3 Macam-Macam Start Dalam Perlombaan Lari

START LOMBA LARI – Dalam setiap perlombaan lari, pastinya kita akan menjumpai yang namanya start dan juga finish. Start biasanya kita kenal sebelum memulai dalam berlari atau tahapan posisi awal kita sebelum perombaan lari dimulai. Dan fisinsh yaitu posisi akhir atau posisi di mana saat kita melakukan lomba lari kita akan tiba ditujuan akhir yaitu disebut sebagai finish.

Kali ini kita tidak membahas mengenai finish namun kita akan mengupas mengenai start. Ternyata start dalam perlombaan lari ini terdapat banyak jenisnya. Maka dari itu dalam pembahasan artikel kali ini, akan dikupas tuntas mengenai “Macam-Macam Start dalam Perlombaan Lari”.

Namun sebelum itu kita sedikit akan mengupas apa sih lomba lari itu ? seperti apa lomba lari itu ? langsung saja simak di bawah ini:

Definisi Lomba Lari

macam macam start lari
3.bp.blogspot.com

Lari merupakan salah satu cabang olahraga tertua yang ada di Dunia. Lari sebelum menjadi cabang olahraga ini sudah dikenal oleh orang-orang pada perdaban manusia kuno. Dalam lari yang paling utama dan menonjol yaitu kecepatan. Untuk lari disini terdapat 3 macam yaitu lari jarak pendek, lari jarak jauh dan juga lari estafet. Untuk kelanjutannya langsung saja simak penejelasan di bawah.

Macam-Macam Start dalam Perlombaan Lari

Sebelum mengetahui macam-macam start dalam perlombaan lari, start di sini didefinisikan sebagai posisi awal dari seorang pelari dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan lari.

Atau sebelum memulai dalam perlombaan lari, kita di sini akan berada di dalam garis start, yaitu untuk mempersiapkan diri sebelum lomba dimulai. Start dalam lomba lari ini ternyata ada tiga jenisnya, yaitu:

  1. Start Jongkok.
  2. Start Berdiri dan.
  3. Start Melayang.

Untuk penjelasannya langsung saja kita kupas sedikit demi sedikit mengenai start dalam perlombaan lari ini:

1. Start dalam Perlombaan Lari “Start Jongkok”

Start Jongkok atau istilah lainnya yaitu “Crouching Start” merupakan salah satu jenis start dalam perlombaan lari. Start jongkok ini dilakukan dengan posisi awal saat melakukan jongkok. Jenis start ini biasanya digunakan pada jenis perlombaan lari dalam jangka pendek.

Jenis lari dalam jangka pendek ini sendiri yaitu bernomor 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Tidak hanya ini saja penjelasannya, ternyata dalam start jongkok ini sendiri terbagi lagi ke dalam tiga jenis yaitu:

Start Jongkok Pendek “Bunch Start”

Dalam start jongkok pendek ini atau istilah lainnya yaitu “bunch start” ini dilakukan dengan cara yaitu:

  1. Sedikit lebarkan tangan anda selebar bahu.
  2. Bentuklah seperti huruf “V” pada ibu jari.
  3. Kaki yang berada di depan yaitu 75 cm dari garis start.
  4. Sedangkan untuk kaki yang ada di belakang sejajar dengan tumit kaki yang ada di depan jaraknya yaitu sekitar satu kepal tangan.

Start Jongkok Menengah “Mediun Start”

Dalam start jongkok pendek ini atau istilah lainnya yaitu “Bunch Start” ini dilakukan dengan cara yaitu:

  1. Posisikan tangan seperti start jongkok pendek.
  2. Kaki yang di depan yaitu 40 cm dari garis start.
  3. Lutut kaki di belakang sejajarkan dengan ujung jari kaki di depan dengan jarak satu kepal dengan lutut kaki yang sejajar dengan ujung jari kaki yang di depan.

Start Jongkok Panjang “Long Start”

Dalam start jongkok panjang ini atau istilah lainnya yaitu “Long Start” ini dilakukan dengan cara yaitu:

  1. Posisikan tangan seperti start jongkok pendek.
  2. Kaki yang di depan itu posisikan seperti start menengah, yaitu kaki yang di depan yaitu 40 cm dari garis start.
  3. Lutut kaki di belakang sejajarkan dengan ujung jari kaki di depan dengan jarak satu kepal dengan lutut kaki yang sejajar dengan ujung jari kaki yang di depan.

Setelah menjelaskan mengenai jenis-jenis start jongkok di atas, sekarang langsung menjelaskan mengenai cara melakukan start jongkok sendiri yaitu:

  1. Start Jongkok untuk Aba-Aba Bersedia yaitu : pertama, pelari maju menuju garis start. kedua, tangan diletakkan di belakang garis start posisikan tangan sedikit lebar dengan bahu dan bentuklah huruf “v” untukibu jari tanganmu, luruskan lengan, tangan di depan dengan mencondongkan bahu.Ketiga, bungkukkan kepala sehingga leher tidak tenang, pandangan mata ke lintasan sekitar 2 meter dari garis start. terakhir, yaitu jarak anatara garis kaki dengan start itu tergantuk jenis startnya.
  2. Start Jongkok untuk Aba-Aba Siap yaitu : pertama, menganggkat pinggul sampai tingginya melebihi bahu. Kedua, ringankan badan dengan memindah beratnya ke tangan. Ketiga, kepala merendah, rilekskan leher dan pandangan ke bawah sekitar 1-1,5 meter dari garis. Terakhir, luruskan lengan dan pusatkan perhatian bada bunyi aba-aba.
  3. Start Jongkok untuk Aba-Aba “Ya” pada Bunyi Peluit yaitu : pertama, ayunkan tangan dengan sekuat-kuatnya atau sekencang-kencangnya. Kedua, kaki kiri menolak dengan sekuat-kuatnya sampai terkejang lurus. Sedangkan kaki kanan melangkahkan dengan secepat mungkin.Ketiga, kuncurkan berat badan itu ke depan dan langsung melangkahkan lari yang semakin lama semakin cepat dan melebar.

2. Start dalam Perlombaan Lari Berdiri “Standing Start”

Start berdiri atau istilah lainnya yaitu stnading start ini merupakan teknik start yang dilakukan pada posisi awal berdiri. Start ini digunakan pada jarak lari jauh yaitu dengan nomor 800, 1500, 3000, 5000, dan 10.000 meter. Untuk cara melakukan teknik start lari dalam lari berdiri “standing start” ini yaitu:

  1. Berdirilah di garis start dengan kaki kiri berada di depan dengan lutut sedikit di tekuk. Sedangkan untuk kaki sebelah kanan otomatis berada di belakang dengan tumit diangkat. Sebaiknya juga jangan sampai terlalu jauh antara jarak kaki kanan dengan kaki kiri.
  2. Condongkan badan ke depan dengan leher, kepala dan juga punggung yang membentuk garis.
  3. Posisikan kedua tangan dengan normal dan arahkan berat badan ke kaki belakang dan luruskan pandanganmu hanya ke depan.

3. Start dalam Perlombaan Lari Melayang “Flying Start”

Start melayang atau yang daat disebut sebagai flying start ini yaitu salah satu jenis start dalam perlombaan lari yang biasanya digunakan dalam cabang olahraga lari sambung atau lari estafet.

Yang dalam artian start ini dilakukan oleh pelari ke-2, ke-3 dan juga ke-4 dalam perlombaan lari estafet. Start melayang ini juga dapat terjadi atau dilakukan pada saat akan menerima perpindahan tongkay dari pelari sebelumnya “estafet”.

Untuk cara melakukan dalam perlombaan lari melayang atau flying start ini yaitu:

  1. Posisi awala yaitu berdiri di garis start yang sudah ditentukan atau di sediakan.
  2. Ketika pelari sebelumnya akan memasuki garis start, maka lakukanlah lari dengan kecepatan sedang dengan sambil menjulurkan tangan ke belakang atau dengan teknik gaya estafet.

Leave a Comment

%d bloggers like this: