Lari Jarak Pendek (Sprint): Pengertian, Pengetahuan dan Teknik

pengertian lari jarak pendek

Lari jarak pendek atau yang sering juga disebut dengan lari sprint merupakan salah satu nomor lari yang terdapat pada cabang atletik. Di kesempatan ini kita akan merangkum materi meliputi pengertian lari jarak pendek, nomor lari, start lari, dan teknik lari jarak pendek.

Sprint atau lari jarak pendek ini harus didukung dengan adanya kekuatan dan kecepatan tinggi karena itu membutuhkan yang namanya daya tahan kecepatan (speed endurance) yang harus kuat, mulai start sampai ke garis finish.

Pengertian Lari Jarak Pendek

Terdapat beberapa jenis dalam perlombaan lari yang diperlombakan dalam kancah internasional, tentu saja salah satunya yakni lari jarak pendek atau yang populer disebut dengan istilah lari sprint.

Lomba lari ini disebut sebagai lari jarak pendek karena jarak lintasan yang harus ditempuh oleh setiap peserta lari relatif pendek bila kita bandingkan dgn jenis lari yang lainnya, yaitu hanya 100-400 meter.

Karena hal tersebut pelari diharuskan untuk memaksimalkan tenaganya dalam berlari secepat mungkin dimulai dari titik start sampai garis finish.

Maka bila kita artikan, lari ini merupakan salah satu jenis olahragara/lomba/pertandingan lari yang mana setiap pelari diharuskan berlari menggunakan kecepatan penuh mereka pada lintasannya masing-masing agar mencapai garis finish terlebih dulu dengan jarak tempuh yang diperlombakan yakni 100-400 meter.

Berikut merupkan klasifikasi atau nomor lari jarak pendek yang terbagi dalam beberapa jenis:

  • Lari jarak dengan jarak 100 m putra dan putri (short sprint);
  • Lari jarak dengan jarak 200 m putra dan putri (medium sprint);
  • Lari jarak dengan jarak 400 m putra dan putri (long sprint).

Selain yang disebutkan tadi, lari ini juga dipertandingkan pada nomor lari gawang (burdles), yakni 100 m gawang, 110 m gawang, dan yang terakhir 400 m gawang. Lari ini pun digunakan pada nomor lari estafet atay lari sambung 4 x 400 meter dan jugs 4 x 100 meter.

Pengetahuan Dasar Lari Jarak Pendek

Nah sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai teknik berlari cepat, alangkah baiknya kita harus terlebih dulu mengetahui pengetahun yang paling dasar berlari cepat ataupun lari jarak pendek. Disini menurut Bompa (Tahun 1999), hal-hal dasar yang perlu kita ketahui mengenai lari ini adalah sbb:

  1. Tubuh kita sedikit condong ke depan saat kita sedang berlari, kemudian kedua lengan kita sedikit fleksi 90 derajat dan perlu diayunkan searah dgn gerakan kita saat berlari.
  2. Otot-otot pada bagian depan dan juga kedua lengan kita tetap berada dalam keadaan rilek.
  3. Untuk tungkai bawah ditolakan dgn kuat sampai lurus, kemudian pengangkatan pada depan harsu diusahakan hingga posisi sejajar dgn tanah.
  4. Posisi pinggang kita tetap dalam posisi ketinggian yang tetap atau sama selama berlari.
  5. Saat mencapai garis finish, badan kita harus dicondongkan dgn serentak ke arah depan agar mengantarkan tubuh bagian dada kita menyentuh pita.
  5 Manfaat Lari Zig Zag Bagi Tubuh

Teknik Start Lari Jarak Pendek

Terdapat ada total tiga macam teknik start lari jarak pendek, yakni sebagai berikut:

  1. Start Pendek (Bunch Start). Posisi kaki kiri di depan kemudian lutut kaki kanan kita diletakkan di sebelah kaki kiri dengan ukuran sekitar satu kepal. Selanjutnya Kedua tangan kita letakkan dibagian belakang garis start dgn posis jari-jari rapat dan setelah itu ibu jari terpisah.
  2. Start Menengah (Medium Start). Posisi Kaki kiri kita berada di depan, kemudian lutut kaki kanan kita letakkan dibagian sebelah kanan tumit kaki kiri dengan jarak sekitar satu kepal. Dan selanjutya kedua tangan kita letakkan diposisi bagian belakang garis start dgn empat jari-jari yang rapat, ibu jari terpisah.
  3. Start Panjang (Long Start). Posisi kaki kiri kita letakkan pada posisi bagian depan lutut kaki kanan yang berada di belakang kaki kiri, untuk jaraknya sekitar satu kepal. Lalu untuk kedua tangan kita letakkan pada bagian belakang garis start dgn jari-jari rapat dan untuk ibu jari terpisah.

Baca juga artikel kami sebelumnya mengenai manfaat lari zig zag dan peraturan lari gawang. Terima kasih, salam olahraga!

Add Comment