1
191

10+ Peraturan dalam Permainan Bola Basket Terbaru

Setiap cabang olahraga, pastinya mempunyai peraturan-peraturan tersendiri supaya dalam menjalankan permainan tersebut dapat sesuai dengan tujuan yang baik. Jika tidak mempunyai peraturan maka permainan ini bisa-bisa akan di sepelehkan atau tidak akan berjalan dengan baik.

Untuk peraturan yang dirumuskan untuk melaksanakan suatu permainan basket ini sudah tercantum dalam buku panduan bola basket.

Buku panduan ini juga sudah dirumuskan oleh FIBA “Federasi Bola Basket Internasional” yang menjelaskan bahwa dalam menjalankan pertandingan atau bermain bola basket harus sesuaiatau harus berdasarkan panduan yang sudah disepakati dan dibuat ini.

Peraturan bola basket ini juga sudah pernah dijelaskan di sejarah permainan bola basket, yang menyatakan bahwa pada saat itu bola basket ini masih dimainkan di ruangan yang tertutup dan dianggap terlalu keras dan kurang cocok.

Maka dari itulah menurut sejarah perkembangannya, permainan bola basket ini diciptakan dengan beberapa peraturan atau teknik dalam permainannya.

Peraturan tersebut yaitu menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggangan olahraga dan meminta para siswanya untuk memulai memainkan permainan yang diciptakan itu.

Kemudian Dr. James Naismith “orang yang menciptakan permainan bola basket” ini langsung mempunyai ide untuk segera menuliskan atau membuat peraturan untuk permainan bola basket tersebut, menuliskan beberapa peraturan untuk cara bermainnya, jumlah pemain bola basket dan juga teknik-teknik lainnya.

bola basketnya yang bewarna oranye, dan cara untuk memainkannya yaitu dengan sistem Dribbling. Semua itu sudah dipaparkan atau dijelaskan olehnya secara baik di setiap peraturan tertulisnya yang sampai saat ini peraturan tersebut telah disepakati dan dimainkan dengan baik. untuk penejlasannya yang secara akan dipaparkan di bawah ini:

Peraturan Dalam Permainan Bola Basket

pelanggaran dalam permainan basket

minitokyo.net

Disini akan dijelaskan beberapa peraturan dalam permainan bola basket, yaitu terdapat 10 (sepuluh) jenis pelanggaran yang ada dalam permainan bola basket yang akan dijelaskan di bawah ini:

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Lebar Lapangan

Untuk peraturan yang pertama yaitu mengenai lebar lapangan. Karena sebelum menjelaskan secara detailnya, kita harus tau dulu dasar-dasarnya seperti tentang lapangan yang akan digunakan dalam bermain bola basket ini.

Lapangan bola basket sendiri memiliki dua ukuran standar yang umumnya digunakan, yaitu ukuran lapangan yang dirumuskan oleh NBA “National BasketBall Association” dan juga ukuran lapangan yang dirumuskan oleh FIBA.

Untuk ukuran lapangan yang dirumuskan oleh NBA yaitu biasanya berukuran panjangnya 2,85 meter dan lebarnya 15 meter. Untuk ukuran lapangan ini biasanya digunakan dalam pertandingan bola basket di liga Amerika.

Berbeda dengan ukuran lapangan FIBA, untuk ukuran lapangan ini yaitu berukuran panjang 26 meter dan lebarnya yaitu 14 meter. Ukuran yang lebih kecil dari ukuran lapangan NBA karena ukuran lapangan FIBA ini biasanya digunakan dalam pertandingan tingkat internasional.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Jumlah Pemain

Untuk selanjutnya yaitu mengenai jumlah pemain dalam permainan bola basket. Dalam permainan ini terdapat dua tim yaitu dalam setiap timnya terdapat 5 (lima) orang per timnya. Untuk jumlah pemain cadangannya juga boleh 5 (lima) juga dengan skenario terparah ada 5 atlet utama yang harus digantikan secara keseluruhan fungsinya.

Kemudian tidak hanya jumlah pemainnya saja, disitu pastinya juga ada wasit. Untuk jumlah wasit dalam permainan ini yaitu ada 2 (dua) orang. Wasit ini mempunyai nama masing-masing, yaitu wasit yang pertama dengan nama Referee dan wasit yang kedua yaitu Umpire.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Waktu Permainan

Untuk lama waktu yang digunakan dalam permainan ini yaitu terdapat jenis-jenisnya juga. Yang telah diatur oleh NBA dan juga FIBA, untuk waktu yang disepakati oleh FIBA yaitu lama waktunya dalam bermain bola basket ini yaitu (4 x 10) menit.

Sedangkan menurut NBA sendiri yaitu menggunakan aturan main waktu (4 x 12) menit dimana waktu yang digunakan lebih banyak dibandingkan FIBA.

Untuk sesi jeda antar babak itu akan diberikan waktu 10 menit, dengan demikian rata-rata dalam pertandingan bola basket ini berjalan selama 80 menit sampai dengan 90 menitan itu tergantung dengan kondisi permainannya.

Dan semisal terjadi skor yang sama maka akan ditambah waktu lagi atau perpanjangan waktu sampai ada selisih skor yang dibutuhkan “khusus di detik-detik terakhir”.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran 3 Second Violation

Apa sih peraturan 3 second violation ini ? yaitu pelanggaran dengan lama waktu 3 detik, dimana pelanggaran ini dilakukan oleh pemain yang berada dalam daerah tembakan bebas.

Yang dimaksukan dengan, apabila terdapat pemain bola basket yang berada di wilayah atau daerah tembakan bebas tersebut maka akan mendapatkan peringatan pelanggaran dengan kerugian untuk lawan main.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran Back Ball atau Back Court

Peraturan pelanggaran Back Ball atau Back Court ini merupakan peraturan yang menjelaskan mengenai pemain yang membawa bola basket yang dikendalikan ke daerah pertahanan melalui garis tengah. Dimana pemain telah melanggar peraturan bahwa membawa bola melalui garis tengah itu tidak dibolehkan.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran Travelling atau Walking

Pelanggaran ini merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bola basket yang membawa bola basket tidak dengan menggunakan metode Dribble. Atau tidak mendribble pada jarak perpindahan lebih dari dua langkah. Karena jika tidak menggunakan dribble dapat dikatakn sebagai bermain bola biasa karena tidak ada bedanya.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran Double

Yaitu peraturan yang dilanggar karena pemain bola basket telah mendribble secara dua kali. Karena kembali melakukan dribble maka pelanggaran ini disebut dengan pelanggaran double dribble atau dribble.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran Personal Foul

Yaitu pelanggaran yang dilakukan oleh pemain yang melanggar pemain lainnya dengan berbagai cara. Maka dari itulah disebut sebagai pelanggran personal foul. Cara-cara tersebut disebutkan yaitu dengan berbagai gerakan. Gerakan hold “manahan” push “mendorong” reaching “menarik” dan juga illegal blocking “menghalangi secara ilegal”.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran Technical Foul

Artinya pelanggaran yang dilakukan oleh pemain yang bersembunyi atau mengumpat kepada ke pemain lain, penonton, ataupun wasit maka akan diberikan peringatan mengenai pelanggaran technical foul.

Dimana pemain ini telah melanggar hal-hal teknis seperti menjaga pertandingan aman dan tidak menyakiti orang lain dengan tindakannya. Dan siapapun yang telah melakukan pelanggaran ini akan mendapatkan hukuman yang sangat besar yaitu dengan dikeluarkan dari pertandingan yang sedang berlangsung.

Peraturan Bermain Bola Basket Berdasarkan Pelanggaran Unsportsmanlike Foul

Pelanggaran ini merupakan jenis pelanggaran yang sangat tidak etis yang mempunayai niatan untuk menyakiti lawan pemainnya.

Yaitu misalnya, ketika ada seorang pemain yang dengan sengaja mengarahkan tangganya untuk memukul wajah lawan mainnya yang mempunyai niatan untuk membuat lawannya cidera dengan luka parah. Maka pelanggaran ini disebut pelanggaran yang tidak etis atau Unsportsmanlike Foul.

Adanya peraturan di dalam permainan bola basket ini supaya dapat dijalankan dengan baik dan jangan sampai melakukan pelanggaran. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply