Yuk! Ketahui Peraturan Tenis Meja Terbaru 2018 [Lengkap]

Peraturan Tenis Meja – Ada banyak olahraga yang dapat kita tekuni. Ada banyak kelompok olahraga yang dapat dilakukan. Ada olahraga yang mengharuskan kita bermain dengan lawan atau berbentuk permainan, ada pula olahraga yang dapat kita lakukan sendiri.

Bicara mengenai olahraga permainan, ada satu jenis olahraga yang sangat menarik untuk dilakukan. Olahraga tersebut adalah olahraga tenis meja. Dibandingkan dengan olahraga badminton atau tenis, tenis meja memang masih kalah pamor.

Namun, olahraga jenis ini memiliki cukup banyak peminat. Terbukti dengan banyaknya orang yang memiliki meja tenis sendiri agar dapat menikmati olahraga tenis meja saat ada waktu luang bersama keluarga. Dalam melakukan olahraga jenis ini, peraturan tentunya sangat penting untuk diketahui.

Ada beberapa peraturan tenis meja yang menjadi dasar dalam pengambilan skor dan berbagai hal lainnya. Agar Anda dapat melakukan permainan tenis meja dengan benar, mari kita pelajari peraturan apa saja yang harus kita patuhi dalam permainan tenis meja ini.

Bola – Peraturan Tenis Meja

bola ping pong
mitrakesehatan.com

Peraturan tenis meja yang harus kita ketahui pertama kali adalah masalah bola. Bola yang harus digunakan untuk permainan ini memiliki standar ukuran. Kita mungkin sudah tahu bentuk bola ping pong atau bola tennis yang ada. Bentuknya sudah pasti bulat.

Adapun diameter bola tersebut yaitu 40 mm. Tidak hanya diameternya saja yang harus sesuai, berat bola pun juga harus sesuai. Berat bola tenis meja standar adalah 2,7 g. Bila yang digunakan terbuat dari plastik atau selulosa yan tidak mengkilap dengan warna khas orange dan putih.

Net – Peraturan Tenis Meja

net tenis meja
alicdn.com

Peraturan tenis meja yang kedua berkaitan dengan net. Panjang dan ukuran net sampai dengan penjepit dan tiang penjaga net harus dibuat dengan standar yang sesuai. Net terpasang pada tiang penyangga yang dipasang dengan perpanjangan dari sisi meja sepanjang 15,25 cm.

Tinggi net juga tidak boleh lebih dari 15,25 cm. Net yang terpasang pada meja tenis haruslah rapat atau menyentuh dasar meja, jangan sampai ada gap atau net mengambang dari meja.

Meja – Peraturan Tenis Meja

tenis meja
ytimg.com

Peraturan tenis meja yang ketiga berkaitan dengan meja. Meja yang digunakan untuk permainan ini juga memiliki ukuran standar yang harus dipatuhi. Adapun panjang meja adalah 2,74 m sedangkan lebarnya adalah 1,525 m. Adapun tinggi meja yang harus dipakai adalah 76 cm dari lantai.

Bahan yang digunakan untuk membuat meja tenis standar adalah bahan yang dapat membuat pantulan bola setinggi 23 cm saat pemain menjatuhkan bolanya pada ketinggian 30 cm. Warna meja harus gelap dengan garis pembatas berwarna putih selebar 2 cm.

Bet – Peraturan Tenis Meja

bet tenis
satujam.com

Peraturan tenis meja yang keempat adalah mengenai bet. Bet adalah alat pemukul yang digunakan untuk mengendalikan bola pada permainan tenis meja. Bet atau raket juga memiliki standar khusus. Standar yang pertama adalah dari segi bahan.

Bahan yang digunakan haruslah kayu sebanyak 85% selebihnya dapat menggunakan serat karbon untuk membuat bet menjadi lebih kuat. Ditambah juga serat kaca dan kertas padat untuk membuat bet kokoh.

Sisi daun raket yang digunakan untuk menerima bola harus dilapisi karet yang licin. Ketebalan karet pelapis tersebut tidak boleh lebih dari 2 mm untuk penggunaan tanpa spons dan 4 mm jika menggunakan spons.

Pengembalian Bola serta Tata Cara Servis

cara servis
cbsistatic.com

Teknik servis dan pengembalian bola menjadi salah satu peraturan tenis meja yang wajib Anda ketahui. Adapun cara servis serta menerima bola yang benar diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Servis dilakukan dengan bola berada di tengah telapak tangan dalam kondisi diam. Bola tenis meja dilambungkan ke atas dengan posisi vertikal.
  2. Bola dilambungkan tanpa putaran dengan ketinggian 16 cm kemudian di pukul setelah bola turun tanpa menyentuh meja terlebih dahulu.
  3. Dalam melakukan servis, bola harus terlihat oleh penerima bola.
  4. Jika servis tidak dilakukan dengan benar, pelaku servis dapat menerima peringatan dari pembantu wasit atau wasit.
  5. Pada saat mengembalikan bola servis, bola harus sudah melewati net dan sudah menyentuh meja satu kali.

Urut-urutan permainan Tenis Meja

Tenis meja dapat dilakukan tunggal ataupun ganda. Untuk permainan ganda, pengembalian bola haruslah dilakukan dengan sistem giliran. Setelah servis, penerima bola akan menerima bila.

Setelah itu, pasangan pelaku servis lah yang menerima bola selanjutnya. Untuk pelaku permainan dengan kebutuhan khusus, peraturan pengecualian pun dapat diterapkan.

Satu Let Permainan Tenis Meja

satu let
playrsclub.com

Hal yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah peraturan tenis meja mengenai satu let. Saat kita melakukan reli panjang dalam sebuah permainan tenis meja, maka, reli akan dinyatakan sebagai let dengan syarat sebagai berikut.

  1. Ketika bola melewati net dan menyentuh net pada saat melewatinya kemudian bola masuk atau diterima oleh pemain lawan.
  2. Servis dilakukan saat pemain penerima belum siap menerima bola.
  3. Wasit menghentikan permainan.
  4. Tidak dapat mengembalikan bola servis atau gagal melakukan servis.
  5. Bola memantuh dan mengarah pada net.

Satu Set Pertandingan

Seperti halnya pertandingan tenis dan bulu tangkis, tenis meja juga memiliki peraturan pencapaian poinnya sendiri. Pertandingan dikatakan sebagai satu set setelah salah satu pemain dapat mencapai 11 poin pada suatu permainan dengan selisih poin dengan lawan adalah 2 poin.

Jika selisih masih satu poin, maka permainan harus dilanjutkan sampai salah satu pemain mencapai selisih 2 poin.

Penentuan Urutan Servis dan Tempat

Penentuan urutan servis dan tempat pada peraturan tenis meja dilakukan dengan sistem undian. Untuk permainan ganda, siapa yang akan melakukan servis dan akan menerima bola pada pasangan tersebut harus sudah ditentukan terlebih dahulu.

Untuk permainan ganda, pemain perlu melakukan pertukaran pemain jika salah satu pemain sudah mencapai poin 5.

Poin – Peraturan Tenis Meja

poin tenis
amazon.com

Nah, kini kita masuk pada peraturan tenis meja yang paling banyak ditanyakan yaitu mengenai poin. Adapun poin dapat diperoleh jika pemain mengalami hal sebagai berikut.

  1. Bola melayang melalui meja tanpa memantul terlebih dahulu.
  2. Lawan sudah menyentuh bola tetapi bola tidak dapat dikembalikan.
  3. Lawan tidak bisa melakukan pengembalian bola yang sesuai.
  4. Servis tidak sempurna yang dilakukan oleh lawan sehingga bola tidak melewati net atau melewati net namun tidak memantul di meja.
  5. Lawan melakukan pemukulan bola dengan sisi daun raket yang tidak memiliki pelapis karet.
  6. Lawan melakukan pemukulan bola lebih dari satu kali sebelum bola melewati net.
  7. Lawan melakukan gerakan yang menyentuh net.
  8. Lawan melakukan gerakan yang membuat permukaan meja bergerak.
  9. Pemukulan bola yang tidak sesuai urutan pada permainan ganda lawan.
  10. Lawan menyentuh bagian meja dengan tangan yang tidak memegang raket.

Nah, itu tadi peraturan tenis meja yang harus Anda ketahui agar Anda dapat melakukan tenis meja dengan baik dan benar. Jangan sampai Anda terlewat ya! Salam olahraga!

Leave a Comment

%d bloggers like this: