berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Teknik Dasar dan Peraturan Permainan Bola Tangan

2 min read

Permainan bola tangan merupakan olahraga permainan bola yang dilakukan oleh dua regu. Setiap tim atau regu terdiri dari 11 pemain. Memainkannya adalah dengan menggiring dan melempar bola menggunakan tangan.

Setiap regu akan memperoleh nilai atau skor jika berhasil memasukan bola ke gawang lawan. Menggunakan lapangan berbentuk persegi panjang dengan ketentuan berikut.

1. Panjang lapangan berukuran 90 meter sampai 110 meter yang menjadi garis samping.
2. Lebar lapangan berukuran 55 meter sampai 65 meter dan disebut garis belakang.
3. Lebar dan tinggi gawang berukuran 7,32 meter dan 2,44 meter.

Teknik Permainan Bola Tangan

permainan bola tanga
pixabay.com

Teknik permainan ini terdiri dari teknik dasar menangkap bola atau passing, teknik menggiring, dan teknik menembak atau shooting. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Teknik dasar lempar tangkap bola atau passing terdiri dari dua macam yaitu dengan dua tangan dan satu tangan.

1. Passing dua tangan

Passing dengan dua tangan dapat dilakukan untuk menangkap operan setinggi dada. Selain itu, ada juga passing dua tangan untuk operan atas kepala, operan pantulan, operan ayunan bawah, dan operan yang bergulir di tanah.

2. Passing satu tangan

Untuk teknik passing dengan satu tangan terdiri dari operan lompat, operan samping, dan operan belakang.

Sejarah permainan bola tangan yang merupakan perpaduan dari cabang olahraga sepak bola dan bola basket, membuat permainan ini memiliki gerakan dribble atau memantulkan bola.

Sementara untuk teknik menggiring bola atau dribble adalah cara membawa bola yang dilakukan dengan memantulkan bola menggunakan satu atau dua tangan. Atlet diperbolehkan melakukan teknik menggiring bola seperti melakukan dribble pada olahraga basket.

Kegunaan dari menggiring bola ini adalah untuk memperlambat tempo permainan, menerobos pertahanan lawan, dan mencari peluang untuk menyerang.

Baca Juga: Cara dan Aturan Permainan Bola Voli Mini

Teknik Dasar Shooting Bola

Satu lagi ada teknik dasar menembak atau shooting. Teknik yang dilakukan oleh pemain untuk bisa memasukan bola ke gawang lawan. Gerakan shooting terdiri dari beberapa teknik yang disesuaikan dengan posisi badan.

  • Standing shoot atau gerakan shooting dengan posisi berdiri saat menembak.
  • Flying shoot yaitu teknik shooting atau menembak dengan sikap melayang.
  • Dive shoot yaitu teknik shooting dengan menjatuhkan badan ke depan pada saat melakukan tembakan.
  • Reverse shoot menjadi teknik yang cukup keren yaitu menembak sambil membalikkan badan.

Permainan bola tangan adalah gabungan dari dua cabang olahraga yaitu olahraga bola basket dan sepak bola sehingga ketentuannya juga memadukan aturan-aturan dari olahraga tersebut.

  21 Peraturan Permainan Sepak Bola Terbaru yang Harus Kamu Tahu

Peraturan Permainan Bola Tangan

Atlet bola tangan harus mengikuti aturan atau ketentuan dalam memainkan olahraga ini, dan ketentuannya adalah sebagai berikut.

1. Aturan umum bermain

Pemain dapat melakukan gerakan seperti menghentikan, menangkap, melempar, dan menyentuh bola dengan tangan, paha, badan, lutut, dan kepala. Aturan dalam membawa bola adalah maksimal tiga langkah dan setelahnya bola harus dipantulkan atau dilempar ke pemain lain. Pemain hanya diperbolehkan menahan bola selama 3 detik.

2. Aturan bermain di daerah gawang

Pemain yang menyerang di daerah gawang dan melakukan pelanggaran hukumannya adalah lemparan bebas. Pemain bertahan memasuki daerah gawang akan mendapat hukuman lemparan 14 m.

Bola yang berada di daerah gawang adalah hak pejaga gawang yang bebas bergerak di daerah gawangnya. Untuk mengembalikan bola ke daerah gawang aturannya adalah boleh membawa bola sambil berjalan, boleh menahan bola lebih dari 3 detik, boleh melempar bola ke arah gawang, dan jika bola keluar, maka dilakukan lemparan sudut.

3. Aturan bermain untuk penjaga gawang

Aturan untuk pejaga gawang, baik pada permainan bola tangan untuk anak SD maupun pada permainan profesional adalah tidak boleh membawa bola keluar daerah gawang.

Penjaga gawang boleh melempar bola dengan cara apa saja, tetapi tidak boleh menahan bola selama lebih dari 3 detik. Penjaga gawang diperbolehkan membawa bola dengan berjalan selama berada di daerah gawang.

Peraturan Umum Permainan Bola Tangan

Sementara untuk ketentuan olahraga ini sendiri mengatur lamanya permainan, pelanggaran, dan sah tidaknya gol. Berikut adalah penjelasannya.

1. Terjadinya gol

Gol terjadi apabila gol permainan dimulai dari titik atau tempat lemparan permulaan. Gol sah dan masuk nilai hanya jika seluruh bagian bola telah melewati garis gawang.

2. Terjadinya pelanggaran offside

Sama seperti olahraga sepak bola, permainan yang satu ini juga ada pelanggaran yang disebut offside. Pelanggaran tersebut terjadi apabila regu penyerang sedang menguasai bola di daerah offside dengan lebih dari 6 pemain.

Permainan juga dikatakan offside jika regu bertahan menguasai bola dan 7 pemain termasuk penjaga gawang berada di daerah offside.

3. Lamanya permainan

Waktu permainan bola tangan terbagi dalam dua ketentuan, yakni untuk putra dan putri. Permainan untuk regu putra adalah 2×30 menit dengan 10 menit istirahat atau 2×20 menit tanpa istirahat.

Sedangkan untuk permainan antara regu putri adalah 2×20 menit dengan 10 menit istirahat atau 2×15 menit tanpa waktu istirahat.
Demikian beberapa ketentuan permainan bola tangan dan cara atau teknik memainkannya.

Permainan Bola Tangan

berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *