Renang Gaya Dada

teknik renang gaya dada

Renang gaya dada memiliki gerakan yang mirip dengan cara berenang katak. Teknik renang gaya dada menggunakan gerakan tangan dan kaki yang dilebarkan untuk mendorong. Teknik ini biasanya digunakan hanya untuk tujuan bersenang-senang karena memang gerakannya yang termasuk santai.

Setiap 2 atau 3 kali gerakan tangan, perenang dapat mengambil napas melalui mulut. Pada teknik ini penting untuk mengatur posisi kepala dan badan dengan benar agar dapat berenang lebih efisien.

Selain itu, mengetahui posisi dan gerakan yang benar juga dapat melindungi dari cedera terutama bagian leher. Gerakan yang ada dalam renang gaya dada antara lain sebagai berikut.

Renang Gaya Dada yang Benar

teknik renang gaya dada

voanews.com

Mengetahui teknik renang berikut dapat membantu sebelum mencoba praktik renang gaya dada.

1. Teknik meluncur

Gerakan start untuk teknik renang gaya dada dapat dimulai dari batas atau pinggiran kolam. Tempel telapak kaki kiri atau kaki kanan pada dinding kolam. Badan sedikit membungkuk sehingga kepala lebih dekat dengan permukaan air.

Posisi tangan adalah lurus ke arah depan dan mengapit dua daun telinga. Dorong tubuh dengan menghentakkan kaki yang menempel di dinding kolam. Posisi tangan, badan, dan kaki usahakan lurus dan sejajar permukaan air. Biarkan tubuh meluncur di air dan jaga keseimbangan badan.

2. Teknik gerakan kaki

Pada saat kehabisan daya dorong, kaki dapat mulai digerakkan agar dapat tetap melaju. Kaki menjadi salah satu sumber dorongan pada saat melakukan teknik renang gaya dada. Kaki yang lurus kemudian sedikit ditekuk untuk bersiap melakukan gerakan.

Lebarkan kaki mulai dari bagian lutut hingga ujung jari kaki sehingga kaki kanan dan kaki kiri terpisah. Buat lecutan dengan kaki, arah gerakannya adalah melebar kemudian ditarik ke depan dan dorong dengan kaki bagian bawah.

Ulangi gerakan tersebut hingga menjadi gerakan yang sempurna. Pada awal latihan mungkin akan sedikit ribet dengan gerakan kaki teknik gaya dada ini.

3. Teknik gerakan tangan

Setelah berlatih gerakan kaki, selanjutnya adalah mempelajari gerakan tangan. Teknik renang gaya dada sangat perlu memperhatikan gerakan tangan untuk menjaga keseimbangan badan di dalam air. Gerakan tangan juga diperlukan untuk membantu mengangkat kepala ke atas permukaan air untuk bernapas.

  Renang Gaya Kupu-kupu

Pada saat meluncur, posisi tangan adalah lurus ke depan dan rapat. Kemudian saat mulai lambat, maka dapat dilanjutkan dengan menggerakan kaki agar tetap melaju. Saat posisi kaki berada dekat dengan tubuh atau saat di tekuk, rentangkan tangan dengan arah telapak tangan keluar.

Jadi bagian telapak tangan yang akan menjadi pendorong agar tubuh tetap bisa melaju. Gerakan tangan dan kaki untuk gaya dada memang berselang-seling, kaki ke arah depan dan tangan ke belakang.

Gerakan tersebut berulang-ulang sehingga tubuh terus mendapat dorongan secara bergantian dari kaki dan tangan. Bagi yang belum bisa berenang bisa menggunakan bantuan papan seluncur untuk berlatih gerakan tangan.

4. Teknik pengambilan napas

Olahraga air ini tidak hanya sebatas menggerakan tubuh di dalam air, tetapi juga mengatur cara atau teknik bernapas yang benar. Para pemula biasanya akan mudah cepat lelah karena teknik pengambilan napas yang kurang tepat.

Teknik renang gaya dada dan gaya renang pada umumnya selalu menggunakan mulut dan hidung untuk mengambil dan membuang napas. Pada renang gaya dada, pengambilan napas dilakukan melalui mulut saat kepala di atas permukaan air.

Kemudian napas dibuang melalui hidung pada saat kepala kembali masuk ke dalam air. Kepala dapat mendongak atau muncul ke permukaan hingga bagian mulut pada saat posisi tangan berada di depan atau sedang mendorong air. Perhatikan untuk tidak terlalu ke atas agar bagian badan hingga kaki tetap sejajar dengan permukaan air.

engambilan napas pada renang gaya dada dapat dilakukan setiap dua kali gerakan tangan atau sesuai kemampuan napas perenang.

Itulah beberapa gerakan yang terdapat dalam teknik renang gaya dada yang benar. Gerakan dalam breast stroke atau renang gaya dada ini pada dasarnya adalah menendang dan mendorong.

Kaki untuk menendang sehingga tubuh melaju dan tangan untuk menentukan arah lajunya. Dan jangan lupa untuk membaca teknik renang gaya bebas yang kita bahas kemarin.

Renang Gaya Dada

Add Comment