45

11+ Jenis Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket – Lengkap!

Bagi pemain basket, sudah tentu harus mengetahui tentang peraturan pada permainan ini, termasuk tentang jenis pelanggaran dalam permainan bola basket. Berikut kita bahas secara lengkap pelanggaran dalam permainan basket.

1. Pelanggaran Perorangan – Bola Basket

Pelanggaran perorangan ini disebut juga personal foul. Misalnya ketika seorang pemain melanggar peraturan ketika permainan berlangsung. Selain itu, jika seorang pemain melakukan konak fisik dengan pemain lawan. Kontak fisik sangat dilarang.

Dalam permainan bola basket, personal foul diperbolehkan maksimal empat kali pelanggaran. Maka, ketika seorang pemain melakukan personal foul lebih dari empat kali, foul selanjutnya akan mendapatkan foul out dari wasit. Pevsonal foul ini tidak hanya berdampak pada seovang pemain saja, melainkan berdampak pada seluruh tim.

2. Pelanggaran Tim – Bola Basket

Pelanggaran tim merupakan pelanggaran yang dikenakan pada suatu tim di setiap babaknya. Ketika pelanggaran dari suatu tim telah mencapai 5 pion, maka wasit akan memberikan kesempatan lemparan bebas atau free throw kepada tim lawan.

Lemparan bebas dilakukan dengan menembakkan bola ke ring lawan dari belakang garis hukuman dengan jarak kurang lebih 4,7 meter.

Teknik untuk melakukan free throw adalah menggunakan teknik dasar mekanika bermain atau gerakan shooting. Dasar mekanika tersebut mencakup pandangan mata, keseimbangan, posisi tangan, pengaturan siku, dan irama tembakan. Free throw adalah peluang mencetak angka dengan tidak dijaga lawan dalam posisi setengah lingkaran.

3. Pelanggaran Teknik – Bola Basket

Pelanggaran ini dikenal juga dengan sebutan technical foul, yang dikenakan kepada pemain ketika pemain itu mengabaikan atau tidak menghiraukan peringatan dari wasit.

Contohnya, saat wasit menegur seorang pemain, tapi pemain itu tidak peduli atau justru melakukan protes yang tidak berguna. Atau bisa jadi malah melakukan kontak fisik dengan wasit. Maka pemain tersebut akan dikenai pelanggaran teknik.

Bukan hanya pemain yang sedang bermain di lapangan yang berpeluang melakukan pelanggaran teknik. Melainkan pemain di bangku cadangan serta pelatih juga bisa melakukan technical foul.

Konsekuensi dari technical foul adalah keuntungan yang akan diperoleh tim lawan. Pertama, tim lawan mendapatkan sebuah free throw atau lemparan bebas. Kedua, tim lawan akan mendapatkan possession, maksudnya, bola menjadi milik lawan.

4. Travelling – Bola Basket

Travelling adalah sebuah keadaan pelanggaran yang sering sekali dilakukan oleh pemain basket. Pelanggaran ini ialah ketika seorang pemain tidak mendribble bola dalam tiga langkah saat pemain sedang berjalan atau berlari.

5. Offensive Foul – Bola Basket

Offensive foul terjadi ketika wasit menilai salah satu pemain melanggar apabila pemain tersebut menabrak pemain dari pihak lawan yang sedang berada pada posisi hands up atau charge yang benar. Saat pemain bertujuan untuk melakukan illegal pick ketika pertadingan masih berlangsung.

6. Foul – Bola Basket

Disebut foul ketika seorang pemain melanggar pemain dari tim lawan. Dinilai foul saat pemain tersebut melanggar dengan posisi bertahan atau defence atau posisi reaching yang salah. Maka jika itu terjadi, wasit akan memberiperingatan kepada pemain yang bersangkutan.

7. Foul Out – Bola Basket

Foul out ini merupakan suatu pelanggaran jika seorang pemain melakukan 6 foul pada NBA dan 5 kali foul biasa pada FIBA. Atau juga ketika pemain itu sudah melakukan pelanggaran teknik sebanyak dua kali. Konsekuensinya, pemain akan dikeluarkan oleh wasit dari lapangan pertandingan.

8. 8-second Violation – Bola Basket

Pemain akan dianggap melakukan pelanggaran jika pemain tim tidak keluar dari setengah lapangan timnya sendiri. Ketika pelanggaran ini terjadi, maka wasit biasanya akan memutuskan bahwa bola akan dilimpahkan kepada tim lawan.

9. 24 Second Violation – Bola Basket

Tak jauh beda dengan 8 second violation, pelanggaran yang ini terjadi ketika pemain sebuah tim tidak melakukan lay-up atau shoot atau dunk ke ring lawan setelah terlewat waktu selama 24 detik. Lay up adalah gerakan tembakan yang ditujukan ke arah ring lawan dengan melayang.

Lay up ini dilakukan dengan satu tangan, bisa dengan tangan kiri, bisa juga dengan tangan kanan. Tujuannya untuk mendapatkan poin.

Dunk adalah ketika pemain melakukan gerakan memasukkan bola ke ring lawan sambil melompat di dekat ring dan menggantungkan satu atau dua telapak tangannya di ring tersebut. Gaya ini juga dikenal sebagai gaya hujaman.
Konsekuensi dari pelanggaran ini ialah wasit akan memutuskan bahwa bola akan menjadi milik tim lawan.

10. Defensive 3 Second – Bola Basket

Pelanggaran ini merupakan pelanggaran yang seperti travelling, defensive 3 second sering terjadi. Pelanggaran ini diakibatkan oleh seorang pemain yang diam di wilayah timnya sendiri dalam jangka waktu 3 detik, saat lawan sedang melakukan offense.

Konsekuensi dari pelanggaran ini adalah keputusan wasit berupa satu kali throw in untuk tim lawan.

11. 3 Second Violation – Bola Basket

Three second violation akan diberikan wasit kepada pemain yang sering tidak menyadari kesalahan yang telah dilakukan. Biasanya, pemain tersebut berada di wilayah key area atau tembakan bebas dalam waktu 3 detik.
Konsekuensinya, wasit akan memberi peringatan pada pemain yang bersangkutan.

Yup, itu tadi merupakan jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang perlu kamu tahu agar lebih mengetahui lagi mengenai peraturan dalam permainan bola basket.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply