Renang Gaya Punggung

Teknik renang gaya punggung memiliki gerakan yang hampir sama seperti gaya bebas. Perbedaannya adalah pada posisi tubuh yang memunggungi atau membelakangi permukaan air. Kaki dan tangan melakukan gerakan mengayuh secara bergantian.

Posisi tubuh yang telentang adalah ciri utama dari renang gaya punggung. Posisi tersebut membuat mulut dan hidung berada di luar air. Perenang pun akan lebih mudah untuk mengambil dan membuat napas, baik dengan mulut maupun hidung.

Pandangan hanya ke bagian atas sehingga untuk perlombaan perenang akan memperkirakan jarak dinding kolam melalui jumlah gerakan tangan. Berikut informasi selengkapnya untuk renang gaya punggung dan teknik gerakannya.

Gerakan Renang Gaya Punggung

renang gaya punggung

wikihow.com

Teknik renang ini sudah dikenal sejak zaman dulu dan pertama kali ikut dilombakan pada tahun 1990 di Olimpiade Paris. Tekniknya terdiri dari gerakan-gerakan sebagai berikut.

1. Gerakan badan

Gerakan untuk badan pada teknik renang gaya punggung adalah diam. Posisinya telentang di permukaan air dengan bagian wajah di luar air. Telinga sedikit masuk ke air dan bagian leher harus dengan posisi yang nyaman atau rileks. Pandangan harus tetap lurus ke atas selama berenang.

Untuk bagian panggul usahakan lurus atau tidak menekuk dan membuat sudut. Latihan gerakan renang gaya punggung dapat dimulai dengan berlatih mengapung.

Latihan gerakan seperti orang yang sedang tidur di air tersebut dapat menggunakan bantuan pelampung untuk tangan. Jika menggunakan pelatih atau teman, tubuh bagian belakang perut adalah yang dipegang tanpa perlu menggerakan tangan maupun kaki.

2. Gerakan tangan

Gerakan yang perlu dilatih untuk teknik renang gaya punggung adalah gerakan tangan. Renang gaya punggung terdiri dari tiga jenis gerakan tangan, yaitu gerakan menarik, mendorong, dan istirahat. Bagian bahu bergerak ke atas bawah sama seperti renang gaya bebas tetapi dengan arah ke luar.

Gerakan menarik atau pull dimulai dengan posisi tangan lurus di belakang ke pala. Siku sedikit ditekuk dan kemudian ditarik dengan lengan. Selanjutnya adalah gerakan push atau dorongan pada tangan. Gerakan tersebut dilakukan pada saat lengan berada di dalam air dan akan keluar ke permukaan air.

  Renang Gaya Dada

Gerakan tangan kemudian dilanjutkan dengan recovery atau istirahat. Pada saat tangan sudah keluar di atas permukaan air, gerakan tangan lebih rileks untuk persiapan kembali ke gerakan pull atau penarikan.

3. Gerakan kaki

Teknik renang gaya punggung tidak terlalu banyak gerakan untuk kaki. Kaki digunakan untuk mengapung dengan sedikit menggerakan bagian tungkai secara bergantian, tungkai kanan dan kemudian tungkai kiri. Sedikit perbedaan dengan gaya bebas, pada gaya punggung gerakan kaki lebih lebar.

Gerakan kaki bisa disesuaikan dengan tangan, namun juga bisa sesuai dengan masing-masing individu. Kekuatan kaki juga dibutuhkan untuk membantu dorongan tangan ke air agar melaju. Lutut kaki sebaiknya tetap di dalam air pada saat kaki melakukan gerakan pukulan.

Kaki digerakkan dengan cara yang cukup cepat bertujuan untuk arah renang agar tidak melenceng atau berbelok. Pada saat melakukan gerakan, kaki maupun tangan tidak boleh kaku. Lakukan gerakan dengan rileks agar berhasil dengan renang gaya punggung.

4. Latihan napas

Pengambilan napas untuk teknik renang gaya punggung bisa dikatakan adalah yang paling mudah dibandingkan dengan teknik yang lain. Namun hal tersebut bukan berarti pengambilan napas dapat dilakukan dengan seenaknya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Walaupun berada di luar air, wajah tetap akan terkena percikan air yang bisa mengganggu pernapasan apalagi untuk pengambilan napas dari hidung. Jika akan mengambil napas melalui hidung, sebaiknya dilakukan pada saat kedua tangan berada di dalam air.

Pada renang gaya punggung terdapat posisi saat kedua tangan berada di dalam posisi horizontal. Satu tangan yang akan keluar dan tangan lain yang baru masuk ke dalam air. Pengaturan napas sebaiknya juga menggunakan bantuan mulut untuk bisa menghemat tenaga tetapi cukup mendapat banyak oksigen.

Itulah beberapa gerakan yang ada dalam teknik renang gaya punggung. Bagi yang belum bisa, maka bisa memulai latihan dasar seperti latihan ayunan kaki darat, bersandar di tepian kolam, dan latihan ayunan tangan dan kaki dengan pelampung. Dan jangan lupa mempelajari teknik renang gaya kupu-kupu.

Renang Gaya Punggung

Add Comment