SEJARAH OLAHRAGA – Olahraga penting untuk membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Ada berbagai macam cabang olahraga yang ada di Indonesia mulai dari atletik, senam, dan masih banyak lagi lainnya. Olahraga yang ada di Indonesia tersebut ada sejarahnya, sehingga penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahuinya.

Dengan mengetahui sejarahnya tersebut masyarakat Indonesia akan semakin cinta dengan olahraga.

Pra Sejarah

Sejarah olahraga Indonesia dimulai dengan zaman pra sejarah. Pada zaman tersebut sebenarnya masyarakat Indonesia ini sudah tahu olahraga hanya saja tidak sama dengan saat modern seperti saat ini.

Pada zaman dahulu fungsi utama dari olahraga digunakan sebagai aktivitas untuk bertahan hidup dari berbagai macam gangguan dan ganasnya lingkungan kala itu. Pada zaman dahulu, ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi seperti hujan deras, badai, angin topan, serta binatang buas yang masih banyak berkeliaran.

Orang zaman pra sejarah akan melakukan gerakan yang mana menyerupai dengan gerakan olahraga. Berbagai macam olahraga yang dilakukan pada saat dulu adalah renang, dayung, lari, gulat, bela diri, tarian perang, dan juga memainkan senjata.

Masa Kerajaan dan Kebudayaan Islam

Indonesia memiliki banyak sekali kerajaan yang sudah dipimpin oleh raja-raja yang sudah mengenal olahraga namun yang dilakukan oleh raja-raja tersebut ini bentuk dan tujuannya berbeda dengan saat ini. Tujuan olahraga saat dulu adalah untuk melatih ketangkasan misalnya berburu, memanah, bela diri, dan juga berkuda.

Alat olahraga yang digunakan pun tidak sebanyak dan tidak selengkap seperti saat ini, masih sangat ala kadarnya. Pada saat itu juga ada peraturan dimana anak berjenis kelamin laki-laki harus bisa memanah dan mahir memanah karena menjadi simbol keperkasaan dan kekuatan seorang pria.

Salah satu kerajaan yang ada di Indonesia selain Hindu Budha adalah kerajaan Islam. Islam sendiri masuk ke Indonesia berkat pedagang Gujarat yang mulai masuk ke Indonesia berkat peran perdagangan.

Masuknya Islam dan berdirinya kerajaan Islam ini juga memiliki peran langsung terhadap olahraga yang di Indonesia, oleh sebab itu banyak masyarakat yang melakukan olahraga tersebut masa kini. Jenis olahraga yang dilakukan pada kala itu adalah menunggang kuda, memainkan senjata, berlatih perang, pencak silat, dan lain sebagainya.

Masa Penjajahan

Sejarah olahraga yang paling bersejarah adalah saat masa penjajahan. Bisa dibilang bahwa pada tahap ini gerakan-gerakan yang menyerupai dengan olahraga tersebut dibuat dalam model olahraga. Sejak Belanda menjajah dan menduduki Indonesia gerakan-gerakan tersebut sudah diwujudkan dalam bentuk olahraga.

Belanda juga mengenalkan berbagai jenis olahraga yang baru. Diambil dari buku Sejarah dan Filsafat Olahraga yang ditulis oleh FPOK-UPI tahun 2010 menyebutkan bahwa di abad ke-19 olahraga yang masuk berasal dari sistem Jerman diciptakan John Friedrich Guts Muths dan sistem olahraga tersebut dibawah oleh penjajah Belanda ke Indonesia.

Olahraga mengalami perubahan setelah penjajah Jepang masuk ke Indonesia. Olahraga Jepang pun mulai familiar oleh masyarakat Indonesia dan mulai berkembang dengan pesat. Jenis-jenis olahraga dari Jepang yang saat ini dikenal oleh bangsa Indonesia adalah karate, judo, sumo, dan kendo.

Olahraga tersebut pun semakin berkembang dengan pesatnya dan menjadi lebih baik ketika Jepang memberikan pelatihan khusus sekolah di Indonesia tentang berbagai macam olahraga tersebut.

Penjajah Jepang juga mengajarkan senam pagi atau Taiso, baris berbaris disebut dengan Kyoreng, lari, cara bertempur atau Kendo yang merupakan cara bela diri khas Jepang, dan juga keterampilan dalam menggunakan bayonet senapan yang mana ujungnya berupa belati atau pisau.

Demikianlah sejarah olahraga yang penting untuk diketahui masyarakat Indonesia, setelah olahraga tersebut masuk dan berkembang barulah organisasi-organisasi di bidang olahraga muncul dan dikenal sampai dengan saat ini.