berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Renang Gaya Kupu-kupu

2 min read

teknik gaya kupu kupu

Teknik renang gaya kupu kupu digunakan untuk renang dengan posisi badan menghadap air. Teknik ini menjadi salah satu teknik renang dengan gerakan yang paling cepat. Gaya kupu-kupu atau renang gaya lumba-lumba dilakukan dengan gerakan yang menyerupai gerakan ikan.

Mulai dari gerakan tangan, gerakan kaki, hingga teknik pengambilan napasnya. Renang dengan gaya kupu-kupu menuntut kekuatan yang besar, apalagi dengan tangan dan kaki yang digerakkan secara bersamaan.

Koordinasi hidung dan mulut juga dibutuhkan untuk mendapatkan udara yang cukup. Berikut teknik dan gerakan selengkapnya untuk renang gaya kupu-kupu.

Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu

gerakan renang gaya kupu kupu
3.bp.blogspot.com

Gerakan renang dengan gaya kupu-kupu disebut sebagai yang paling baru. Diciptakan pada tahun 1933, gerakan renang gaya kupu-kupu terdiri dari beberapa teknik gerakan berikut.

1. Posisi tubuh

Kesempurnaan gerakan ditentukan oleh posisi tubuh yang benar. Posisi tubuh usahakan untuk sedatar mungkin dengan permukaan air. Teknik renang gaya kupu kupu sedikit berbeda dengan teknik start dilakukan di atas balok start. Tubuh sedikit bungkuk ke arah air dengan lutut juga sedikit ditekuk.

Pada saat masuk air atau mengambang, posisi tubuh adalah menelungkup. Mulai dari bagian kepala, pundak, sampai pinggang perlu sejajar di bawah permukaan air. Untuk mengurangi beban saat berenang, usahakan untuk bisa mengatur bagian badan sedekat mungkin dengan permukaan air.

Semakin dekat permukaan, maka hambatan atau bebannya akan semakin kecil. Hal tersebut dapat membantu mengemat tenaga dan mempercepat laju saat berenang.

2. Gerakan tangan

Tangan mulai digerakkan saat tubuh masuk ke air dengan gerakan yang sama seperti sedang menangkap sesuatu. Teknik gerakan tangan menangkap atau catch tersebut kemudian dilanjutkan dengan gerakan down sweep atau gerakan seperti meraih air.

Pergelangan tangan dan bagian siku sedikit ditekuk ke bawah. Selanjutnya adalah gerakan menarik atau in-sweep dengan tangan di dalam air dan dekat dengan tubuh. Setelah berada di bawah kepala, gerakan tangan dilanjutkan dengan up-sweep atau mendorong yaitu mengeluarkan lengan keluar permukaan air.

Gerakan tangan terakhir pada teknik renang gaya kupu kupu adalah pemulihan. Dilakukan pada saat setelah gerakan mendorong. Siku diangkat ke atas permukaan air dan memutar bagian sendi bahu untuk kembali ke gerakan awal dan seterusnya.

  Renang Gaya Dada

3. Gerakan kaki

Bagian pangkal kaki hingga ujung kaki sebaiknya dalam posisi lurus. Pada saat kaki melakukan gerakan, bagian lutut sedikit ditekuk. Cukup tekuk lutut sedikit agar kaki tidak terlalu masuk ke dalam air. Apabila kaki terlalu dalam, maka akan menambah beban pada bagian depan.

Untuk mendorong, gerakan kaki seperti menendang namun dengan dilakukan secara bersamaan. Gerakan kaki dengan keras terutama di bagian punggung kaki agar memperoleh dorongan yang lebih besar. Setelah melakukan gerakan menendang, kaki kembali ke posisi lurus.

Lakukan gerakan kaki tersebut dan kembali ke awal. Teknik renang gaya kupu kupu juga mengandalkan kekuatan kaki untuk laju yang lebih cepat. Pada saat kaki masuk ke air, gerakan kaki mencambuk seperti saat kaki akan bergerak ke atas. Jadi untuk gaya kupu-kupu, ada dua jenis cambukan kaki yakni ke atas dan ke bawah.

4. Pengambilan napas

Posisi kepala harus tepat dengan dikeluarkan dari air hingga bagian mulut di atas permukaan air. Gerakan tersebut dilakukan untuk dapat mengambil napas dengan lebih mudah. Kepala keluar permukaan air untuk mengambil napas pada teknik renang gaya kupu kupu dengan koordinasi antara hidung dan mulut.

Pengambilan napas dengan mulut dilakukan setelah kepala keluar air atau setiap tangan melakukan gerakan tarikan atau in sweep. Setelah mengambil napas dari mulut, kepala harus ditundukkan untuk kembali masuk ke dalam air.

Lakukan gerakan kepala seperti itu dengan tetap menjaga keseimbangan posisi tubuh agar sedatar mungkin dengan permukaan air. Perhatikan juga untuk tidak mengangkat kepala terlalu atas sehingga akan lebih cepat untuk kembali ke dalam air. Gunakan hidung pada saat masuk ke air untuk mengeluarkan napas.

Itulah beberapa gerakan yang termasuk dalam teknik renang gaya kupu kupu. Melakukan latihan teknik gerakan koordinasi dapat dilakukan agar bisa menguasai renang gaya kupu-kupu. Dan jangan lupa untuk belajar teknik renang gaya bebas dan renang gaya dada.

Renang Gaya Kupu-kupu

berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Renang Gaya Punggung

berolahraga
2 min read

Renang Gaya Dada

berolahraga
2 min read

Renang Gaya Bebas

berolahraga
2 min read

Macam-Macam Gaya Renang

berolahraga
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *