Sejarah Permainan Softball – Softball adalah permainan olahraga beregu. Cara permainan adalah dengan memukul bola sejauh mungkin menggunakan tongkat. Tujuan bola dipukul agar si pemukul maupun rekan-rekannya mampu berlari melewati base demi base dengan selamat untuk bisa mendapatkan poin.

Permainan ini bisa dimainkan oleh 9 orang pemain di dalam satu tim. Lama permainan disebut dengan Inning atau babak ronde. Dalam satu Inning ini masing-masing regu akan memiliki kesempatan untuk memukul atau batting dan juga mencetak angka.

Ketika tim lawan menyerang dengan mendapatkan giliran memukul, akan ada pelempar bola tim yang kemudian melempar bola ke arah penangkap bola dengan kencang agar tidak bisa dipukul. Tim yang mendapatkan giliran memukul akan mendapatkan tiga kali kesempatan dan jika gagal maka gantian tim lainnya yang akan memukul bola.

Sejarah Permainan

Sama halnya dengan tenis meja, permainan softball ini juga ada sejarahnya. Sebelum Anda tahu cara bermain softball ini ada baiknya jika Anda tahu sejarah permainan softball terlebih dahulu.

Permainan softball ini pertama kai muncul di Amerika Serikat di sebuah gedung olahraga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada tanggal 16 September 1887 namun dengan cara yang tidak sengaja. Penciptanya adalah George Hancock.

Permainan softball ini muncul berawal dari beberapa alumnus Universitas Yale dan Harvard dimana saat itu mereka sedang mendengarkan hasil akhir dari pertandingan sepak bola Amerika yang menarungkan Yale dan Harvard di club Farragut Boat.

Skor akhir diumumkan, kemenangan ada pada Yale, alumnus Yale yang sangat antusias melempar sarung tinju pendukung Harvard setelah itu ada seseorang yang reflek mengambil tongkat, dan memukul sarung tinju tersebut.

Setelah melihat hal itu reporter Chicago Board of Trade, George Hancock menyarankan membuat permainan di dalam ruangan menggunakan bola dan sarung tinju yang sudah dilemparkan tadi.

Dia mengambil sarung tinju dan mengikat erat dengan tali, supaya dapat menyerupai dengan bola. Berbekal beberapa kapur, Hancock menandai lantai Farragut Boat agar bisa menyerupai lapangan bisbol.

Untuk alat pemukulnya digunakanlah sebuah sapu, tim pun dibagi menjadi dua kemudian Hancock meneriakkan kata-kata Play Ball kemudian di mulailah permainan tersebut dengan skor akhir 44-40.

Semenjak itu Hancock pun merancang bola softball seperti sekarang dan bat yang oversize. Peraturan resmi permainan softball kemudian dibuat oleh Farragut Boat Club dan dengan cepat Softball terkenal di luar kota dan semakin berkembang seperti saat ini.

Perkembangan Softball Asia

Memang dilihat dari sejarah permainan softball asalnya dari Amerika Serikat, namun permainan tersebut kemudian berkembang di negara-negara lainnya seperti Asia dan Indonesia. Setelah AS, softball terkenal di Kanada, Eropa, kemudian Asia.

Bisa dikatakan bahwa perkembangan di Asia ini menjadi yang terpesat terutama setelah perang dunia kedua usai. Bahkan di beberapa negara Asia seperti Jepang, Filipina Taiwan, dan Korea Selatan softball sudah menjadi permainan rakyat.

Alasan mengapa permainan softball menjadi pesat dikarenakan banyak digemari dan cara bermainnya tidak ribet. Di Asia kemudian dibentuk Amateur Softball Asia yang mana disingkat menjadi ASA-ASIA dan yang menjadi anggotanya adalah Jepang, filipina, Korsel, Taiwan, Hongkong, Pakistan, India, Muangthai, Singapura, dan juga Indonesia.

Pada Februari 1967 diselenggarakan kejuaraan softball wanita se-Asia yang diselenggarakan di Manila namun pesertanya hanya 5 negara yaitu Filipina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan juga Hongkong. Kejuaraan ini diselenggarakan setahun sekali dengan diselang-seling putra dan putri. Misalnya saja tahun ini adalah kejuaraan softball putra maka tahun depan untuk putri.

Di Indonesia sendiri softball sudah mulai dimainkan tepatnya sebelum perang kemerdekaan namun sifatnya masih sangat terbatas dan hanya dimainkan oleh sekolah-sekolah tertentu saja. Hanya wanita saja yang memainkan softball tersebut sampai dengan tahun 1966.

Namun saat Asian Games Bangkok, mata mulai terbuka bahwa softball bisa dilakukan oleh putra maupun putri.

Demikianlah sejarah permainan softball dan perkembangannya yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.