Sejarah sepak Bola Dunia dan Indonesia

SEJARAH OLAHRAGA – Sepak bola dianggap sebagai salah satu olahraga populer di dunia. Bahkan, olahraga ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan dan usia. Hingga kini sudah banyak pertandingan sepak bola yang di gelar di berbagai negara dan benua.

Bahkan, di Eropa terdapat banyak klub elit sepak bola yang dipenuhi dengan pemain bintang yang memiliki bayaran mahal. Pertandingan internasional sepak bola yang digelar juga selalu menarik perhatian banyak orang.

Misalnya saja Liga Champion Eropa yang mempertemukan banyak klub elit hingga Piala Dunia yang menjadi ajang pertandingan internasional.

Bahkan, di Indonesia sepak bola juga menjadi olahraga paling populer. Hingga kini sudah banyak klub sepak bola yang mewakili masing-masing daerah di Indonesia. Kompetisi yang digelar di Indonesia juga selalu menarik perhatian.

Apalagi beberapa klub sepak bola besar di Indonesia memiliki basis penggemar yang sangat banyak. Tentu saja ini yang membuat kamu harus mengenal lebih dalam tentang sejarah sepak bola dunia dan Indonesia.

Sejarah sepak bola dunia

sejarah sepak bola indonesia
berolahraga.net

Perkembangan dari sejarah sepak bola dunia dan Indonesia memang selalu menarik perhatian. Perubahan yang berkaitan dengan peraturan hingga metode permainan juga menjadi bagian penting. Hingga kini perkembangan sepak bola di dunia sudah memasuki era modern.

Apalagi kompetisi besar yang ada di Eropa juga menerapkan teknologi terbaru yang membantu kerja wasit di lapangan untuk menghindari kontroversi. Ada baiknya kamu mengerti lebih lanjut tentang sejarah dan perkembangan sepak bola dunia hingga saat ini.

Sejarah sepak bola dunia dimulai dari peradaban kuno beberapa kerajaan besar seperti Yunani, China dan Romawi. Sepak bola termasuk dalam permainan yang melibatkan beberapa orang sambil menggiring bola untuk dimasukkan ke dalam target tertentu.

Pada abad pertengahan, permainan ini dilakukan dengan jumlah orang yang tidak terbatas. Belum ada peraturan mengikat yang terintegrasi dari permainan. Jadi, siapa saja bisa ikut bermain sepak bola.

Seiring perkembangan jaman, pada abad ke-20 terdapat beberapa perubahan peraturan yang akan membuat permainan sepak bola menjadi lebih baik. Peraturan itu juga berasal dari kesepakatan bersama yang melibatkan banyak organisasi atau perserikatan beberapa klub.

Hal ini yang membuat seluruh elemen dari permainan ini seperti pemain, manajemen dan supporter harus mengikuti peraturan yang telah dibuat.

Perkembangan sepak bola modern di dunia

Sejarah sepak bola dunia di jaman modern dimulai dari Inggris. Perkembangan ini ditandai dengan dibentuknya sebuah organisasi sepak bola yang melibatkan 11 perwakilan.

Beberapa orang yang terlibat dari organisasi ini berasal dari perkumpulan yang sering disebut dengan Football Association Freemason’s Tavern. Organisasi ini memiliki basis di kota London negara Inggris.

Pada pertemuan ini akhirnya ditemukan kesepakatan yang berkaitan langsung tentang peraturan yang diintegrasikan dengan permainan sepak bola secara menyeluruh. Peraturan ini dianggap cukup ideal pada saat itu untuk diikuti sehingga membuat beberapa negara lainnya seperti Irlandia, Wales dan Skotlandia menyetujuinya.

Selanjutnya, empat negara yang mulai menerapkan peraturan ini akhirnya membentuk organisasi yang disebut dengan International Football Association Board atau IFAB yang bertujuan untuk mengatur seluruh pertandingan sepak bola di seluruh dunia.

Seiring dengan berkembangnya permainan sepak bola di dunia maka dibentuklah FIFA atau Federation International de Football Association pada 21 Mei 1904 yang dilaksanakan di Prancis.

Pembentukan organisasi internasional ini dihadiri 7 negara Eropa yang terdiri dari Spanyol, Denmark, Belanda, Swedia, Swiss, Belgia dan Inggris. Pada akhirnya 7 negara ini ditetapkan sebagai anggota pertama dari organisasi sepak bola dunia.

Pada awalnya, sepak bola hanya dipertandingkan pada saat Olimpiade berlangsung. Namun, seiring dengan berjalannya waktu jumlah anggota yang ingin bergabung pada organisasi FIFA terus bertambah. Permainan ini mulai dipertandingkan di Olimpiade yang digelar pada tahun 1908.

Selanjutnya, pada tahun 1930-an dilaksanakan Piala Dunia yang melibatkan seluruh anggota dari organisasi di Uruguay.

Pada tahun 1938, pertandingan sepak bola Piala Dunia berhasil disiarkan secara langsung oleh jaringan BBC. Selanjutnya pada tahun 1966 diterapkan fitur replay pada setiap pertandingan yang disiarkan. Ini yang membuat banyak orang mulai tertarik dengan permainan sepak bola.

Organisasi sepak bola internasional

Berkembangnya sepak bola internasional tentu saja menjadi sebuah pencapaian yang sangat baik. Apalagi, saat ini permainan ini sudah memiliki berbagai organisasi sayap yang disesuaikan dengan wilayah atau regional masing-masing.

Organisasi sayap dari FIFA ini akan bertanggungjawab untuk menyelenggarakan pertandingan hingga membantu pengembangan sepak bola bagi negara anggota.

Sebagai induk organisasi, FIFA juga turut membantu untuk memaksimalkan kinerja organisasi yang diintegrasikan dengan organisasi sayap. Berikut ini organisasi sepak bola internasional yang didirikan berdasarkan wilayah atau regional seperti:

1. UEFA

Ini adalah organisasi sepak bola internasional yang menaungi seluruh negara-negara Eropa. UEFA merupakan singkatan dari Union of European Football Associations.

2. CONCACAF

Ini adalah organisasi sepak bola internasional yang menaungi seluruh negara-negara Amerika Tengah, Amerika Utara dan Karibia. CONCACAF merupakan singkatan dari The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football.

3. CONMEBO

Ini adalah organisasi sepak bola internasional yang menaungi seluruh negara-negara di Asia. CONMEBO merupakan singkatan dari Confederation Sudamericana de Futball.

4. CAF

Ini adalah organisasi sepak bola internasional yang menaungi seluruh negara-negara yang ada di wilayah Afrika. CAF merupakan singkatan dari Confederation of African Football.

5. OFC

Ini adalah organisasi sepak bola internasional yang menaungi seluruh negara-negara yang ada di wilayah Oceania. OFC merupakan singkatan dari Oceania Football Confederation.

Sejarah sepak bola Indonesia

Indonesia juga termasuk salah satu negara yang memiliki basis penggemar yang besar untuk permainan sepak bola. Sejarah sepak bola Indonesia dimulai dengan para pedagang China yang mengenalkan pertama kali.

Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa China juga bisa ikut dalam pertandingan sepak bola internasional yang digelar oleh bangsa Eropa pada saat itu.

Seiring dengan perkembangan jaman, pada tahun 1915 tercatat sudah banyak perserikatan dan perkumpulan klub sepakbola. Bahkan, pada tahun 1920 sudah terdapat beberapa klub sepakbola seperti UMS Surabaya dan Jakarta.

Hal ini yang membuat pemerintah Hindia Belanda pada saat itu menerapkan sistem organisasi yang baik. Maka pada 19 April 1930 dibentuk organisasi yang menaungi permainan sepak bola di Yogyakarta. Organisasi itu dikenal dengan PSSI atau Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia.

Hingga kini PSSI yang menjadi induk organisasi sepak bola di Indonesia terus melakukan pengembangan sepak bola dari berbagai usia. Beberapa diantaranya pengembangan sepak bola wanita hingga kompetisi berdasarkan kategori umur tertentu seperti U-15 hingga U-23.

PSSI juga memiliki tanggung jawab untuk menggelar kompetisi yang menjadi bagian penting dari pengembangan sepak bola antar klub di Indonesia. Sayangnya, sampai saat ini PSSI belum mampu memberikan kinerja yang baik dalam pengembangan sepak bola di Indonesia.

Sejarah Sepak Bola Dunia