Peraturan Permainan Bulu Tangkis

peraturan bulu tangkis

PERMAINAN BULU TANGKIS – Seperti yang kita ketahui bersama, setiap pertandingan olahraga tentu memiliki peraturan permainannya masing-masing, tak terkecuali olahraga Bulu Tangkis. Olahraga yang satu ini belakangan makin digemari di Indonesia.

Telebih, setelah Indonesia menjadi tuan rumah di ajang olahraga Asian Games 2018, Bulu Tangkis Indonesia berhasil tampil memukau di beberapa kategori.

Meski sudah lama menjadi olahraga favorit masyarakat Indonesia, sejak perhelatan Asian Games 2018 Bulu Tangkis semakin digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, Bulu Tangkis kerap menjadi olahraga yang diikutsertakan dalam berbagai perayaan, misalnya 17 Agustusan.

Banyak juga masyarakat yang tadinya masih awam akan olahraga ini, jadi mulai ikut serta bermain.

Namun demikian, rupanya masih banyak yang belum begitu paham mengenai teknik dan peraturan permainan Bulu Tangkis dengan benar.

Padahal, dalam permainan Bulu Tangkis, ada beberapa peraturan yang wajib dipahami yang menentukan masuk atau tidaknya poin untuk tim atau lawan.

Karenanya, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi singkat mengenai peraturan permainan Bulu Tangkis yang penting diketahui pemain.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui

peraturan permainan badminton

mldspot.com

Peraturan permainan Bulu Tangkis ditetapkan oleh Induk organisasi Bulu Tangkis Internasional IBF atau yang kini berganti nama menjadi BWF (Badminton World Federation). Ada dua kategori tunggal dan ganda dalam Bulu Tangkis.

Masing-masing peraturan permainan Bulu Tangkis tunggal dan ganda adalah berbeda. Untuk itu, mari simak penjelasan singkatnya dan temukan perbedaannya.

Baca Juga: Sejarah Bulu Tangkis di Dunia dan Indonesia

Peraturan Pertandingan Tunggal

1. Sebelum pertandingan dimulai, pihak yang melakukan servis pertama kali telah ditentukan berdasarkan persetujuan wasit pula.

2. Pemain akan melakukan atau menerima servis dari bidang servis kanan hanya bila nilai pelaku servis 0 atau angka genap setelah pertandingan (2, 4, 6, dan seterusnya). Sedangkan, penerima atau pelaku servis dari bidang servis kiri dilakuakn jika nilai pelaku servis merupakan angka ganjil (1, 3, 5, dan seterusnya).

3. Kedua pemain yang bertanding akan mengubah bidang servis dari tempat masing-masing mereka berdiri, setiap kali sebuah angka dihasilkan dalam setiap pertandingan.

Peraturan Pertandingan Ganda

Beberapa peraturan pertandingan ganda adalah sebagai berikut;

1. Sebelum pertandingan dimulai, pihak yang melakukan servis pertama kali telah ditentukan dan penentuannya disaksikan oleh wasit pula.

2. Pemain di bidang servis kanan akan memulai pukulan servis kea rah lawan yang berdiri secara diagonal di hadapannya.

  Cabang Olahraga Atletik Beserta Penjelasannya Lengkap

3. Hanya pemain yang berdiri diagonal dihadapan pelaku servislah yang dapat menerima shuttlecock. Jika terjadi kesalahan, misalnya shuttlecock hasil servis tersentuh atau dipukul oleh pemain pasangannya yang tidak berhadapan secara diagonal dengan pelaku servis, maka tim pelaku servislah yang mendapatkan angka.

4. Pukulan servis yang pertama dilakukan selalu dimulai dari bidang servis kanan.

Peraturan Penilaian

Terdapat beberapa peraturan permainan Bulu Tangkis perihal penilaian yang beberapa mungkin sudah banyak diketahui, antara lain:

1. Dalam permainan Bulu Tangkis, baik tunggal maupun ganda, penilaian terdiri atas 21 angka. Namun, jika terdapat angka yang sama mendekati angka penilaian, maka harus ditambah 2 poin. Misalnya, kedua belah pihak mendapatkan angka yang sama, yaitu 20-20, maka selisih poinnya harus 2.

Contohnya, Anda mendapatkan angka 21 terlabih dahulu dan lawan Anda mendapat angka 20, Anda belum dinyatakan menang. Untuk menjadi pemenang, jika angka Anda 22 dan lawan 20. Angka maksimal setiap game adalah 30.

Untuk itu, khusus permainan yang mencapai angka 29-29, maka pemain yang keluar sebagai pemenang adalah yang terlebih dulu mencapai angka 30

2. Baik nomor tunggal ataupun ganda, pertandingan Bulu Tangkis terdiri dari 2 set. Jika tim Anda memenangkan 2 set secara langsung, maka Anda tidak membutuhkan tambahan set dan sudah jelas keluar sebagai pemenang.

Namun, jika Anda menang pada set pertama dan kalah pada set kedua, maka ada tambahan satu set lagi sebagai penentuan pemenang pertandingan. Inilah yang dinamakan rubber game.

Peraturan Pemain

Servis dalam Bulu Tangkis juga memiliki peraturan yang wajib dipatuhi. Terkadang, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan pemain ketika melakuakn servis.

Kesalahan yang dilakukan pemain yang berada pada sisi dalam lapangan atau pemain yang ditunjuk sebagai pelaku servis, bisa menggagalkan servis yang dilakukannya dan akan menambah poin bagi tim lawan.

Sedangkan, jika kesalahan dilakukan oleh pemain yang tang berada di sisi luar area servis atau sisi lapangan yang menerima servis, maka poin akan didapatkan bagi pelaku servis.

Nah, kesalahan yang sering dilakukan pada saat servis, di antaranya: Posisi shuttlecock saat disentuh raket berada di atas ketinggian pinggang pekau servis, shuttlecock jatuh ke bidang yang salah, dan kaki pelaku servis tidak berada pada bidang servisnya.

Itulah beberapa peraturan permainan Bulu Tangkis lengkap yang bisa menjadi informasi bagi pemain awam.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Add Comment