posisi pemain bola voly

Macam-Macam Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya [Lengkap]

Posisi Pemain Bola Voli – Jadi setelah beberapa waktu, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi mengenai posisi pemain bola voli beserta tugasnya. Sehingga untuk kita yang gemar dengan olah raga bola voli akan lebih faham lagi mengenai posisi dan juga tugas dari masing-masing pemain bola voli.

Berikut ini adalah Posisi sertaTugas Pemain dalam permainan Bola Voli:

Pengumpan (Tosser / Setter / Set-Upper)

pengumpan
volleywood.net

Pengumpan merupakan pemain bola voli yang memiliki tugas sebagai pemain yang pengatur jalannya serangan di dalam suatu tim bola voli. Jadi Tosser itu pada umumnya dia akan mengumpan ataupun mengoper bola kepada rekan di timnya dengan menggunakan berbagai variasi umpan.

Sehingga nantinya lawan akan terkecoh dan tidak dapat melakukan serangan dikarenakan variasi umpan yang tadi dilakukan. Seorang tosser harus bisa menguasai bermacam-macam teknik, diantaranya seperti blocking maupuan smash yang nantinya dapat memudahkannya dan timnya dalam melawan/menghalau serangan lawan.

Pemukul (Spiker / Smasher)

pemukul
walldevil.com

Kita tahu karena sesuai dengan namanya, jadi Smasher itu adalah pemain bola voli yang memiliki tugas untuk melakukan pukulan ataupun smash bola kepada lawan, sehingga nantinya bisa menghasilkan poin ataupun nilai untuk tim.

Menjadi seorang smasher haruslah mempunyai kemampuan yang bisa melakukan serangan seperti halnya pukulan smash yang bagus. Dikarenakan posisinya yang berada paling depan, maka Smasher dituntut untuk menjadi seorang yang piawai di dalam melakukan pertahanan di depan.

Terutama melakukan blocking. Jadi, untuk keberhasilan tim, Smasher mempunyai peran ganda, yakni sebagai “algojo” penyerang serta juga sebagai “benteng” pertahanan.

Pembendung (Blocker)

blocker bola voli
ytimg.com

Untuk posisi pemain yang berada di depan juga bertanggung jawab secara penuh terhadap serangan yang dilakukan oleh lawan. Mereka harus berusaha sekuat tenanga dalam menutup ruang gerak dari lawan di daerah serang. Nah, dengan adanya blocker, diharapkan pertahanan tim bisa lebih kokoh dikarenakan serangan lawan dapat dibendung ataupun dihalang-halangi.

Defender

defender bola voli
volleyballmag.com

Defender atau bisa disebut dengan Cover (Penutup) merupakan pemain yang tak melakukan bendungan, akan tetapi ia bertugas untuk menutup daerah yang dikosong bendungan. Seorang Cover memiliki tugas yang khusus guna mempertahankan lini belakang dari ancaman serangan yang dilakukan oleh lawan.

Pemain bertahan yang satu ini diharuskan mempunyai kekuatan serta kemampuan teknik passing yang baik. Pada posisi inilah yang memegang peran penting di dalam hal pertahanan. Oleh sebab itu, menjadi seorang defender tak boleh maju ke garis depan untuk melakukan smash atau blocking.

Defender juga merupakan seorang pemain bola voli yang memiliki untuk bertahan serta menerima serangan dari lawan. Untuk itu seorang defender haruslah tangguh serta memiliki fisik yang prima.

Libero

libero bola voli
fivb.org

Libero merupakan pemain bola voli yang memiliki untuk menerima ataupun menahan serangan-serangan yang dilakukan oleh lawan. Dikarenakan peran seorang libero ini adalah menahan ataupun menerima bola dari lawan dengan cara menggunakan passing.

Baik itu passing atas maupun passing bawah, maka orang yang berperan menjadi seorang Libero harus menguasai teknik passing diatas rata-rata. Dan pemain libero ini bebas keluar masuk, tetapi tak boleh melakukan smash maupun melakukan blocking.

Menjadi seorang libero juga harus mempunyai kemampuan dalam hal melihat arah gerak bola (membaca bola) serta mengantisipasi gerakan tipu yang hendak dilakukan oleh lawan.

Server

service bola voli
randomc.net

Server merupakan posisi dimana pemain bola voli melakukan servis di dalam lapangan. Dan setelah melakukan servis, maka secara otomatis pemain tersebut merangkah untuk menjadi pemain belakang dalam membantu pertahanan.

Jadi Itulah tadi, Penjelasan mengenai Posisi pemamain bola voli beserta tugasnya yang kami bahas secara singkat dan jelas. Semoga pembahasan bola voli ini dapat menjadi ilmu tambahan bagi kita. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: