7 Formasi Dalam Permainan Sepak Bola yang Paling Sering Digunakan!

Formasi dalam Permainan Sepak Bola – Siapa yang tidak tahu sepak bola? Hampir seluruh orang di dunia ini pasti sudah mendengar ataupun menonton olahraga yang satu ini. Di Indonesia sendiri, sepak bola menjadi salah satu olahraga terfavorit yang tidak bisa dilewatkan.

Konsep dasar dari permainan ini pun sedikit mudah dipahami. Jenis olahraga ini memiliki dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain inti. Kedua tim harus mencetak hol ke gawang tim lawan untuk mendapatkan skor. Selain memahami konsep dasar ini, Anda juga bisa mempelajari formasi dalam permainan sepak bola.

Posisi Pemain dalam Permainan Sepak Bola


posisi dalam sepakbola
papreplive.com

Sebelum jauh memahami formasi dalam permainan sepak bola, ada baiknya untuk mengenal posisi pemain dalam permainan ini. Dari kesebelas pemain inti akan dibagi menjadi beberapa posisi. Yang pertama adalah kiper. Tugas dari kiper adalah sebagai penjaga gawang yang menjadi pemain tunggal pada barisan pertama.

Kedua, adapula bek yang menjaga bagian belakang dan memiliki tugas sebagai benteng pertahanan. Ketiga adalah gelandang yang merupakan pemain tengah bertugas sebagai penghubung antara bek dan penyerang.

Lalu yang keempat adalah penyerang yang terkenal sebagai pemain dengan posisi terdepan. Penyerang ini memiliki tugas inti, yakni mencetak gol ke gawang lawan.


Jenis-Jenis Formasi dalam Permainan Sepak Bola


jenis jenis formasi
trbimg.com

Setelah mengetahui formasi dasar atau konsep dasar dari posisi pemain dalam permainan sepak bola, Anda juga harus mengetahui berbagai jenis formasi dalam permainan olaharaga ini. Setidaknya ada 13 jenis formasi dalam sepak bola yang biasa digunakan di lapangan.

Untuk tugas pemain dalam permainan masih sama, namun untuk posisi berbeda-beda berdasarkan formasi yang diberikan. Berikut adalah beberapa formasi permainan sepak bola dan penjelasannya.


Formasi Sepak Bola 4-4-2


formasi 4-4-2
soccerdrillsapp.com

Untuk formasi sepak bola yang pertama adalah formasi 4-4-2. Ternyata nama formasi ini bukanlah hanya sekedar angka. Mengapa disebut formasi 4-4-2? Karena dalam formasi ini terdapat 4 orang bek, 4 orang gelandang, dan 2 orang penyerang.

Dalam formasi ini sangat menekankan kesemibangan pemain untuk pertahanan dan penyerangan. Untuk posisi penyerangan sendiri, dengan formasi ini lebih difokuskan penyeragan dari bagian sayap atau samping. Hal ini bertujuan agar adanya umpan lambung sehingga gol dapat dicapai dengan lebih mudah.

Untuk formasi dalam permainan sepak bola memang menjadi sebuah formasi yang lumayan banyak digunakan oleh beberapa klub besar. Sebagai contohnya klub sepak bola Spanyol dan timnas Indonesia sendiri pun pernah menggunakan formasi 4-4-2 ini.


Formasi 4-4-1-1


formasi 4-4-1-1
depositphotos.com

Untuk jenis formasi dalam permainan sepak bola yang kedua adalah formasi 4-4-1-1. Formasi ini terdiri dari 4 bek, 4 gelandang, dan 2 penyerang. Tidak jauh berbeda dengan formasi 4-4-2, formasi ini juga lebih menekankan pada pertahanan dan penyerangan.

Yang membedakan dari keduanya adalh pada formasi ini pemain penyerang akan dibagi menjadi dua, yakni 1 penyerang dan 1 second striker. Yang dimaksud dengan second striker adalah pemain yang diposisikan untuk melihat kondisi yang tak terduga.

Biasanya second striker atau penyerang lubang ini memiliki kreatifitas yang cukup tinggi karena memungkinkan untuk turun langsung sebagai pemain tengah dalam menerima bola dari gelandang dan diterskan kepada penyerang atau bahkan dapat digiring oleh dirinya sendiri.


Formasi 4-3-3


formasi 4-3-3
soccerdrillsapp.com

Adapun formasi sepak bola 4-3-3. Formasi ini terdiri dari 4 bek, 3 pemain tengah, dan 3 penyerang. Dari formasi ini menekankan untuk mendapatkan penguasaan yang lebih baik di daerah lawan.

Belakangan ini, formasi 4-3-3 ini menjadi salah satu formasi yang paling populer dan paling sering digunakan dalam berbagai jenis permaianan sepak bola, termasuk digunakan oleh klub-klub besar sepak bola di dunia.

Formasi ini lebih menekankan kepada pemain yang memiliki kemampuan operan yang luar biasa sehingga pola permainan akan berjalan dengan optimal. Formasi permainan ini sangat memprioritaskan aliran-aliran bola yang hebat untuk menciptakan sebuah peluang gol yang sangat tinggi.


Formasi 4-2-4


formasi 4-2-4
coachestrainingroom.com

Adapun berbagai jenis formasi dalam permainan sepak bola lainnya. Formasi 4-2-4 juga bisa menjadi sebuah pilihan. Formasi ini terdiri dari 4 orang bel, dengan 2 orang gelandang, beserta 4 orang penyerang. Konsep dari formasi ini lebih menekankan pada penyerangan dengan peletakan 4 penyerang.

Dengan konsep ini tentunya peluang mencetak gol pada gawang lawan akan semakin besar pula. Awalnya, formasi ini berasal dari Inggris dan terus menyebar luas hingga seluruh penjuru dunia.

Hebatnya lagi, formasi 4-2-4 ini telah mendapatkan penghormatan dari Negara Brazil karena telah sukses membawa timnas Brazil menjadi dunia dunia pada tahun 1958.


Formasi 4-3-2-1


formasi 4-3-2-1
prepforthepitch.files.wordpress.com

Untuk penyerangan yang kuat, adapula formasi 4-3-2-1. Dalam formasi ini, terdapat 4 pemain bek, 3 gelandang tengah, 2 gelandang sayap peneyrang, dan 1 penyerang. Sayangnya, formasi ini masih sangat jarang ditemukan padahal formasi ini cukup solid sehingga kemungkinan untuk ditembus oleh tim lawan sangat kecil.

Dengan adanya 4 orang bel dan 3 gelandang tengah aka lebih menutup kemungkinan masuknya tim lawan pada daerah sendiri. Mengapa formasi ini lebih menekankan penyerangan yang kuat?

Karena dalam formais ini terdapat 2 pemain saying yang memiliki tugas untuk mengiring penyerang untuk mencetak gol pada gawang lawan.

Formasi dalam permainan sepak bola bisa menjadi salah satu pertimbangan terbaik untuk pertahanan yang kuat dan penyerangan yang lebih kuat lagi walaupun masih jarang yang menggunakan permainan dengnan formasi seperti ini.


Formasi 4-3-1-2


formasi bola 4-3-1-2
ytimg.com

Hampir sama dengan formasi dalam permainan sepak bola 4-3-2-1, formasi ini memiliki runtutan posisi yang sama. Yang membedakan dari keduanya adalah pada formasi ini lebih memilih untuk menggunakan 2 striker dan 1 playmaker yang memiliki posisi di belakang 2 penyerang.

Untuk posisi lainnya terdapat 2 pemain gelandang. Satu diantara 3 pemain gelandang tersebut akan bertahan di tengah. Sementara untuk 2 pemain gelandang lainnya akan bertahan di sayap kanan dan kiri. Untuk bagian belakang akan diperkuat dengan adanya 4 orang bek.

Dengan formasi seperti ini, penyerangan akan lebih kuat sehingga kemungkinan cetak gol akan lebih tinggi.


Formasi 4-5-1


formasi baru 4-5-1
soccerdrillsapp.com

Adapula formasi yang lebih mengandalkan serangan balik, yakni formasi 4-5-1. Formasi ini terdiri dari 4 pemain bek, 5 pemain gelandang, dan 1 penyerang. Biasanya formasi ini akan diuturunkan untuk menghindari adanya kemungkinan kekalahan pada fase knock out.

Kunci permainan dari formasi dalam permainan sepak bola adalah harus terjaganya tempo permaianan yang baik sehingga pertahanan akan lebih kuat lagi. Namun, kelemahan dari formasi ini adalah sulitnya mengontrol serangan dadakan dari tim lawan.

Hal ini disebabkan karena pemain sayap akan bertugas juga untuk melakukan pertahanan. Inilah beberapa jenis formasi permainan sepak bola, masih ada enam jenis formasi lainnya yang masih bisa Anda pelajari. Yang pasti, setiap formasi memiliki kelemahan dan kekuatannya tersendiri.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Formasi dalam Permainan Sepak Bola, semoga dengan penjelasan diatas bisa menambah wawasan kita mengenai formasi sepakbola, agar nantinya dapat bermanfaat ketika bermain sepakbola ataupun bermain PES. Semoga bermanfaat, salam Olahraga!

Leave a Comment

%d bloggers like this: