Teknik Blocking pada Permainan Bola Voli dan Penjelasan

TEKNIK BLOCKING BOLA VOLI – Berbicara mengenai teknik dalam permainan bola voli, tentunya kita juga sudah mengetahui bahwasannya teknik-teknik dasar dalam bola voli itu ada empat (4) yang sudah umum yaitu terdiri dari Service, Passing, smash dan Blocking.

Nah, untuk pembahasan dalam artikel ini akan saya jelaskan atau kupas tuntas mengenai teknik blocking dalam permainan bola voli. Di artikel sebelumnya juga sudah saya jelaskan mengenai teknik blocking di pembahasan teknik dasar permainan bola voli.

Namun, pembahasan tersebut kurang lengkap, maka dari itulah di sini akan saya paparkan dengan lengkap mengenai teknik blocking dalam permainan bola voli.

Dapat dijelaskan bahwasannya teknik ini merupakan teknik terakhir atau penutup dalam permainan bola voli. Teknik ini digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari tim lawan. Teknik ini menggunakan pertahanan dengan kedua tangan dengan lompatan yang tinggi gunanya untuk menahan bola supaya tidak masuk ke daerahnya. Untuk itulah lebih jelasnya kita pelajari bersama, simak penjelasan di bawah ini.

Definisi dari Teknik Blocking dalam Permainan Bola Voli

pengertian block voli
olahraga.pro

Definisi dari blocking merupakan suatu bentuk upaya yang dilakukan oleh pemain dalam permainan bola voli yang tujuannya untuk membendung serangan atau smash yang dilancarkan oleh pemain lawan.

Blocking sendiri merupakan salah satu teknik dasar yang ada dalam permainan bola voli yang sangat-sangat penting sebagai bentuk pertahanan tim pemain. Karena tujuan sendiri dari blocking ini merupakan untuk membendung serangan dari tim pemain lawan.

Begitulah definisi atau penjelasan mengenai teknik blocking. Itu merupakan penjelasan definisinya saja, lebih lengkapnya lagi anda harus benar-benar tau langsung bagaimana caranya mem-blocking itu seperti apa? Bagaimana untuk mem-blocking dengan baik?

Ada jenis-jenis blocking apa saja yang ada dalam permainan olahraga bola voli ini? Jangan terlalu penasaran dengan semua itu, karena dalam artikel ini akan dijelaskan semuanya dengan lebih lengkap dan menarik, dengan begitulah simak penjelasan di bawah ini:

Langkah-Langkah dalam Melakukan Blocking dalam Permainan Bola Voli.

  • Posisikan diri untuk berdiri di depan net dan hadaplah ke arah bola voli yang pemain lawan melakukan smash pada tim anda.
  • Cepat-cepatlah mengambil sikap yang selalu siap untuk mem-block atau melakukan blocking kepada tim lawan yang melakukan penyerangan smash.
  • Sigaplah dalam melakukan jumping atau melompat dengan kedua kaki yang melakukan tolakan secara bersamaan.
  • Jangkaulah bola tersebut untuk di hadang dan atau di bendung oleh kedua tangan.
  • Kembalilah dengan sikap siap, dengan cara mendarat dan juga kembali ke sikap siap.

Macam-Macam Blocking Berdasarkan Jumlah Pelakunya

teknik block
amazonaws.com

Maksudnya yang dibilang berdasarkan jumlah pelakunya yaitu, dalam mem-blocking saat bermain bola voli itu pemain bermain sendiri ataukah secara berkawan. Untuk mem-blocking secara sendiri itu dinamakan dengan block tunggal sedangkan untuk mem-blocking secara berkawan itu dinamakan dengan block ganda.

Blocking Tunggal

Blocking ini merupakan mem-blocking secara individu atau sendirian, untuk melakukan blockingan ini perlu memperhatikan tekniknya yaitu harus benar-benar memperhatikan:

  • Fokus Pada Bola.
  • Posisi Smasher (Orang atau pemain yang melakukan smash).
  • Pandangan Mata Smasher.

Inilah tahapan-tahapan dari blocking tunggal:

  • Lakukan langkah ke kanan dan kiri, kemudian loncat ke atas dengan tumpuan kedua kaki, menggerakkan tangan serta lengan untuk menguasai bola, lakukan pendaratan dengan kedua kaki, dan terakhir lakukan tolakan jika bola sudah berada dekat jaring net.

Blocking Ganda

Bolcking ini dilakukan dengan banyak pemain, atau secara berkawan. Cara melakukannya juga sama seperti mem-blocking secara tunggal. Namun yang membedakan yaitu yang melakukan blockingan ini secara berkawan.

Yang terpenting disini yaitu adanya kekompakan atau kerjasama yang baik antar tim. Dan yang harus diperhatikan dalam mem-blocking disini yaitu yang mempunyai postur tubuh yang tinggi dan kemampuan yang baik.

Untuk itulah latihan merupakan kunci keberhasilan. Bukan hanya angan-angan materi saja, namun praktiknyapun juga harus dilakukan dengan maksimal dan baik.

Setelah mengetahui jenis atau macam-macam blocking yang ada dalam bola voli, kali ini langsung saja beralih pada Teknik Blocking dalam Permainan Bola Voli, untuk itulah simak penjelasan di bawah ini:

Teknik Block Bola Open

Cara melakukan teknik block bola open ini yaitu:

  • Dekati pemain lawan yang akan melakukan penyerangan smash dengan posisi tangan berada di depan dada.
  • Siap-siaplah dengan posisi badan merendah dengan lutut yang ditekuk hingga membentuk sudut 100 derajat.
  • Jika smasher pemain lawan melakukan loncatan maka meloncatlah yang setinggi mungkin dengan arah lompatan vertikal.

Teknik Block Bola Semi

Cara melakukan teknik block bola semi yaitu:

  • Caranya yaitu sama dengan teknik sebelumnya yaitu bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash, dengan posisikan kedua tangan yang dinaikkan ke depan di atas kepala.
  • Rendahkan posisi badan dengan menekuk lutut yang membentuk sudut 110 derajat.
  • Kemudian meloncatlah setelah smasher pemain lawan melakukan loncatam dengan loncatan setinggi mungkin dengan arah lompatan membentuk vertikal.

Teknik Block Bola Quick

Cara melakukan teknik block bola quick ini yaitu:

  • Sama halnya dengan teknik-teknik sebelumnya, teknik ini juga yang pertama dilakukan yaitu bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash dengan memposisikan kedua tangan yang diluruskan.
  • Kemudian rendahkan posisi badan dengan menekuk lutut yang membentuk sudut 135 derajat yang tidak terlalu mendalam.
  • Yang terakhir yaitu meloncatlah bersamaan dengan pemain lawan atau smasher dengan loncatan setinggi mungkin dengan arah loncatan vertikal.

Kemudian, setelah mengetahui jenis dan teknik yang sudah dijelaskan di atas, maka yang harus benar-benar diperhatikan oleh seorang blocker yaitu:

  • Selalu perhatikan teknik gaya passingnya tim lawan, fokus pada bolanya, mau diarhkan kemanakah.
  • Kemdian selalu fokus lagi pada jalannya bola tersebut dan juga gaya pengumpannya dari tim lawan.
  • Selalu lihat ke arah mana smasher itu bergerak dengan cara melihat body languagenya.
  • Jangan posisikan tangan di bawah pinggang, supaya gerakan tangan dapat dengan cepat mencapai titik block.
  • Melakukan side step atau block 2 langkah yang gunanya untuk mem-block dengan jarak dekat, sedangkan gunakan cross step atau block 3 langkah yang gunanya untuk jarak yang cukup jauh.
  • Blocker (orang atau pemain yang melakukan block), harus selalu berlatih dengan melompat di tempat beberapa kali gunanya untuk memiliki reaksi yang baik yang dapat bergerak dengan cepat dan mampu untuk memabaca situasi atau peka terhadap geakan lawan.

Teknik-teknik dasar yang sudah saya jelaskan di atas ataupun sebelumnya, supaya anda pahami dengan betul khususnya teknik block dalam permainan bola voli ini.

Jadi meskipun materi yang sudah saya jelaskan sudah jelas, anda juga harus menambahi dengan cara mempraktikkannya, supaya materi dengan praktik yang sesungguhnya bisa lebih sempurna. Sekian, terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: