Sejarah Olahraga Renang – Berenang merupakan olahraga air favorit dan banyak dilakukan oleh orang. Berenang ini bisa menyegarkan pikiran, tubuh, dan juga menghilangkan penat. Selain itu berenang ini juga terbukti mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar kembali.

Selain dijadikan sebagai hobi, berenang ini juga menjadi ajang perlombaan olahraga dunia. Ada berbagai macam gaya berenang yang dijadikan sebagai ajang lomba mulai dari gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dna juga gaya dada.

Perenang yang memenangkan lomba adalah dia yang bisa berenang dengan cepat. Perenang yang lolos dari babak penyisihan akan lolos ke babak semifinal, dan yang lolos semifinal akan maju ke babak final. Selain itu ada juga lomba berenang dilakukan berkelompok seperti renang indah, loncat indah, polo air, dan lain sebagainya.

Peraturan untuk lomba berenang dibuat oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional atau disebut dengan FINA.

Sejarah Olahraga Renang

Sama seperti dengan olahraga lainnya bahwa olahraga berenang ini juga ada sejarahnya. Sejarah olahraga renang dimulai sejak zaman batu dan juga dimana zaman pra sejarah berkembang di berbagai negara belahan dunia. Hal tersebut diketahui dari gambar kuno yang mana ditemukan di gua yang lokasinya di daerah Wadi Sora barat daya Mesir.

Olahraga renang ini juga berkembang secara pesat di Yunani dan bangsa Romawi ini menganggap renang adalah salah satu faktor penting dalam hal keprajuritan bangsa Romawi. Bahkan Jepang pun juga mewajibkan untuk pra prajuritnya untuk bisa berenang.

Sorang profesor Jerman bernama Nicola Wyman menulis kemudian membukukan catatan tentang renang modern untuk pertama kalinya tepatnya pada tahun 1538. Renang ini juga banyak ditulis di dalam pasal dan ayat Injil yang mana mengatakan jika kala itu manusia berenang.

Sejarah olahraga berenang ini juga ditemukan pada catatan berbagai macam hikayat seperti Beowulf, Gilgamesh, Odyssey, dan lliad.

Sejarah berenang yang paling mencolok terlihat pada tahun 1800 dimana kala itu kolam renang dibuat pertama kali di Jerman dan Australia. Tujuan pembuatan kolam renang kala itu adalah untuk berlatih para prajurit. Bahkan berenang dijadikan pelajaran di sekolah-sekolah prajurit.

Teknik renang yang baik dan benar di populerkan oleh Arther Trudgen tepatnya pada tahun 1873. Trudgen ini mendapatkan inspirasi gaya berenang dari bangsa Indian yang ada di Amerika.

Trudgen kemudian meniru dan memopulerkan gaya bebas yang sering digunakan bangsa Indian sehingga gaya bebas ini dikenal juga sebagai gaya Trudgen. Pada tahun 1902 Richard Cavil ini menyempurnakan gaya bebas yang di populerkan oleh Trudgen tersebut dengan menambahkan kombinasi berupa tendangan kaki agar badan bisa melaju saat berenang.

Richard Cavil ini juga terinspirasi oleh gara berenang dari bangsa Indian di Amerika, kemudian mengembangkannya di kepulauan Solomon.

Di tahun 1908 ini ada pembentukan federasi renang untuk tingkat dunia pada pertama kalinya bernama Federation Internationale de Natation de Amateur atau Federasi Renang Amatir Internasional.

Di tahun itu renang dengan gaya kupu-kupu ini masih menjadi suatu bagian dari gaya dada dan dijadikan sebagai variasi. Barulah di tahun 1952 gaya kupu-kupu terpisah dengan gaya renang dada, kemudian berdiri sendiri sebagai renang dengan gaya kupu-kupu.

Lomba Renang Pertama Kali

Sejarah olahraga renang mencatat bahwa lomba renang di lombakan pertama kali pada tahun 36 sebelum masehi oleh Kaisar Suigui di Jepang. Perlombaan berenang ini dimulai di Eropa sekitar tahun 1800-an dan sebagian besar perenang yang mengikuti perlombaan itu menggunakan gaya dada.

Di tahun 1873 akibat orang Inggris tidak suka gerakan renang memercikkan air ke sana kemari, kemudian Trudgen ini mengganti gerakan kaki gaya bebas yang memercikkan air dengan gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

Demikianlah sejarah olahraga renang yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.