Macam-Macam Cabang Olahraga Beserta Penjelasannya – Lengkap!

MACAM-MACAM CABANG OLAHRAGA – Siapa yang tidak mengenal atau tidak mengetahui cabang-cabang olahraga, khususnya di Indonesia sendiri. Pastinya kalian semua sudah pada mengetahui jenis-jenis cabang olahraga yang ada di Indonesia sendiri.

Karena pada dasarnya di Indonesia ini mempunyai banyak cabang olahraga yang juga sudah sering diperlombakan di tingkat nasional maupun internasional yang mengirimkan anak-anak mudanya atau atlet-atletnya sampai ke mancanegara.

Hingga mendapatkan juara atau dapat memberikan kado terindah untuk negara Indonesia kita. Untuk itulah langsung saja saya paparkan “Macam-Macam Cabang Olahraga” yang ada di Indonesia ini:

  1. Cabang Olahraga “Bulu Tangkis-Badminton”.
  2. Cabang Olahraga “Sepak Bola”.
  3. Cabang Olahraga “Bola Voli”.
  4. Cabang Olahraga “Tenis Meja”.
  5. Cabang Olahraga “Dayung”.
  6. Cabang Olahraga “Tinju”
  7. Cabang Olahraga “Berkuda”.

1. Cabang Olahraga “Bulu Tangkis-Badminton”

badminton
hellosehat.com

Badminton merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang dimaikan oleh dua orang pada sektor tungga dan juga dua orang pada sektor ganda dengan menggukan raket.

Tujuan dari olahraga ini yaitu untuk memukul bola “Kok atau Shuttlecock” yang diarahkan kepada tim lawan, dan bola taua kok ini harus diarahkan ke tim lawan dengan melintasi net dan dijatuhkan ke tim lawan. Permainan ini dapat dikatakan menang jika salah satu tim dapat memenangkan 2 (dua) set permainan.

Bulu tangkis atau badminton ini dinaungi atau induk organisasi internasional dari bulutangkis ini yaitu Badminton World Federation “BWF”.

Untuk yang di Indonesia sendiri bernama “PBSI” Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia. Olahraga ini juga dimainkan di ajang-ajang pertandingan olahraga besar seperti olimpiade, asian games atau sea games.

2. Cabang Olahraga “Sepak Bola”

sepak bola
extraquotidiano.it

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang alat dalam permainannya itu menggunakan bola. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, yang masing-maisng timnya yaitu beranggotakan 11 (sebelas) orang.

Sebelas orang tersebut juga sudah termasuk penjaga gawang dan juga pemain yang bertugas sebagi posisi bertahan dan menyerang. Oalahraga ini sudah dimainkan oleh 250 juta orang dari 200 negara pada abad ke-21. Olahraga ini merupakan olahraga yang tujuannya yaitu untuk mencetak goal.

Yang bisa memegang atau menyentuh bola dengan tanga yaitu hanya penjaga gawang. Dan semuanya pemain hanya dapat menggunakan peraturan yaitu menggunakan kaki untuk menendang bola, menggunakan kepala untuk menyundul bola, dan menggunakan dada untuk mengontrol bola.

Tim yang dinyatakan memenangkan pertandingan ini yaitu tim yang berhasil mencetak goal atau yang dapat memasukkan bola ke dalam gawang dengan mendapatkan skor yang sangat banyak yaitu tim tersebutlah yang menang.

3. Cabang Olahraga “Bola Voli-VolleyBall”

bola voli
sportku.com

Bola voli atau Volleyball merupakan salah satu cabang olahraga yang alat permainanannya menggunakan bola yang dimaikan oleh dua tim yang masing-masing timnya berjumlah 6 (enam) orang pemain.

Olahraga voli ini juga bisa dimainkan di air atau di pantai, yang membedakan yaitu olahraga bola voli di pantai ini terdiri dari dua tim yang jumalh pemainnya yaitu 2 (dua) orang saja.

Cara memainkan permainan bola voli ini yaitu dengan menggunakan tangan yang tujuannya yaitu untuk memukul bola melewati jaring atau net agar jatuh ke daerah tim lawan. Sama seperti cabang-cabang olahraga yang lainnya yaitu tim siapa yang mampu mendapatkan poin banyak maka tim tersebutlah yang akan memenangkan pertandingan dalam olahraga bola voli ini.

4. Cabang Olahraga “Tenis Meja”

tenis meja
djkn.kemenkeu.go.id

Tenis Meja atau ping-pong merupakan salah satu cabang olahraga yang alat permianannya ini yaitu menggunakan bat. Bat ini merupakan sebuah raket kecil yang terbuat dari papan kayu yang luarnya dilapisi oleh bahan yang terbuat dari karet luarannya.

Tenis meja ini juga membutuhkan bola ping-pong dan juga lapangan permainan yang terbentuk permainan. Lapangan permainan ini berupa meja dan juga terdapat net yang berada di tengah-tengah meja tersebut. Permainan ini dimaikan oleh dua tim.

Bisa dimaikan oleh satu lawan satu dapat juga dimainkan oleh dua lawan dua orang. Induk olahraga tenis meja ini yaitu PTMSI “Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia” yang berada di Indonesia, sedangkan dalam lingkup internasional yaitu ITTF “International Table Tennis Federation”.

5. Cabang Olahraga “Dayung”

dayung
idntimes.com

Salah satu cabang olahraga yang berada di air yaitu olahraga dayung ini. Dayung merupakan olahraga yang berada di air yang teknik dalam olahraga ini yaitu dengan menggunakan perahu. Dengan cara mengayuhnya atau mendayunngnya sampai ke air.

Olahraga ini dibutuhkan ketangkasan dan juga kekompakan dalam setiap tim. Olahraga ini dapat dilakukan di danau, di laut, dan juga di sungai, semua itu tergantung penyelenggaraan pertandingan olahraga tersebut.

Dayung ini membutuhkan kekuatan stamina yang full dan juga keahlian dalam mendayung. Teknik mendayung ini ada dua yaitu:

  • Kayuhan Pertama, yaitu mendayung dengan majuJika menginginkan perahu yang ingin maju, maka dapat menggerakkan perahu tersebut maju ke depan.
  • Kayuhan Kedua, yaitu mendayung dengan mundurSebaliknya, jika menginginkan perahu yang melaju ke belakang, maka ayuhkanlah atau arahkanlah perahu tersebut ke arah belakang atau mundur.

6. Cabang Olahraga “Berkuda”

berkuda
warsawpoloclub.pl

Cabang olahraga yang satu ini merupakan olahraga berkuda. Cabang olahraga ini sangat fenomenal dan unik karena olahraganya menggunakan hewan.

Cabang olahraga berkuda ini menuntut skill atau keahlian yang diantaranya adalah keterampilan, kebugaran fisik, stamina yang kuat, konsentrasi yang tajam dan juga yang mampu menrapkan teknik-teknik berkuda dengan baik dan benar.

Olahraga berkuda ini memang alat dalam permainannya yaitu dengan menggunakan kuda, dimana hewan yang satu ini merupakan hewan yang tidak buas yang cocok sekali digunakan sebagai salah satu alat dalam olahraga yang mempunyai manfaat sangat banyak bagi tubuh kita.

Salah satunya yaitu untuk olahraga melatih tubuh kita dan juga susu kuda ini juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Jadi hewan kuda ini memang salah satu hewan yang sangat memberikan manfaat yang banyak bagi manusia.

Olahraga berkuda ini juga pernah diperlombakan di Indonesia diantaranya adalah Polo Berkuda, Gymkhana, Berkuda, Equatrian yang terdiri dari tunggang serasi, lompatang rintangan trilomba dan juga endurance.

7. Cabang Olahraga “Tinju”

tinju
al-insannews.com

Cabang olahraga yang terakhir yaitu Tinju. Dimana olahraga tinju ini merupakan salah satu cabang olahraga yang mengerikan dan menakutkan. Karena dalam permainan yang lawan mainnya adalam manusia maksudnya disini yaitu permainan yang alat permainannya menggunakan tangan.

Dimana teknik dalam permainan tinju ini yaitu memukul atau dapat dikatakan sebagai perpaduan antara olahraga dan seni bela diri yang mempertandingkan dua peserta dengan berat dan sama kelas tandingannya dengan menggunakan tinju mereka rangkaian ronde dalam peraturan tinju tersebut.

Olahraga ini memang dikatakan sebagai olahraga adu fisik antara satu orang dengan satu lawannya, di dalam permainan ini yaitu menggunakan otot yang digunakan untuk saling memukul satu sama lain, cara memukul tersebut disebut dengan tinju.

Jadi jangan kaget atau terkejut jika olahraga ini pasti menimbulkan luka-luka di seluruh tubuh khususnya di bagian kepala.

Macam-macam cabang olahraga yang sudah dijelaskan di atas semoga dapat jelas dan dipahami oleh pembaca dengan baik. terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: