2
65

Cara Melatih Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Bugar

CARA MELATIH DAYA TAHAN TUBUH – Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap fit dan sehat. Oleh karena itu, banyak sekali cabang olahraga yang dapat Anda lakukan untuk menjaga badan Anda agar tetap sehat dan bugar.

Namun ternyata tidak hanya untuk membuat badan sehat dan bugar saja, akan tetapi olahraga dapat juga dijadikan untuk melatih daya tahan tubuh. Terdapat beberapa latihan atau olahraga yang mampu menahan daya tahan tubuh.

Cara melatih daya tahan ini dilakukan agar tubuh tetap terjaga kebugarannya dan tidak mudah sakit ataupun terserang virus-virus penyakit tertentu.

Tips Cara Melatih Daya Tahan Tubuh

manfaat olahraga untuk tubuh

runningmagazine.ca

Daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan supaya Anda dapat tetap menjalankan aktivitas tanpa terganggu dengan sakit yang Anda derita. Adapun beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah sebagai berikut.

Speed Play

Speed play merupakan sebuah sistem latihan yang bertujuan untuk membangun dan memelihara kondisi fisik serta meningkatkan daya tahan. Latihan ini sebaiknya dilakukan di area terbuka, seperti bukit.

Cara untuk melakukan speed play adalah dengan berlari-lari kecil atau jogging dan kemudian divariasikan dengan lari cepat atau sprint dengan jarak yang pendek, namun dengan kecepatan yang tinggi.

Squat

Squat merupakan salah satu latihan untuk melatih daya tahan tubuh dengan tujuan meningkatkan kekuatan otot terutama pada otot paha dan Biceps Femoris Nomiten Dinoaus.

Cara melakukan gerakan squat adalah dengan meletakkan beban di atas pundak pada bagian belakang kemudian memposisikan diri untuk jongkok, namun pantat tidak boleh menyentuh bagian tumit. Setelah itu angkat beban perlahan hingga mencapai posisi berdiri, kemudian kembali ke posisi jongkok, begitu seterusnya.

Rowing

Latihan selanjutnya adalah rowing yang bertujuan untuk meningkatkan otot lengan, otot bahu, otot punggung, serta biceps dan triceps. Cara melakukan rowing adalah dengan membungkukkan badan hingga punggung sejajar dengan lantai atau matras.

Kemudian kedua tangan menghadap ke beban lurus ke bawah, lalu beban tersebut diangkat ke dada dan kepada dapat diletakkan ke atas meja.

Triceps Strech

Seperti namanya, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot triceps. Latihan ini dilakukan dengan cara memegang beban di tangan dengan posisi menghadap ke bawah, kemudian beban tersebut diangkat serta dipegang hingga ke belakang kepala.

Selanjutnya kedua siku dibengkokan ke belakang telinga dan beban diangkat ke atas sampai lengan Anda lurus ke atas.

Wirst Rol

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot jari, lengan bawah dan lengan atas serta pergelangan tangan. Cara melakukan latihan wirst rol adalah badan dalam posisi duduk tegap, kemudian lengan bawah diletakkan di atas paha dengan telapak Anda menghadap ke atas.

Selanjutnya gelindingkan beban yang Anda pegang melalui ujung jari ke telapak tangan Anda dengan cara membengkokkan lengan ke bagian atas. Ulangi gerakan tadi secara berkala sesuai dengan kekuatan tangan Anda.

Itulah tadi kelima jenis latihan untuk melatih daya tahan tubuh Anda. Beberapa diantaranya dapat dilakukan di rumah.

Jika Anda tidak mempunyai beban, maka Anda dapat menggantinya dengan barang tertentu yang mempunyai berat tertentu ataupun membuat beban sendiri dengan menggunakan adonan semen dan botol yang telah dibekukan. Anda harus melakukan latihan tersebut dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Biasanya dalam beberapa bulan, Anda dapat merasakan perubahan pada otot-otot Anda, terutama pada bagian otot yang aktif digunakan pada saat latihan.

Cara Melatih Daya Tahan Tubuh

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply