3 Minuman Yang Sering Dianjurkan Sebelum Berolahraga

MINUMAN SEBELUM OLAHRAGA – Kamu suka berolahraga? Tapi bingung memilih asupan yang baik sebelum olahraga? Sebelum berolahraga kita butuh asupan yang bergizi untuk mengisi energi dan membangkitkan semangat dalam melakukan kegiatan tersebut.

Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak mengeahui asupan yang pas sebelum berolahraga. Yang tidak terlalu mengenyangkan, akan tetapi bisa menghasilkan energi yang banyak. Dan yang pasti harus simple.

Karena kebanyakan orang melakukan kegiatan olahraga dipagi hari, dan tentu saja akan sangat mereptkan apabila membuat makanan atau minuman yang membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu saya akan memberikan beberapa rekomendasi asupan yang cocok sekali untuk kamu sebelum mulai berolahraga.

1. Cokelat.

Pada zaman dahulu cokelat hanya boleh dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Akan tetapi sekarang semua kalangan bisa menikmatinya. Selain itu kamu bisa mengkreasikan cokelat dalam berbagai olahan seperti makanan, minuman, bahkan penguat rasa.

Rasa cokelat yang sangat khas menjadi pemikat sendiri bagi penggemarnya. Dan untuk kamu yang ingin berolahraga, olahan cokelat cukup untuk memenuhi asupan tubuh ketika kamu sedang berolahraga.

Cokelat sendiri mengandung beberapa alkaloid yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh, selain itu kandungan anti oksidannya dapat mengurangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Olahan yang mengandung bahan cokelat seperti susu cokelat banyak mengandung karbohidrat dan protein.

Dimana keduanya sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan energi untuk berolahraga. Salah satu perusahaan susu melakukan penelitian yang melibatkan 9 pesepeda dan diminta untuk meminum salah satu dari susu cokelat gatorade (minuman elektrolit pengganti cairan tubuh) atau endurox (minuman pengganti karbohidrat).

Dan hasiknya yang meminum susu cokelat dapat bersepeda 50 persen lebih lama dan lebih jauh, dari pada yang meminum endurox seperti peminum gatorade. Susu cokelat sendiri sangat mudah ditemui dimanapun dengan berbagai merk yang ada di pasaran.

2. Kopi.

Kopi adalah minuman hasil seduhan dari biji kopi yang telah dihaluskan. Para peneliti berusaha keras untuk menemukan faktor energi yang terdapat di dalam kopi. Dan hasilnya kopi boleh dikonsumsi sebelum berolahraga dengan catatan olahraga yang dilakukan tidak boleh lebih dari 2 jam.

Selain membuat badan menjadi segar, meminum kopi sebelum berolahraga mampu mencegah nyeri otot dan meminum kopi itu sendiri bisa mengurangi rasa nyeri hingga 48 persen.

Manfaat lain dari meminum kopi adalah melancarkan sirkulasi darah hingga 30 pesen. Selain itu kandungan kafein yang ada di dalam kopi bisa membuat pikiran menjadi rileks dan membuat badan menjadi semakin betenaga.

Hal ini akan membantu kerja otot dan tulang, selanjutnya olahrga pun menjadi semakin bersemangat hingga hasil yang diperoleh pun akan baik.

3. Madu.

Madu adalah cairan yang bertekstur kental dan mempunyai rasa manis. Pada umumnya madu dihasilkan dari lebah, dan beberapa serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis itu sendiri berasal dari unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang terkandung di dalam madu itu sendiri.

Proses pembuatan madu itu sendiri dilakukan oleh lebah dengan mengubah sakarida menjadi madu dengan proses menguyah berkali-kali sampai setengah tercerna. Setelah dikunyah sakarida ini masih berbentuk cair, maka proses selanjutnya adalah penguapan dengan cara sebanyak mungkin air dan transformasi dengan enzim.

Sebenarnya tujuan lebah membuat madu ialah sebagai cadangan sumber makanan dikala musim dingin. Dan mereka akan mengambil madu sebagai sumber energi.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa olahan yang mengandung karbohidrat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Untuk kamu yang ingin berolahraga dalam jangka panjang, madu sangat baik untuk dikonsumsi.

Karena kandungan dula dan senyawa lainnya yang tinggi dapat membentuk karbohidrat yang begitu manfaat penghasil energi kamu.

Madu sendiri bisa dikreasikan dalam berbagai olahan, atau buat kamu yang tidak mempunyai waktu luang, madu bisa diminum langsung. Rasa madu yang manis membuat semua kalangan menyukainya, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Selain asupan makanan dan minuman yang bergizi, kegiatan olahraga perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena olahraga sendiri punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan melakukan olahraga secara teratur proses metabolisme di dalam tubuh akan tetap terjaga. Sehingga proses penyerapan nutrisi pun akan berjalan dengan lancar.

Banyak sekali jenis olahraga yang terdapat di indonesia. Mulai dari olahraga yang ringan sampai dengan olahraga yang berat, olahraga yang masih tradisional dengan olahraga yang sudah modern. Semua dapat kita pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang kita miliki.

Dan jangan pernah memaksakan diri dalam kegiatan olahraga ini, karena akan berakibat sangat fatal. Niat kita yang ingin menjalani hidup sehat, yang terjadi malah sebaliknya. Untuk itu olahraga perlu memperhatikan semua aspek mulai dari peralatan, tempat, sampai dengan waktu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: