Peraturan Permainan Bola Voli Lengkap (Terbaru)

PERATURAN PERMAINAN BOLA VOLI – Berbicara mengenai olahraga, setiap permainan olahraga pastinya terdapat peraturan-peraturan yang harus dijalankan dan di sepakati oleh semua pemain bahkan wasit atau yang berhubungan langsung dengan permainan bola voli tersebut.

Peraturan ini merupakan hasil dari kesepekatan bersama dan sudah menjadi pertimbangan musyawarah bersama. Maka dari itulah peraturan itu sampai saat ini dijalankan dalam permainan ini. Jika tidak ada peraturan yang dibuat maka, akan pasti permainan bola voli ini berantakan atau tidak sesuai dan akan se-enaknya saja.

Maka dari itulah pentingnya peraturan itu diterapkan, supaya dalam permainan olahraga khussnya bola voli ini bisa dimainkan dengan baik dan benar sesuai dengan pearturan atau kesepakan yang berlaku.

Dengan demikian tidak hanya peraturan dalam olahraga bola voli saja, namun disemua olahraga pastinya mempunyai peraturan-peraturan sendiri, dan peraturan-peraturan antara satu jenis olahraga dengan jenis olahraga lain tidaklah sama. Oleh karena itu langsung saja kita pelajari apa saja peraturan dalam permainan bola voli itu?

Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah bola voli
dikatama.com

Sebelum membahas peraturan dalam permainan bola voli, terlebih dahulu kita harus tahu sejarah permainan bola voli itu sendiri. Supaya kita semua megatahui sejarah dalam permainan bola voli itu seperti apa.

Bola voli sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Dalam satu tim itu terdiri dari 6 (enam) orang anggota inti dan adapun beberapa pemain cadangan.

Itu merupakan jenis permainan bola voli pada umumnya yang dilaksanakan dalam jenis permainan bola voli Lapangan. Ternyata dalam permainan bola voli itu juga terdapat jenis permainan yang dilakukan di Pantai, yang peraturannya dilaksanakan dengan jumlah pemain dua tim dengan jumlah masing-masing 4 (empat) orang.

Permainan bola voli ini sudah mencakup ke dalam standar nasional dan juga internasional. Untuk standar nasional sendiri permainan bola voli ini dinaungi oleh cabang PBVSI “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia” dengan demikian memang di khususkan dalam cakupan nasional yang contohnya yaitu Indonesia.

Sedangkan dalam cakupan standar internasional, olahraga bola voli ini di naungi oleh FIVB “Federation Internationale De Volleyball” yang umum pada lingkup internasional.

Bola voli ini dulunya bukan bernama bola voli “Volleyball” namun ada sejarahnya sehingga sampai saat ini dinamakan dengan bola voli. Jadi pada saat itu permainan bola voli tidak langsung bernama dengan sebutan bola voli “Volleyball” namun awalnya bernama “Mintonette” yang digagas oleh William G. Morgan.

Ternyata juga permainan bola voli ini kombinasi dari empat permainan besar yang dijadikan satu sebutan menjadi bola voli, ke-empat permainan itu adalah “Bola Basket, baseball. Tenis, dan Bola Tangan (HandBall). Permainan bola voli ini yang dulu bernama “Mintonette” ini lahir pada tanggal 09 Februari 1895 di Amerika Serikat.

Siapakah William G. Morgan ini? Dia merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau “Director of Phycal Education” di YMCA. Apa itu YMCA sendiri?

YMCA adalah singkatan dari “Young Men’s Cristian Association” yang merupakan sebuah organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran umat Agama Kristen kepada para pemuda. Yang kegunaan didirikannya organisasi ini juga yaitu untuk menyediakan berbagai fasilitas untuk anak-anak muda, seperti halnya dengan pendidikan luar sekolah, fasilitas olahraga dan juga penginapan.

Terus kapankah permainan “Mintonette” ini berubah menjadi Volleyball atau bola voli? Permainan “Mintonette” ini berubah menjadi Volleyball atau bola voli ini yaitu pada tahun 1896 yang pada saat itulah dilakukan dalam demonstrasi pertandingan yang pertama diadakan di YMCA Training school itu.

Penjelasan Peraturan Permainan Bola Voli

peraturan bola voli
berolahraga.net

Setelah mengetahui sejarah pertandingan bola voli di atas, langsung saja kita membahas secara singkat namun jelas mengenai bagaimana peraturan bola voli itu diciptakan. Peraturan permainan bola voli ini pertama kali dipaparkan oleh William G. Morgan sebagai seorang yang pertama kali juga menciptakan permainan bola voli ini.

Pada tahun 1896, dia diundang oleh Dr. Luther Halsey Gulick untuk mendemonstrasikan permainan Volleyball yang baru saja dia ciptakan dalam sebuah konferensi di stadion kampus YMCA “Young Men’s Cristian Association” yang baru.

Dr. Luther Gulick ini sendiri merupakan seorang Director of the Professional Physical Education Training School, ia juga merupakan Executive director of Departement of Physical Education of the International Committee of YMCA “Young Men’s Cristian Association”.

Dalam konferensi itu, William G. Morgan ini menjelaskan beberapa peraturan dalam memainkan Volleyball ini. Yaitu pada saat itu dia membawa dua (2) tim sekaligus, dalam satu tim terdiri dari lima (5) orang anggota masing-masing.

Dia juga menjelaskan bahwasannya permainan yang dia ciptakan ini bisa dimainkan di dalam atau di luar ruangan sekaligus. Permainan ini juga sebenarnya tidak ada batasan dalam jumlah pemain, jadi permainan ini juga bisa dimainkan oleh banyak orang pemain.

Pada awal itu William G. Morgan membuat jaring dengan tinggi 1,98 meter yang dipasang di tengah-tengah Lapangan. Jaring itu bernama dengan net. Dia juga mengukur Lapangan dengan ukuran sebesar 7,6 meter x 15,2 meter.

Permainan yang dibuatnya ini juga terdapat durasinya, yaitu dengan setiap pertandingan ini terdiri dari 9 (sembilan) sesi dengan 3 (tiga) kali servis yang dilakukan oleh masing-masing tim pemain di setiap sesinya.

Servis? Apa itu servis? Service yaitu pukulan bola voli yang dilakukan dengan melewati net ke area yang kosong di daerah tim lawan.

Atau juga bisa dikatakan sebagai pukulan yang diarahkan kepada tim lawan yang terlihat lemah sehingga tidak bisa diolah oleh pemain lawan tersebut sehingga juga tim yang melakukan pukulan tersebut akan mendapatkan poin. Jadi bagi seorang pemula dalam bermain bola voli, teknik dasar yang pertama yaitu mempelajari teknik “service”.

Bergantinya Peraturan dalam Permainan Bola Voli

pergantian pemain
ilmusejarah.com

Dengan bergantinya zaman, peraturan dalam bola voli ini pun juga berganti atau mengalami perubahan dalam setiap aturan permainannya. Namun dalam perubahan peraturan bola voli ini tidak begitu berubah banyak melainkan berubah sedikit.

Dalam permainan bola voli ini menggunakan 4 (empat) teknik dasar, yaitu terdiri dari Service, Passing, smash dan Blocking. Untuk teknik smash sendiri ini mulai diperkenalkan pada tahun 1916. Pada tahun 1920 diciptakan peraturan 3 (tiga) kali sentuhan dan skor akhir yang berubah dari semula 15 (lima belas) poin berubah menjadi 21 (dua puluh satu) poin.

Kemudian pada tahun 1900 permainan bola voli ini merambat ke Kanada, selain di Amerika. Serta pada tahun 1947 dibentuklah FIVB “Federation Internationale de Volleyball” yang menaungi dalam standar internasional.

Maka pada tahun 1949 saat itulah kejuaraan bola voli dalam lingkup Dunia itu diselenggarakan 2 (dua) tahun setelahnya.

Peraturan-peraturan bola voli di atas merupakan peraturan yang dibuat oleh pencipta permainan bola voli tersebut, yaitu william G. Morgan. Hingga saat ini juga permainan ini masih sangat di gemari oleh semua orang khususnya pada atlet-atlet bola voli ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: