Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya – Lengkap!

POSISI PEMAIN SEPAK BOLA – Materi dalam artikel kali ini yang akan kita bahasa bersama yaitu berbicara mengenai nama posisi pemain dalam sepak bola. Memang pada umumnya yang sering kita ketahui bahwasannya nama pemain ini kurang begitu kita sadari dan kita perhatikan lebih detail.

Karena kita hanya mengetahui di baju-baju para pemain sepak bola. Kita kurang mengetahui bahwasannya nama pemain sepak bola itu dalam menentukan posisi itu juga sudah ada pertimbangannya. Semua yang ada dalam permainan sepak bola ini pastinya ada peraturannya.

Jadi dari nama posisi pemain sepak bola juga begitu. Namun, sebelum kita bahas mengenai nama posisi pemain sepak bola, kita paparkan dengan singkat profil sejarah permainan sepak bola di bawah ini.

Definisi serta Sejarah Permainan Sepak Bola

permainan sepak bola
berolahraga.net

Olahraga sepak bola ini merupakan salah satu cabang olahraga yang paling fenomenal, yang paling banyak digemari oleh orang-orang, dan yang paling populer di seluruh Dunia.

Setiap ada jadwal pertandingan sepakbola, maka semua orang pastinya akan menunggu-nunggunya. Apalagi teknologi yang semakin canggih, seperti adanya televisi, media massa dan media-media lainnya yang selalu menginformasikan segala informasi khususnya mengenai olahraga yang satu ini.

Sejarah dalam permainan sepak bola ini yaitu dimulai pada abad ke-21 permainan ini sudah dimainkan oelh lebih dari 250 juta orang dari 200 jumlah negara di seluruh Dunia. Tujuan dalam permainan ini yaitu untuk mencetak goal, yang dimainkan oleh 11 (sebelas) orang pemain atau 2 (dua) tim.

Permainan ini dimainka di lapangan terbuka yang bentuk lapangannya yaitu berbentuk persegi panjang, di atas rumput yang sintesis ataupun yang asli. Dalam permainan ini tim yang berhasil mencetak goal dengan poin yang banyak maka tim tersebut dapat dikatakan sebagai pemenang dalam pertandingan sepak bola ini.

Peraturan dalam Sepak Bola

Setelah dipaparkan definisi serta sejarah permainan sepak bola yang secara singkat dijelaskan. Kali ini penulis akan memaparkan mengenai peraturan dalam sepak bola. Karena, sebelum membahas kepada pokok pembahasan, lebih baiknya kita bersama-sama mengetahui segala-galanya tentang olahraga sepak bola ini.

Dalam setiap cabang olahraga pastinya ada yang namanya peraturan. Jadi semua yang ada dalam kehidupan ini pastinya terdapat peraturan. Dan peraturan dalam olahraga ini diciptakan agar permainan dapat berjalan dengan baik dan juga tertib.

Peraturan menjadi batasan serta rem bagi para pemain supaya tidak melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan atau yang dapat membahayakan pemain-pemian lainnya dalam pertandingan.

Jadi peraturan-peraturan dalam sepakbola ini diresmikan oleh IFAB “International Football Association Board”. Peraturan yang sudah disepakati ini dibukukan dalam suatu pedoman yang disebut dengan “Laws of the Game”.
Peraturan Pemain Sepak Bola dalam Hal Jumlah Pemain.

Membahas mengenai peraturan pemain sepak bola dalam hal jumlah pemain. Jumlah pemain dalam permainan sepak bola tidak harus semena-mena atau asal-asalan untuk memainkan olahraga ini.

Maka dari itulah supaya tidak terlalu banyak dan juga terlalu sedikit, permainan sepak bola ini disepakati bahwa sepak bola ini dimainkan ole 2 (dua) tim. Dua tim ini masing-masing mempunyai anggota yang jumlahnya 11 (sebelas) orang pemain.

Dalam sebelas orang pemain tersebut juga sudah termasuk dalam keeper atau yang dapat disebut sebagai penjaga gawang.

Bagaimana jika kekurangan pemain ? jika dalam pertandingan sepak bola ini kekurangan pemain atau hanya terdapat 7 (tujuh) orang pemain, maka dalam permainan sepak bola ini tidak boleh dilanjutkan atau dimulai.

Atau jika terdapat pemain yang terkena kartu merah ataupun cidera yang jumlah kesemuanya itu terdapat 4 (empat) pemian, maka sama halnya dengan yang sudah dijelaskan tadi, permainan ini tidak dapat atau tidak bisa dimulai atau dilanjutkan. Karena semua ini sudah terdapat peraturannya yang sudah disepakti bersama-sama.

Selanjutnya pembahasan yang pada intinya, yaitu Nama Posisi Pemain Sepak Bola.

Ternyata dalam permainan sepak bola ini dalam pembagian posisi itu juga ada peraturannya, di sini akan dijelaskan 4 (empat) posisi pemain dalam sepak bola:

1. Posisi Penjaga Gawang (Goal-Keeper)

posisi penjaga gawang
m0.joe.co.uk

Pada permainan sepak bola ini, dijelaskan bahwasannya posisi penjaga gawang atau kiper ini selalu berada di barisan pertama, ia mempunyai posisi yang sangat istimewa yaitu ia selalu berada di gawang yang tugasnya menjaga bola agar tidak masuk ke gawang.

Penjaga gawang ini bisa menyentuh bola dengan tangan asalkan tidak berada di daerah penaltinya sendiri. Sebagai seorang kiper, ini dibutuhkan yang berbadan besar dan tinggi, yang memeiliki insting yang kuat, refleks, kecepatan yang tinggi dan yang terpenting bakat dalam menangkap bola untuk tidak masuk ke dalam gawang.

Ia juga harus bisa mempunyai tendangan yang kuat. Peran sebagai penjaga gawang yaitu, mampu menyelamatkan, mampu membersihkan, mampu memertahankan dan juga mampu mendistribusikan bola.

2. Posisi BEK (Pemain Bertahan “Defender”)

pemain bertahan
berolahraga.net

Pemian ini juga dapat disebut sebagai pemian belakang, dimana posisi pemain ini diletakkan di daerah belakang yang perannya membantu kiper untuk menjaga gawang.

Tugas dari pemain ini yaitu untuk menjaga dan melindungi kiper ketika menguasai bola, untuk mencegah serangan dari lawan serta memblok tembakan yang berasal dari pemain lawan. Pemain BEK ini harus mempunyai badan yang kuat, fit, pekerja keras dan juga mampu bergerak dengan cepat dalam mengantisipasi serangan dari lawan.

Terdapat macam-macam posisi BEK dalam permainan sepak bola : BEK Tengah “Center BEK”, BEK Sayap “Wing BEK”, dan Penyapu “Sweeper”.

3. Posisi Gelandangan (Midfielder)

pemain gelandang
berolahraga.net

Posisi ini merupakan posisi pemain tengah yang juga dapat disebut sebagai pemain yang diposisikan sebagai gelandangan. Yaitu posisi yang berada diantara para BEK dan juga para penyerang.

Tugasnya yaitu untuk menghubungkan antara BEK dan juga penyerang, yang mencegah dari serangan lawan agar tidak sampai pada ke depan.

Posisi pemain ini dikatakan juga sebagai posisi yang sangat menguras tenaga, karena jarak tempuh yang cukup jauh yang harus menghubungkan antara yang di belakang dan juga yang di depan.

Ada beberapa macam posisi gelandangan, yaitu “Gelandangan Bertahan (Defending-Midfielder), Gelandangan Tengah (Center- Midfielder), Gelandangan Serang (Attacking- Midfielder) dan Gelandangan Sayap (Winger- Midfielder)”.

4. Posisi Penyerang (Forward)

penyerang sepak bola
fcbarcelona.com

Posisi pemain yang terakhir yaitu posisi penyerang atau fordward. Yang mana posisi pemian dalam permainan sepak bola ini yaitu posisi yang paling dekat sekali dengan gawang tim lawan.

Sudah dapat dilihat dan diketahui bahwa tugasnya yaitu untuk mencetak goal, ia juga harus benar-benar bisa mengubah menjadi goal saat umpan yang diberikan oleg timnya.

Jadi tugasnya sudah tidak untuk meng-oper-oper bola kepada timnya, melainkan untuk tujuan utamanya yang dekat dengan gawang yaitu untuk mencetak goal. Maka dari itulah, posisi ini harus mempunyai teknik, kecepatakan, bakat, naluri yang kuat dan juga konsentrasi yang sangat tajam.

Hal-hala utama ini harus benar-benar diutamakan untuk tujuan utamanya yaitu mengubah menjadi goal. Terdapat macam-macam posisi penyerang “Forward” yaitu “Penyerang Tengah (Center Fordwar) dan juga Penyerang Sayap (Wing Fordward)”.

Dari penjelasan tersebutlah dikatakan bahwa setiap cabang olah raga pastinya terdapat peraturan-peraturan sendiri yang sudah disepakati supaya permainan dapat berjalan dengan baik.

Seperti halnya dengan peraturan posisi pemain sepak bola tersebut yang harus ditaati dan juga harus menjalankan peran tugasnya dengan baik supaya menjadi pemian yang handal dan profesional. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: