berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Gelora Bung Karno, Stadion Sepak Bola Terbesar di Indonesia

2 min read

stadiun gelora bung karno

Indonesia memiliki salah satu stadion sepak bola terbesar dan termegah di Asia, bahkan di dunia. Namanya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno atau yang biasa disingkat SUGBK. Tempat ini ialah sebuah stadion serbaguna yang bertempat di Jakarta, Indonesia.

SUGBK masih berada dalam kawasan Gelanggang Olahraga Bung Karno. Statusnya sebagai stadion sepak bola terbesar di Indonesia membuatnya seringkali digunakan sebagai arena pertandingan di tingkat internasional.

ahkan, seringkali acara-acara lain yang terbilang penting dan menyedot banyak penonton akan dilaksanakan di sini, seperti konser musik, kampanye pemilihan presiden dan lain-lain.

Namanya sendiri diambil dari nama Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Beliau jugalah yang mencetuskan gagasan untuk membangun kompleks olahraga ini.

Sejarah Stadion Sepak Bola Terbesar di Indonesia Gelora Bung Karno

Stadion Sepak Bola Terbesar
makassar.terkini.id

Pada masa Orde Baru, Stadion Gelora Bung Karno sempat diubah namanya menjadi Stadion Utama Senayan. Akan tetapi setelah reformasi pada 1988, namanya kembali menjadi Gelora Bung Karno. SUGBK pertama dibuka pada 1962 dan dapat menampung hingga 110.000 orang.

Kapasitas ini sempat dua kali berkurang. Pertama pada 2006 menjadi hanya 88.083 saja untuk perayaan Piala Asia AFC 2007. Kedua pada 2016 dan 2017 menjadi hanya 77.193 untuk perayaan Pesta Olahraga Asia serta Pesta Olahraga Difabel Asia 2018.

Saat dilakukan renovasi antara tahun 2016 dan 2017, bangku penonton seluruhnya digantikan kursi tunggal.

Hingga kini, SUGBK masih menyandang gelar sebagai stadion sepak bola terbesar di Indonesia, stadion sepak bola terbesar ke-8 di Asia dan stadion sepak bola terbesar ke-28 di dunia.

Jika ditilik dari sejarahnya, stadion ini pertama kali dimulai konstruksinya pada Februari 1960 dan selesai dua tahun kemudian pada 1962. Pembangunannya selesai di waktu yang sama dengan pelaksanaan Pesta Olahraga Asia dan didanai dari kredit lunak Uni Soviet sebesar USD 12.5 juta.

Stadion ini terbagi dalam 24 sektor serta 12 pintu masuk. Ada tribun bawah dan juga tribun atas. Fitur khususnya ialah konstruksi atap baja besar membentuk cincin raksasa dengan sebutan temu gelang, sebuah fitur yang langka di tahun 1962.

Konstruksi cincin raksasa ini bertujuan untuk menekankan keagungan SUGBK sebagai stadion sepak bola terbesar di Indonesia sekaligus melindungi para penonton di semua sektor dari sengatan sinar matahari.

Dalam kompleks olahraga Gelora Bung Karno, dapat ditemukan juga stadion-stadion lainnya seperti Stadion Akuatik serta Stadion Tenis.

  Peraturan Permainan Futsal Lengkap

Karena itulah, walau lebih banyak dikenal sebagai Stadion Gelora Bung Karno, namun nama resminya tetaplah Stadion Utama Gelora Bung Karno. Salah satu rekor pertandingan amatir dengan kehadiran terbanyak di SUGBK ialah saat Final Perserikatan 1985 di mana PSMS Medan melawan Persib Bandung.

Total terdapat 150.000 penonton yang menyaksikan langsung pertandingan yang akhirnya dimenangkan PSMS Medan tersebut.

Stadion Gelora Bung Karno ini sempat mengalami proses renovasi, tepatnya saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 dan Pesta Olahraga Asia 2018.

SUGBK dipilih sebagai stadion utama diselenggarakannya kedua pesta olahraga tersebut. Namun, usiana yang sudah di atas 50 tahun membuatnya harus direnovasi agar memenuhi kriteria sesuai standar dari Dewan Olimpiade Asia.

Kala itu, renovasi mencakup pergantian semua bangku kayu panjang menjadi kursi tunggal, sehingga SUGBK menjadi stadion all-seater. Sistem pencahayaan turut ditingkatkan dari yang awalnya 1200 lux menjadi 3500 lux. Pada atap stadion, dipasang 1293 buah panel surya.

Berikut adalah daftar acara yang pernah digelar di stadion sepak bola terbesar di Indonesia ini, mulai dari pesta olahraga, acara keagamaan, kampanye partai politik hingga ujian masuk CPNS:

  • Pesta Olahraga Asia 1962 dan 2018
  • Games of the New Emerging Forces 1963
  • Pesta Olahraga Difabel Asia 2018
  • Pesta Olahraga Asia Tenggara 1979, 1987, 1997 dan 2011
  • Kejuaraan Atletik Asia 1985, 1995 dan 2000
  • Piala Asia AFC 2017 khusus untuk 5 dari total 6 pertandingan Grup D, perempatfinal Uzbekistan vs Arab Saudi dan final
  • Kejuaraan U-19 AFC 2018
  • Piala Tiger 2002 khusus untuk 9 dari 10 pertandingan Grup A, semifinal, perebutan tempat ketiga dan juga final
  • Kejuaraan Klub ASEAN 2003
  • Piala Tiger 2004 yaitu semifinal leg pertama vs Malaysia dan final leg pertama vs Singapura
  • Piala AFF Suzuki 2008 semifinal leg pertama vs Thailand
  • Piala AFF Suzuki 2010 khusus untuk 5 dari 6 pertandingan Grup A, semifinal vs Filipina serta final leg kedua vs Malaysia
  • Misa Katolik Besar dipimpin Paus Yohanes Paulus II pada Oktober 1989
  • Peringatan 100 tahun hari Kebangkitan Nasional pada 2008
  • Kampanye parpol untuk pemilu 2004, 2009 dan 2014
  • Ujian saringan masuk CPNS Kementerian Kesehatan Repubik Indonesia pada 2013

Demikian tadi sedikit pembahasan mengenai stadion sepak bola terbesar, jangan lupa untuk membaca formasi sepak bola yang sering digunakan tim pro.

Stadion Sepak Bola Terbesar di Indonesia

berolahraga Berolahraga dapat membentuk karakter. Mengajarkan kita rasa kemenagan dan kekalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *