dan tekanan dari bola itu. Hal ini juga akan memberikan top spin yang dibutuhkan sehingga tidak bisa dihalau oleh tim lawan.

d. Sikap dalam mendarat

Tentu saja kamu juga akan membutuhkan teknik mendarat yang sempurna setelah melakukan pukulan smash. Teknik ini dimulai dengan mengembalikan seluruh pergerakan tubuh seperti semula.

Pada saat akan mendarat kondisi tubuh juga harus dalam keadaan rileks. Jangan lupa untuk menggunakan kedua kaki saat mendarat dengan metode lentur yang seimbang. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera pada bagian kaki.

Jadi seperti itu pembahasan kita mengenai cara bermain bola voli, semoga bermanfaat dan jangan lupa berolahraga.

berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *