15

7+ Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

MANFAAT LARI PAGI – Olahraga yang paling banyak diminati oleh semua kalangan baik dari anak-anak sampai kaum lansia salah satunya adalah lari pagi. Lari pagi banyak digemari karena tidak butuh peralatan apapun dan bisa dilakukan dimana saja tanpa harus bingung memilih tempat.

Kegiatan lari pagi ini memang pas ketika dilakukan dipagi hari, dimana matahari yang belum naik dan suhu pun masih sangat sejuk.

Untuk itu kamu bisa meluangkan waktu di hari libur untuk lari pagi di sekitar lingkungan tempat tinggal, karena memang lari pagi ini sendiri punya banyak manfaat. Penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian telah dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia yang dilatih rutin untuk melakukan lari pagi. Dan hasilnya sangat memuaskan, mereka berhasil tidur 17 menit lebih cepat dari biasanya.

Selain itu mereka menyatakan bahwa setelah lari pagi mereka merasa tidur lebih nyenyak dimalam harinya. Untuk itu lari pagi bisa menjadi solusi yang cukup ampuh untuk para penderita insomnia.

Dan untuk seseorang yang sering terbangun ketika tidur, mungkin mulai besok bisa dicoba kegiatan lari pagi ini untuk menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan oleh pakar di swedia menemukan bahwa pelari rutin mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat. Bahkan mereka bisa terhindar dari penyakit flu hingga 18 persen dibanding mereka yang jarang atau tidak pernah melakukan kegiatan lari pagi.

Sebaiknya kita mulai rutin melakukan kegiatan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di musim pancaroba. Karena kuman dan virus akan berkembang semakin pesat, dan penyebaran penyakit akan semakin luas.

Untuk kamu yang sibuk bekerja mungkin lari pagi bisa dijadikan alternatif untuk pilihan olahraga. Jika kestabilan tubuh tetap terjaga maka pekerjaan yang kita jalani akan bebas hambatan, lalu kualitas pekerjaan pun otomatis akan meningkat.

3. Mengatasi hipertensi

Para pakar menyarankan untuk penderita hipertensi agar membiasakan melakukan kegiatan lari pagi. Karena dengan lari pagi, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Karena memang pada dasarnya untuk mengatasi hipertensi adalah dengan cara banyak mengkonsumsi beberapa sayur-sayuran yang telah dianjurkan, akan tetapi dengan melakukan lari pagi pun dapat melancarkan peredaran darah.

Dengan kata lain mengkonsumsi banyak sayuran dan diselingi dengan kegiatan lari pagi dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Akan tetapi banyak orang di indonesia yang menderita penyakit jantung, faktor utamanya adalah gaya hidup yang tidak sehat, makanan yang sembarangan, serta kebiasaan merokok yang tidak bisa dihindari.

Penelitian lain menyebutkan bahwa dengan lari pagi secara rutin dapat menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39 pesen.

Seain itu gangguan endapan koesterol pun akan berkurang hingga 34 persen. Karena lari pagi itu sendiri dapat melancarkan peredaran darah bagi yang rutin melakukannya, dan akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah seperti penyakit jantung, penyakit kolesterol, bahkan bisa menurunkan resiko obesitas.

5. Memperkuat otot

Selain untuk menigkatkan daya tahan tubuh, kegiatan lari pagi ternyata bisa menambah massa otot. Sehingga otot kita menjadi lebih kuat. Ha ini disebabkan karena pada saat brlari kita mengalami metabolisme yang lebih cepat dari biasanya. Sel-sel otot akan mengalami proses produksi yang cepat dan menggantikan sel lama dengan yang baru.

6. Menambah nafsu makan

Buat kamu yang sulit untuk menaikkan berat badan, mungkin bisa dicoba kegiatan lari pagi ini. karena semakin lama kamu berlari maka semakin besar energi yang dikeluarkan. Kemudian proses metabolisme akan semakin cepat, dan keinginan untuk makan pun akan besar.

Aktivitas fisik seperti lari pagi, membuat keadaan perut menjadi mudah lapar, akan tetapi makanan yang konsumsi pun tidak boleh sembarangan dan harus dengan porsi yang pas tidak berlebihan. Untuk orang yang sedang menjalani diet, mungkin cara ini tidak perlu dilakukan. Karena dapat mengagalkan progam yang sedang kamu jalani, yang akan sia-sia.

7. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang punya masalah dengan berat badan. Dan mereka akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan mulai dari diet yang cenderung menyiksa diri sendiri. Padahal lari pagi bisa dijadikan alternatif lain untuk menurunkan berat badan, dengan lari sejauh 1 mil saja kamu bisa membakar 100 kalori tubuh.

Dan jika dilakukan secara rutin, maka berat badan akan menjadi ideal dan lebih segar. Akan tetapi aku juga harus mengatur pola makan agar tetap seimbang, sehingga proses menurunkan berat badan pun akan sukses.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply