2
21

Ragam Latihan Fisik Sepak Bola Para Atlet

Latihan fisik sepak bola sangatlah diperlukan agar seseorang dapat menjadi pemain bola profesional. Terutama pada pertandingan kelas tinggi, pemain dituntut memiliki ketahanan fisik yang tangguh karena ukuran lapangan yang besar dan lamanya waktu permainan.

Di samping teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola, latihan fisik juga tidak kalah penting. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Jenis-jenis Latihan Fisik Sepak Bola

Latihan Sepak Bola

winudf.com

1. Melatih Kekuatan

Persiapan pertandingan harus dibarengi latihan fisik yang bisa menempa kekuatan para atlet. Salah satu latihan kekuatan yang paling umum ialah angkat beban. Selain itu, beberapa latihan lain di antaranya adalah:

  • Squat jump
  • Squat thrust
  • Back up
  • Push up
  • Pull up

2. Melatih Daya Tahan Tubuh

Latihan fisik sepak bola berikutnya ialah yang bertujuan dalam melatih daya tahan tubuh. Ini penting karena akan menentukan apakah para pemain dapat bertahan lama di arena atau tidak. Daya tahan kardiovaskuler terutama akan diutamakan.

Latihan-latihan ini terutama akan dibutuhkan untuk menambah kecepatan gerak di lapangan. Terdapat beberapa latihan fisik yang tidak boleh dilewatkan, di antaranya adalah:

  • Jogging untuk membiasakan diri terus bergerak di lapangan tanpa cepat lelah
  • Skipping yang akan menambah stamina tubuh
  • Cutting
  • Quick starts
  • Twisting

3. Melatih Kelenturan

Menjadi seorang pemain sepak bola profesional harus turut rutin melakukan latihan kelenturan. Fleksibilitas termasuk dalam poin penting karena akan membantu pemain dalam bergerak lincah. Tujuan utamanya adalah agar pemain dapat bergerak fleksibel saat berbalik badan serta mengubah arah.

Tidak hanya itu, melatih kelenturan akan diperlukan sebagai salah satu langkah pencegahan cedera di bagian sendi dan otot. Fleksbilitas tinggi akan meminimalisir resiko cedera. Termasuk dalam latihan kelenturan ialah:

  • Sikap lilin
  • Mencium lutut

4. Melatih Kecepatan

Di samping daya tahan, kelenturan serta kekuatan, kecepatan juga terbilang sangat penting untuk dilatih. Pemain sepak bola haruslah bermain cepat supaya tidak terbungkam lawan dan memiliki keseimbangan bagus saat bergerak.

Saat melatih fisik, membiasakan relay juga terbilang sangat dianjurkan dengan mengombinasikannya bersama gerakan menggiring bola. Bentuk latihan fisik sepak bola untuk melatih kecepatan di antaranya adalah:

  • Shuttle run atau lari bolak-balik
  • Sprint jarak pendek mulai dari 100, 200 hingga 400 meter

5. Pendinginan

Pendinginan juga termasuk dalam latihan fisik sepak bola, sama seperti olahraga biasa yang pasti menyertakan langkah-langkah pemanasan serta pendinginan. Latihan fisik ini memang cukup berat sehingga gerakan pendinginan tidak boleh dilupakan mulai dari kepala hingga kaki.

Proses urut nantinya bisa dilakukan mulai dari atas hingga bawah. Tujuannya adalah merilekskan otot-otot yang telah bekerja keras.

6. Menjaga Asupan Makanan

Latihan fisik sepak bola harus turut memperhatikan kesehatan fisik. Setelah selesai melakukan latihan fisik, maka para atlet masih harus menjaga asupan nutrisi hariannya. Ini adalah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan tiap pemain sepak bola.

Kecepatan, kelenturan serta daya tahan fisik tinggi takkan bisa didapat tanpa adanya asupan gizi yang memadai. Menjaga asupan nutrisi tubuh ialah kunci penting agar tenaga tetap dalam kondisi optimal saat bermain di lapangan. Penting untuk memperhatikan jumlah kalori, protein, lemak, karbohidrat serta nutrisi lain tiap harinya.

Pola makan juga penting jadi perhatian, bukan sekedar jenis makanannya. Pola makan ini harus dibuat secara teratur dan porsinya disesuaikan apa yang dibutuhkan tubuh. Rata-rata pemain sepak bola akan lebih banyak mengonsumsi karbohidrat karena tubuhnya perlu tenaga lebih banyak.

Bahkan, ada juga pemain sepak bola yang dianjurkan mengonsumsi air khusus dengan kandungan rehydrate agar proses pencernaan karbohidrat lebih sempurna. Jangan lewatkan konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan susu demi kesegaran tubuh.

7. Mempertahankan Gaya Hidup Sehat

Memperhatikan gaya hidup ialah kewajiban lain atlet sepak bola. Rajin melakukan latihan fisik sepak bola bukan satu-satunya poin penting dalam menjadi seorang atlet handal. Gaya hidup sehat juga wajib diperhatikan karena dapat turut mempengaruhi performa fisik seseorang.

Jauhi kebiasaan merokok, minum-minuman keras serta begadang. Atlet sepak bola harus memiliki kualitas tidur yang baik dan jam tidur maksimalnya adalah 10 malam. Termasuk dalam gaya hidup kurang sehat yang sebaiknya dijauhi ialah makan pada malam hari dan begadang.

Itulah beberapa latihan fisik yang dibutuhkan atlet sepak bola serta beragam tips dalam menjaga kebugaran tubuh. Penting untuk melakukan semuanya secara rutin dan berkelanjutan agar didapat hasil latihan yang maksimal.

Menjadi atlet sepak bola yang profesional tentu butuh jalan panjang dan latihan yang tak kenal lelah. Keseriusan dalam berlatih juga diperlukan mengingat panjangnya proses yang dilalui.

Di samping latihan fisik, menjaga asupan makanan juga tak kalah pentingnya. Ini karena nutrisi yang bagus akan bisa menunjang fisik yang prima.

Latihan Fisik Sepak Bola

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply