Sejarah Organisasi Sepak Bola Dunia FIFA

Organisasi Sepak Bola – Sepak bola menjadi olahraga paling terkenal tidak hanya di Indonesia namun juga terkenal di dunia. Sepak artinya menendang dengan menggunakan kaki sedangkan bola adalah alat permainan yang bentuknya bulat dan terbuat dari bahan karet, kulit, dan lain sebagainya.

Hakikatnya sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan dengan cara menendang dengan kaki, digiring bebas untuk memasukkannya ke dalam gawang lawan. Bisa dilihat setiap kali ada pertandingan sepak bola akan selalu banyak supporternya atau pendukung.

Di perkotaan, pedesaan, bahkan di pelosok sekalipun akan banyak ditemui masyarakat yang memainkan bola khususnya untuk anak muda.

Sejarah FIFA Organisasi Sepak Bola Dunia

Organisasi sepak bola dunia saat ini dipegang oleh FIFA. FIFA Sendiri memiliki singkatan dari Federation Internationale de Football Association. Keberadaan FIFA tidak terlepas dari sepak bola internasional yang sudah dimainkan sejak tahun 1872 saat Inggris berhadapan dengan Skotlandia.

Sebelum abad 20 memang sepak bola ini hanya populer di negara Britania Raya seperti Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Namun ketika masuk abad 20 tahun 1900, sepak bola menjadi sangat populer secara global. Hal inilah yang membuatnya membutuhkan badan khusus sepak bola yang menaungi.

Sejarah organisasi sepak bola dunia dimulai pada tanggal 21 Mei tahun 1904 dimana menjadi hari kelahiran FIFA ini. Saat awal pembentukannya, anggota FIFA hanya beberapa negara Eropa saja yaitu Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Hingga kini anggota FIFA sudah mencapai 200 tim nasional dari konfederasi yang berbeda. FIFA memutuskan untuk bermarkas di Zurich, Swiss. Presiden FIFA pertama kali saat itu adalah Robert Guerin di tahun 1906 kemudian diganti oleh Daniel Burley Woolfall.

Turnamen pertama yang di organisir oleh FIFA adalah sepak bola olimpiade pada tahun 1908. Setelah itu anggota FIFA mulai meluas ke negara lainnya yaitu Amerika Utara, Selatan, dan juga Afrika.

Dalam catatan sejarah organisasi sepak bola dunia, FIFA sempat terancam bubar dikarenakan perang dunia 1 di tahun 1910 an, meski begitu nyatanya FIFA mampu bertahan berkat kerja keras presiden FIFA kala itu yaitu Dutchman Cark Hirschman.

FIFA berkembang semakin luas dan di tahun 1930 akhirnya Piala Dunia FIFA pertama kali bisa diselenggarakan dan menjadi ajang sepak bola yang terbesar.

Terselenggaranya ajang Piala Dunia FIFA tersebut tidak terlepas dari presiden FIFA di kala itu Jules Rimet. Untuk Piala Dunia khusus wanita baru diselenggarakan di tahun 1991.

Organisasi Sepak Bola di Bawah FIFA

Ada berbagai macam asosiasi resmi sepak bola di seluruh dunia yang masuk ke dalam keanggotaan FIFA. Asosiasi sepak bola resmi tersebut dibagi menjadi enam buah organisasi besar yang mana sesuai dengan wilayah tempat negara tersebut.

Semua organisasi menjadi representasi dari lima benua yang ada di dunia yaitu Amerika, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia.

Asosiasi resmi yang ada di bawah FIFA tersebut adalah UEFA singkatan dari Union of European Football Association, CONMEBOL atau Confederation of South American Football, CONCACAF singkatan dari Confederation of North, Central American and Caribbean Association, AFC atau singkatan dari Asian Football Confederation, dan OFC atau singkatan dari Oceania Football Confederation.

Dunia saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat begitu pula dengan sepak bola. Cabang olahraga ini semakin banyak diminati dan telah melahirkan banyak atlet berbakat dari berbagai macam suku, budaya, agama, dan juga negara.

Semua perkembangan sepak bola tersebut tidak terlepas dari FIFA yang menjadi organisasi yang menaungi sepak bola dunia sehingga jangan pernah lupakan sejarah organisasi sepak bola dunia FIFA tersebut karena tanpanya sepak bola tidak akan bisa seperti saat ini.