Macam-Macam dan Pengertian Lari Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian Lari – Lari menjadi jenis olahraga lari yang efektif membakar lemak dan sangat menyehatkan. Pengertian lari sendiri adalah menggerakan kedua kaki untuk melakukan gerakan berlari baik dalam tempo medium atau cepat, gerakannya lebih cepat dari berjalan.

Manfaat Lari ini dapat membuat Berbagai organ dalam tubuh dapat terpengaruh bila Anda sering melakukan olahraga ini. Jantung menjadi bagian organ dalam yang dapat menjadi lebih sehat jika Anda rutin berlari. Kondisi jantung dapat lebih kuat dan mampu bekerja dengan optimal untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Tentu saja hal ini dapat mengurangi berbagai jenis resiko penyakit mematikan yang berkaitan dengan jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, kondisi jantung lemah dan secara umum dapat membantu pencegahan berbagai penyakit.

Sejatinya, olahraga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk seluruh bagian di tubuh Anda. Oleh karena itu, jika ingin hidup dan panjang umur maka sangat disarankan untuk selalu menggerakan tubuh dengan berolahraga.

Pengertian lari yang merupakan aktivitas menggerkan kaki untuk berlari dengan cepat ternyata bisa menjadi solusi bagi kegemukan atau obesitas. Bukan hanya organ dalam saja yang bisa merasakan manfaatnya tapi juga tubuh yang menjadi lebih langsing.

Bagi orang-orang yang tengah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, lari bisa dijajal sebagai metode menurunkan berat badan yang sangat efektif. Banyak orang yang telah mencobanya dan berhasil terlihat lebih mempesona dengan ukuran tubuh yang lebih kecil.

Lari dapat membaka lemak dengan cepat. Saat Anda berlari tubuh mengeluarkan lemak melalui kulit berupa keringat. Keringat yang mengucur secara perlahan akan membuat lemak dalam tubu berkurang dan otomatis Anda menjadi lebih langsing.

Biasanya, apabila Anda rutin berlari paling tidak 3 kali dalam seminggu, maka bisa terlihat hasilnya setelah 1 bulan melakukan aktivitas ini. Ada banyak jenis-jenis lari yang, biasanya tergantung dari jarak dan teknik yang digunakan. Dalam kesempatan kali ini mari ketahui lebih jauh tentang jenis-jenis lari.

Pengertian Lari untuk Masing-Masing Jenis

jenis jenis lari
greatist.com

Fakta menunjukkan bahwa lari adalah cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi cabang olahraga, lari bahkan sudah dilakukan orang-orang sejak peradaban kuno karena pengertian lari sendiri bisa diartikan sebagai insting alamiah dari manusia untuk mempertahankan diri, apalagi saat dalam situasi yang berbahaya.

Secara resmi ada beberapa jenis lari yang diperlombakan. Masing-masing memiliki teknik yang berbeda-beda. Berikut ini pengetian lari yang harus Anda tahu agar semakin memahami secara menyeluruh tentang olahraga lari.


  1. Lari Jarak Pendek Atau Sprint


    lari sprint jarak pendek
    satuharapan.com

    Pengertian lari jarak pendek adalah cabang perlombaan lari dimana para peserta harus berlari dengan kekuatan penuh hingga dapat berlari secepat mungkin dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Jarah yang ditempuh biasanya mulai dari 100 meter, 200 meter hingga 400 meter.

    Pada jenis lari ini, pelari dituntut untuk dapat memaksimalkan kekuatannya karena hanya menempuh jarak yang pendek. Saat berlari, start yang dilakukan sangat menentukan. Biasanya orang yang menjadi atlet pada cabang lari jarak pendek akan memiliki tempo yang sangat cepat saat berlari.

    Kecepatan dimaksimalkan sejak awal berlari hingga mencapai finish. Jarak yang pendek membuat pelari harus mengeluarkan tenaga mereka. Berbeda halnya dengan pelari jarak jauh yang justru harus menyimpan tenaga karena ada jarak panjang yang harus ditempuh. Para pelari yang menekuni cabang olahraga lari jarak pendek disebut dengan sprinter.


  2. Lari Jarak Menengah


    lari jarak menengah
    dikatama.com

    Jenis lari yang selanjutnya adalah lari jarak menengah, dari namanya tentu saja Anda sudah dapat menebak pengertian lari jenis ini. Lari jarak menengah menempuh jarah antara 800 meter hingga 1500 meter. Ada sedikit perbedaan dengan lari jarak pendek, terutama saat dari cara kaki menapak.

    Dalam lari jarak menangah, gaya menapak kaki disebut dengan istilah ball-hell-ball yaitu gerakan menapakkan kaki yang bertumpu pada ujung tumit dan menolakkan tapakan dengan ujung kaki. Untuk posisi strat dilakukan dengan posisi berdiri.

    Dalam lari pada jarak menengah ini, gerakan kaki dilakukan sewajarnya saja, panjang langkah tidak perlu dipaksakan sejak awal, hanya saat menjelang garis finish saja. Tidak perlu juga mengeluarkan tenaga sejak awal berlari karena bisa kehabisan nafas dan kelelahan jika tenaga dikeluarkan sejak awal.

    Maksimalkan tenaga justru saat menjelang garis finish, di sini harus benar-benar lari sekuat tenaga agar bisa menjuarai perlombaan.


  3. Lari Jarak Jauh atau Marathon


    lari maraton
    runners.es

    Marathon menjadi salah satu olahraga lari yang sedang naik daun. Olahraga ini semakin sering diadakan dan peminatnya juga selalu bertambah. Marathon menjadi olahraga favorit banyak orang karena dapat menantang adrenalin para pesertanya.

    Jarak tempuh yang jauh sering kali membuat banyak orang penasaran walaupun pada akhirnya selalu finish dengan rasa letih luar biasa. Biasanya jarak marathon dimulai dari 3 km, 5 km, hingga 10 km. Sehingga pengertian lari jarak jauh sering disebut juga dengan marathon.

    Sementara ada juga lari cross country yang jaraknya lebih jauh lagi. Kedua jenis lari jarak jauh tersebut dilakukan di luar stadion, kecuali hanya saat strat dan finish saja. Mental dan fisik yang kuat adalah modal utama dalam melakukan lari jarak jauh.

    Jangan melakukannya tanpa pernah berlatih lari sebelumnya. Dalam lari jarak jauh, Anda diharuskan menempuh jarak ribuan meter.

    Jika fisik dan mental tidak kuat ada bahaya yang menanti, bisa saja dehidrasi hebat, kelelahan, pingsan bahkan kondisi terburuk adalah meninggal karena serangan jantung. Oleh karena itu, perhatikan kondisi tubuh sebelum mulai berlaga.


  4. Lari Sambung atau Estafet


    pengertian lari estafet
    masfikr.com

    Sejak masih anak-anak, lari estafet sering dipraktekan saat sedang pelajaran olahraga. Tentu saja jenis lari ini menjadi cukup populer. Untuk pengertian lari estafet adalah lari sambung yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu group secara bersamaan.

    Ini merupakan salah satu cabang atletik yang dilakukan secara bergantian. Dalam satu regu pelari biasanya ada empat orang pelari. Teknis melakukannya adalah semua pelari menempatkan posisi dalam lintasan masing-masing.

    Kemudian pelari pertama akan lari secepat mungkin dan memberikan tongkat pada pelari kedua dan selanjutnya hingga pelari terakhir mencapai finish. Ada sebuah area yang memiliki zona 20 meter, dimana pergantian pelari dan penyerahan tongkat hanya dapat dilakukan di dalam zona tersebut.

    Jika tidak, maka otomatis regu yang melanggar akan langsung didiskualifikasi. Nomor lari estafet yang diperlombakan biasanya memiliki jarak 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter.

    Itulah empat jenis lari yang paling dikenal oleh masyarakat dan yang paling banyak diperlombakan. Masing-masing jenis memiliki pengertian lari yang berbeda-beda. Jarak tempuh lari menjadi standar penyebutan untuk setiap jenis lari. Tentunya teknik yang digunakan memiliki perbedaan.

    Soal strategi juga harus berbeda antara lari jarak pendek dan lari jarah jauh. Hal penting sebelum melakukan perlombaan lari adalah melakukan latihan as much as possible, latihan akan membuat perlombaan berjalan lancar dan mengurangi resiko buruk yang mungkin saja terjadi. Intinya practices make perfect!

Demikian tadi penjelasan mengenai Pengertian Lari dan Jenis-Jenisnya, semoga apa yang sudah kita pelajari kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Cukup sekian dan terima kasih. Salah Olahraga!

Leave a Comment

%d bloggers like this: