Pokok Peraturan Perlombaan Lari Gawang

perlombaan lari gawang

Perlombaan Lari Gawang – Lari gawang merupakan salah satu nomor lari yang masih dalam cabang olahraga atletik. Lari gawang ini dilakukan dengan cara berlari di lintasan dengan melewati rintangan. Jarak yang terdapat dalam olahraga lari gawang ini adalah 110 meter untuk putra, sedangkan 100 meter untuk putri, serta 400 meter untuk putra ataupun putri.

Di dalam melaksanakan perlombaan lari gawang ini terdapat beberapa peraturan yang tentu harus kita patuhi selaku peserta lari gawang. Dan berikut ini beberapa peraturan permainan atau perlombaan lari gawang:

Berada di lintasan

Pelari akan diberikan lintasan serta rintangannya masing-masing. Oleh sebab itu, salah satu peraturan penting yang terdapat di perlombaan lari gawang yakni pelari harus selalu/tetap berlari dalam lintasannya masing-masing. Pelari yang sengaja atau tidak sengaja keluar dari lintasannya akan dianggap gugur.

Melompati gawang

Persis dengan namanya, peserta wajib melompati gawang saat akan melewati rintangan yang terdapat di lintasannya. Apabila peserta tersebut secara sengaja atau tidak sengaja menyentuh ataupun menjatuhkan gawang dgn salah satu bagian tubuhnya, secara otomati tindakan tersebut dianggap sebagai suatu pelanggaran.

Maka dari itu setiap peserta diharuskan untuk melewati rintangan dengan cara melompat di atasnya.

Kaki berada di bidang horizontal gawang

Peraturan lainnya yang harus diperhatikan juga oleh setiap peserta dalam perlombaan lari gawang ini adalah melakukan lompatan dgn tidak melewati bagian bidang horizontal atas gawang.

Oleh sebab itu apabila terdapat peserta yang melompat dengan kaki yang terlalu ditarik keluar sampai-sampai melewati batas horizontal gawang tersebut akan dianggap sebagai suatu pelanggaran.

Melewati 10 gawang

Dalam permaianan atau perlombaan lari gawang ini baik di jarak 110 meter, 100 meter, ataupun 400 meter dilakukan dgn melewati 10 gawang yang telah disediakan. Setiap pelari yang tidak dapat melewati salah satu dari gawang tersebut maka dianggap gugur.

  Lari Jarak Pendek (Sprint): Pengertian, Pengetahuan dan Teknik

Dan untuk lari gawang 110 meter putra, gawang yang dipakai mempunyai ketinggian 1,067 meter, sedangkan untuk lari gawang putri di jarak 100 meter menggunakan gawang dgn ketinggian 0,84 meter.

Sedangkan untuk lari gawang 400 meter putra, ketinggiannyapun berada pada 0,914 meter dan juga 0,762 meter untuk pelari gawang putri.

Tidak mengganggu pelari lain

Sama halnya dengan peraturan yang terdapat pada nomor lari lainnya, di dalam lari gawang, setiap peserta dilarang melakukan hal yang bisa mengganggu konsentrasi dari pelari lain.

Perbuatan mengeluarkan kalimat kotor atau penghinaan, menarik baju, menjega, menendang, ataupun perbuatan lainnya akan dianggap sebagai suatu pelanggaran dan peserta lari gawang tersebuat dianggap gugur dalam pertandingan.

Itu tadi beberapa peraturan yang ada di dalam perlombaan lari gawang yang perlu kita ketahui. Untuk lebih membiasakan diri kita dengan adanya peraturan tersebut, maka rajinlah dan rutinlah berlatih agar meminimalkan kesalahan dalam perlombaan menjadi semakin kecil.

Baca juga artikel kami sebelumnya mengenai lari zig zag yang bagus untuk tubuh kita.

Add Comment