Gambar Dan Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Keterangannya

GAMBAR DAN UKURAN LAPANGAN BOLA VOLI – Dalam permainan bola voli pastinya anda tidak mengamati dengan detail dan betul berapa ukuran Lapangan bola voli? Karena yang lebih anda fokuskan yaitu pemainnya dan permainannya bukan?

Padahal mengetahui dan memahami Lapangan bola voli itu penting juga, karena Lapangan bola voli itu sangat berhubungan dan berpengaruh besar dalam permainan bola voli ini. Tanpa Lapangan bola voli tidak akan bisa terlaksana, dan karena semua permainan olahraga rata-rata diadakan di Lapangan.

Dan sebagian dari anda mungkin akan bertanya-tanya apakah ukuran semua lapangan bola voli itu sama? Mengapa bentuk lapangannya seperti itu?

Bagaimana cara pertimbangan dalam sejarah ukuran dan gambar lapangan kok bisa seperti itu? Nah, tidak perlu bertanya-tanya terus dan panjang lebar, kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas dan belajar bersama dalam mengetahui Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli dengan disajikan secara lengkap kali ini, yaitu sebagai berikut.

Definisi serta Sejarah Lapangan Bola Voli

ukuran bola voli
signalscv.com

Lapangan merupakan tempat umum yang luas yang biasanya tempatnya itu terbuka yang kebanyakan juga tempat ini dijadikan sebagai kegiatan olahraga. Untuk pengertian Lapangan Bola Voli tersendiri yaitu Lapangan atau tempat luas yang keberadaanya indoor maupun exdoor yang khusus digunakan untuk permainan bola voli.

Untuk menentukan bagaimana kok bisa Lapangan bola voli itu bentuknya seperti itu dan ukuran luasnya juga seperti itu? bahwa yang menentukan ukuran dan bentuk Lapangan bola voli seperti itu bukanlah sembarangan orang, melainkan banyak melalui musyawarah bersama dengan pertimbangan yang matang.

Ukuran Lapangan bola voli itu terdapat jenisnya, yaitu ukuran Lapangan bola voli Ber-standar nasional, internasional, putra, putri, bahkan mini.

Untuk standar nasional yaitu contohnya di Indonesia tolak ukurnya yaitu PBVSI “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia” yang cakupannya lebih kecil. Untuk standar internasional sendiri yaitu FIVB “Internationale De Volleyball” yang cakupan wilayahnya lebih luas dibanding standar nasional.

Gambar Lapangan Bola Voli secara Umum

Sebelum beralih pada penjelasan ukuran Lapangan bola voli, terlebih dahulu kita bersama-sama mengetahui gambar Lapangan bola voli. Supaya sebelum pembahasan itu di jelaskan, kita semua juga bisa tahu langsung bahwasannya gambar atau bentuk fisiknya Lapangan bola voli itu seperti ini.

Jadi tidak hanya berangan-angan saja. Maka dari itulah alangkah baiknya kita langsung saja melihat gambar Lapangan bola voli sebagai berikut:

gambar lapangan bola voli
olahraga.pro

Penjelasan Ukuran Lapangan Bola Voli

Lapangan bola voli secara umum itu berukuran 18×9 meter, yang secara umum juga ukuran ini digunakan dalam seluruh standar, baik dalam ukuran standar nasional bahkan internasional. Jadi tidak ada perbedaan sama sekali antara ukuran Lapangan bola voli di Indonesia dan di Luar Negeri.

Ukuran Lapangan Bola Voli

  • Untuk ukuran panjang lapangan bola voli itu 18 meter.
  • Untuk lebarnya Lapangan bola voli yaitu 9 meter.
  • Panjang garis serang Lapangan bola voli 3 meter.
  • Lebar garisnya sendiri yaitu 5 centimeter.
  • Jadi luas Lapangan bola voli yaitu 162 meter2 atau 18 meter x 9 meter.
  • Dan area servis Lapangan bola voli yaitu 3 meter.

Ukuran Net Bola Voli

net bola voli
nbcolympics.com

Tidak hanya ukuran Lapangan bola voli saja yang harus kita pahami dan ketahui, namun ukuran net dalam bola voli juga harus benar-benar kita pahami bersama.

Net dalam bola voli merupakan batasan antara daerah tim satu dengan tim lawan, batasan yang berada di tengah-tengah dan juga net ini merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dengan permainan bola voli ini.

Karena net ini sangat penting dan utama dalam permainan bola voli, tanpa net mungkin tidak bisa disebut dengan olahraga bola voli.

Karena ciri khas dalam permainan bola voli ini yaitu Lapangan yang disertai dengan net yang menjadi sumber utamanya dan ciri khas utama dalam permainan bola voli yaitu bola yang dilambung-lambungkan.

Maka dari itulah langsung saja kita cermati bersama ukuran net dalam permainan bola voli itu seperti apa?

  • Untuk ukuran net bola voli ini dibedakan hanya dari ukuran net antara bola voli tim putra dengan bola voli tim putri.
  • Untuk tim putra, tinggi net bola voli yaitu 2,43 meter.
  • Untuk tim putri, tinggi net bola voli yaitu 2,24 meter.
  • Untuk panjang net bola voli yaitu 9 meter.
  • Lebarnya sendiri dalam net bola voli yaitu 1 meter.
  • Antena pada net bola voli tingginya yaitu 80 centimeter (cm), yang berada di atas net.
  • Untuk tiang net bola voli yaitu tingginya 2,55 meter.
  • Untuk jarak antara tiang net bola voli dengan garis tepi atau garis samping lapangan bola voli yaitu sekitar 0,5 sampai 1 meter.
  • Untuk pita tepian atas net bola voli yaitu 5 centimeter (cm) dan untuk pita tepian samping net bola voli yaitu 5 centimeter (cm) dengan panjang 1 meter.
  • Dan yang terakhir yaitu ukuran mata jala net bola voli yaitu 10 centimeter (cm) atau berbentuk persegi.
    Ukuran Diameter Bola Voli

Nah, lebih lengkapnya lagi kita bahas dan cermati bersama-sama untuk ukuran bola volinya juga. Jadi setelah kita bahas ukuran Lapangan bola voli, ukuran Net bola voli, kemudian lebih lengkapnya lagi kita bahas ukuran Diameter bola voli.

Supaya wawasan yang kita ketahui dalam permainan bola voli itu tidak hanya setengah-setengah, jadi kita semua lebih paham bahwasannya semua itu ada ukurannya tersendiri. Langsung saja kita pelajari mengenai ukuran diameter bola voli:

  • Keliling dalam bola voli yaitu berukuran 65 sampai 67 centimeter (cm).
  • Untuk beratnya sendiri, bola voli yaitu sekitar 260 sampai 280 gram.
  • Tekanan bola voli yaitu 0,30 sampai 0,325 kilogram (kg) atau centimeter kubik (cm2) atau bisa dijelaskan seperti ini (4,26 sampai 4,61 psi, 294.3 sampai 318, 82 mbar atau hPa).
  • Yang terakhir yaitu ukuran diamter bola voli sendiri sekitar 18 sampai 20 centimeter (cm).

Semua ukuran yang sudah dijelaskan di atas merupakan ukuran yang benar0benar mementingkan pertimbangan dan musyawarah bersama yang sampai saat ini, ukuran ini menjadi ukuran umum dalam permainan bola voli.

Baik dalam standar nasional bahkan dalam standar internasional, ukuran ini umum digunakan bersama. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: