Macam-macam Olahraga Air Beserta Gambar dan Penjelasannya!

MACAM-MACAM OLAHRAGA AIR – Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tubuh yang tujuannya untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan juga untuk tetap menjaga kesehatan. Karena kesehatan ini merupakan faktor yang sangat penting dan berharga bagi manusia.

Mempunyai tubuh yang sehat membuat segala macam aktifitas bisa terlaksana dengan baik. Dengan demikian, olahraga merupakan salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk kesehatannya.

Olahraga ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan muda saja, namun olahraga ini sudah dapat dilakukan oleh semua kalangan. Dari kalangan anak kecil hingga kalangan orang tua, karena olahraga ini mempunyai banyak jenisnya yang dapat dilakukan untuk semua kalangan.

Bahkan olahraga ini merupakan salah satu kebutuhan yang ada di dalam kehidupan manusia. Jangan dikira dan berfikiran bahwa olahraga itu menyeramkan atau membuat badan semakin lelah, tidak seperti itu jika kita mengetahui dengan baik dan juga mempraktikkannya dengan baik.

Karena olahraga ini sendiri ini lebih baiknya kita lakukan selama seminggu tiga kali, yang dilakukan dengan teknik atau cara yang baik jadi tidak sembarangan. Karena jika salah atau sembarangan dalam berolahraga maka bisa mengakibatkan hal-hal yang malah bisa merusak tubuh.

Macam-macam olahraga pun juga sudah banyak, tidak hanya dilakukan di daratan namun juga dapat dilakukan di air, seperti yang akan di bahas dalam artikel kali ini yaitu mengenai “Macam-Macam Olahraga dalam Air”. Jadi langsung saja membahas pada intinya:

Macam-Macam Olahraga dalam Air

Berbicara mengenai olahraga dalam air, pastinya kalian semua memikirkan tentang olahraga renang. Iya memang benar, renang merupakan salah satu macam dari olahraga dala air.

Namun jangan dikira hanya renang saja ya, karena olahraga dalam air ini banyak macamnya. Mari kita simak bersama-sama:

1. Olahraga dalam Air “Berenang”

olahraga air
mensjournal.com

Siapa yang tidak tau dengan olahraga yang satu ini, semua orang pasti tau dan pastinya juga sangat menyukai jenis olahraga yang satu ini. Karena olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang sangat populer dan juga menarik.

Olahraga renang ini merupakan olahraga yang menggerakkan tubuh dengan melintas di dalam air dengan menggunakan tangan dan juga kaki.

Olahraga ini mempunyai tujuan yaitu untuk berpindah tempat saat kita berada di dalam air atau dapat dikatakan sebagai pengganti berjalan di dalam air. Olahraga renang ini sangat mempunyai manfaat yang sanga baik bagi tubuh kita, yaitu untuk:

  • Melatih sistem pernafasan.
  • Meningkatkan kekuatan otot-otot serta tulang yang ada dalam tubuh kita.
  • Renang ini juga dapat menambah tinggi badan kita.
  • Apalagi untuk jantung kita, malah semakin baik bagi kesehatan.
  • Bentuk tubuh menjadi semakin ideal.
  • Dapat menghilangkan dari gangguan stress.
  • Meningkatkan kebugaran tubuh kita.
  • Menurunkan berat badan dan juga,
  • Untuk menurunkan resiko terkena diabetes.

2. Olahraga dalam Air “Polo Air”

olahraga polo air
berolahraga.net

Apa sih olahraga polo air itu? kok baru denger ya? Olahraga polo air ini merupakan salah satu jenis olahraga yang berada di dalam air. Olahraga ini merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu atau bertim.

Olahraga ini dapat dikatakan sebagai olahraga campuran atau olahraga yang di dalamnya yaitu terdapat perpaduan antara olahraga renang, gulat, sepak bola dan juga bola basket. Olahraga ini merupakan olahraga yang memang belum begitu tersebar luas dalam masyarakat.

Olahraga ini merupakan olahraga yang telah dipertandingkan di Indonesia, bahkan juga olahraga ini sudah pernah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional “PON” pada tahun 1948 di Kota Solo.

Dalam olahraga ini yaitu dilaksanakan bertim, setiap timnya ada dua tim yang di dalamnya terdapat enam pemain dan juga terdapat satu penjaga gawang. Polo Air ini paling mirip sekali dengan olahraga sepak bola yaitu aturan mainnya juga sangat mirip.

Peraturan dalam permainan olahraga ini yaitu memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam gawang. Namun yang membedakan adala tempat bermain dalam olahraga ini. Dan juga siapa yang memasukkan bola sebanyak-banyaknya maka tim merekalah yang akan menang dalam pertandingan ini.

3. Olahraga dalam Air “Sky Air”

olahraga water sky
berolahraga.net

Sky air merupakan salah satu cabang olahraga dalam air yang cukup terbilang ekstrim. Sky air ini merupakan olahraga yang menggunakan papan yang dimainkan di atas permukaan air dengan ditarik oleh perahu. Olahraga yang satu ini pertama kalinya dimainkan oleh Ralph Samuelson pada tahun 1922.

Pada awal dulunya, olahraga ini yaitu menggunakan drum dari kayu yang juga ditarik dengan menggunakan perahu kecil. Namun percobaan tersebut gagal dan akhirnya mempunyai ide untuk menggunakan papan untuk bermain ski. Sampai saat ini, permaian olahraga ini sangat digemari dan juga semakin berkembang populer.

4. Olahraga dalam Air “Kano”

olahraga air
pikiran-rakyat.com

Olahraga kano? Iya kano, kano ini adalah perahu kecil yang biasanya digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia. Kano ini digerakkan dengan menggunakan kayu yang cara menggerakkannya yaitu dengan cara mengayuhnya.

Kano ini memiliki dua ujung yang lancip dan bagian atasnya terbuka. Untuk jumlah orang yang memaikan kano ini dapat dilihat dari seberapa besar kano tersebut. Namun, pada umunya karena kano ini merupakan perahu yang kecil, maka dari itu pengguna kano ini cukup dibatasi oleh dua orang saja.

Kano ini memang dapat juga dikatakan sebagai olahraga yang mirip dengan dayung. Sama tapi berbeda, bedanya yaitu olahraga ini menggunakan cara mendayungnya itu dapat berisi tunggal ataupun ganda. Tidak seperti dayung yang cara mendayungnya yaitu membelakangi tujuan.

5. Olahraga dalam Air “Selancar atau Surfing”

olahraga surfing
berolahraga.net

Olahraga ini jika kita lihat memang hampir mirip dengan olahraga dalam air “Sky”. Lagi lagi sama tapi berbeda, olahraga ini merupakan olahraga yang cara mainnya yaitu bermain dengan ombak yang tinggi dan besar. Olahraga ini juga menggunakan papan sebagai alat untuk bermanuver di ombak.

Papan tersebut digerakkan oleh sang peselancar dengan cara mengarahkannya. Selancar ini juga dapat dikatakan sebgai olahraga yang memicu adreanaline atau juga dapat dikatakan sebagai olahraga yang ekstrim. Dimana olahraga ini sangat mempunyai resiko yang sangat tinggi.

Harus benar-benar dapat menjaga keseimbangan tubuh agar dapat mengarahkan papan dengan baik dan supaya tidak tergulung oleh ombak yang tinggi dan besar yang ada di sekitarnya. Olahraga ini mempunyai manfaat yang baik juga dalam kesehatan kita yaitu:

  • Dapat membuat otot kita semakin kuat dan terus menerus bergerak sehingga dapat membentuk tubuh yang ideal.
  • Olahraga ini dapat memperlancar peredaran darah pada tubuh.
  • Olahraga ini dapat menjadikan kita mempunyai sikap yang tenang dan juga dapat menghilangkan rasa jenuh.
  • Salah satunya juga dapat menjaga kebugaran dalam tubuh kita dan juga tubuh bisa menjadi lebih prima.

Jadi, olahraga itu tidak hanya dilakukan di daratan saja, melainkan juga dapat dimainkan di air yang sudah dijelaskan di atas mengenai Macam-Macam Olahraga dalam Air. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: