Sejarah Piala Dunia – Piala dunia menjadi ajang bergengsi karena diikuti oleh 32 negara dari berbagai benua. Di ajang tersebut banyak negara menampilkan kemampuan terbaiknya untuk bisa menjadi juara. Menyabet gelar juara di ajang piala dunia bisa menjadi sebuah prestise yang diimpikan oleh semua negara.

Ajang bergengsi 4 tahunan itu pun menjadi perhatian dan banyak dinantikan dan dijadikan sebagai tontonan yang sayang untuk dilewatkan. Meski piala dunia ini menjadi ajang yang bergengsi sayangnya tidak semua orang tahu seperti apa sejarah piala dunia tersebut.

Sejarah Munculnya Piala Dunia

Sejarah piala dunia tidak lepas dari peran FIFA. Keberhasilan turnamen sepak bola olimpiade meningkatkan keinginan FIFA untuk menggelar turnamen dan juga pertandingan sepak bola sendiri.

Kuesioner pun dikirimkan ke asosiasi yang memiliki afiliasi dengan FIFA apakah mereka setuju untuk menggelar turnamen dan kondisinya seperti apa. S

etelah proposal yang luar biasa dibuat oleh Komite Eksekutif, kongres FIFA pertama kali pun dilakukan di Amsterdam di tanggal 28 Mei 1928, dalam kongres tersebut memutuskan untuk menggelar kejuaraan dunia yang akan diselenggarakan oleh FIFA. Negara tuan rumah pun harus dipilih. Hongaria, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia mengajukan negara yang mereka calonkan.

Sejak awal Uruguay ini menjadi favorit dikarenakan tidak hanya menjadi pemenang olimpiade tahun 1924 dan 1928 namun negara ini juga akan merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-100 pada tahun 1930 dengan biaya yang besar.

Asosiasi nasional juga bersedia untuk menanggung semua biaya termasuk biaya perjalanan dan juga akomodasi dari semua tim yang berpartisipasi. Selain itu setiap keuntungan akan dibagi dan Uruguay rela mengambil defisit.

Akhirnya kongres FIFA di Barcelona tahun 1929 ini menetapkan bahwa Uruguay dijadikan sebagai negara tuan rumah pertama dari Piala Dunia FIFA dan para kandidat lainnya menarik diri.

Sayangnya akibat Eropa yang saat itu menderita krisis ekonomi membuat tidak semua berjalan sesuai dengan rencana. Partisipasi tersebut tidak hanya melibatkan perjalanan laut yang panjang bagi orang Eropa namun banyak club yang melakukan protes karena harus melepaskan pemain terbaik dalam waktu yang lama.

Akibat dari hal tersebut banyak asosiasi yang kemudian memutuskan janji untuk ikut berpartisipasi. Dibutuhkan manuver yang banyak bagi Rimet untuk memastikan sedikitnya empat tim Eropa Perancis, Belgia, Rumania, dan Yugoslavia mau bergabung dengannya di kapal Conte Verde dari Buenos Aires.

Pertandingan Piala Dunia Pertama Kali

Ajang Piala Dunia FIFA pertama kali digelar di Estadio Centenario di Montevideo di tanggal 18 Juli 1930. Ini menjadi awal dan gebrakan yang baru bagi dunia sepak bola dan acara perdana tersebut mendapatkan sukses yang luar biasa tidak hanya dalam hal olahraga namun juga dalam keuangan.

Namun penyelenggara kecewa karena hanya ada empat tim Eropa yang berpartisipasi, Uruguay pun marah dan empat tahun kemudian Uruguay menjadi tim pertama dan satu-satunya yang menolak untuk bisa mempertahankan gelarnya.

Saat kongres diadakan di Budapest pada tahun 1930, ucapan terima kasih disampaikan kepada Uruguay karena menyelenggarakan kejuaraan dunia untuk pertama kali meski dalam kondisi yang sulit.

Hal ini juga menjadi catatan penyesalan karena hanya melihat sedikit tim yang berpartisipasi dari Eropa. Pertandingan selanjutnya pun tidak masih tidak seperti harapan, barulah pada tahun 1950 didapatkan suara bulat untuk menjadikan Brasil ini sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA berikutnya dan saat yang sama Swiss diberikan pilihan untuk tuan rumah tahun 1954.

Demikianlah sejarah piala dunia yang penting diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.