4+ Teknik Dasar dalam Olahraga Lompat Jauh

TEKNIK DASAR – Lompat jauh merupakan olahraga yang sering kita ketahui atau kita laksanakan ketika melakukan praktek olahraga di sekolah-sekolah. Lompat jauh ini merupakan salah satu cabang dari olahraga atlentik.

Olahraga yang sering dilakukan dan juga dilombakan dalam kompetisi-kompetisi olahraga baik dalam tingkat nasionala maupun internasional. Olahraga ini sangat populer dari abad ke-13 sampai sekarang.

Olahraga ini merupakan suatu gerakan melompat ke depan atas dengan usaha agar badan melayang di udara yang dilakukan dengan cepat serta dengan cara melakukan tolakan-tolakan dengans satu kaki untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya.

Lompatan jauh ini, jarak lompatannya di ukur dari letak papan tolakan sampai dengan batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh tubuh. lompat jauh ini pada abad ke-13 dahulu itu digunakan untuk melatih militer perang supaya prajurit-prajurit bisa tangkas dalam perang seperti dengan melewati rintangan jurang atau parit.

Untuk masa sekarang memang sangat berbeda dengan masa dahulu, untuk masa dahulu untuk teknik lompat jauhnya itu diawali dengan start lari pendek dan untuk orang yang melakukan lompat jauh tersebut harus membawa beban di kedua tangannya dengan bobot 1 sampai 4,5 kilogram.

Teknik Dasar Lompat Jauh

teknik dasar lompat jauh
4.bp.blogspot.com

Untuk melakukan olahraga yang baik dan benar, maka kita harus melakukannya dengan baik dan benar pula. Nah, untuk melakukan hal tersebut maka kita harus mengetahui teknik-teknik atau cara-cara dalam memainkan olahraga tersebut secara baik dan juga benar.

Dengan mengetahui dan juga menerapkan teknik-teknik tersebut maka olahraga yang kita mainkan tersebut akan menghasilkan hasil yang memuaskan bagi tubuh kita. Untuk itulah mari kita simak bersama-sama mengenai teknik dasar lompat jauh di bawah ini:

Ada empat teknik dasar lompat jauh yang akan di jelaskan di bawah ini yaitu mengenai:

  1. Awalan.
  2. Tolakan.
  3. Melayang di Udara dan,
  4. Pendaratan.

1. Teknik Dasar Lompat Jauh “Awalan”

Teknik dasar yang pertama yaitu mengenai “awalan”. Namanya juga awalan yang berarti awal atau pertama, yaitu tahapan pertama yang dilakukan sebelum memulai kegiatan. Untuk awalan dalam lompat jauh yang dimaksud di sini yaitu dari awalan lari perlahan-lahan hingga sampai ke lari yang tercepat.

Namun harus terkendali dan juga memungkinkan untuk melakukan tolakan, jangan sampai melebihi garis yang sudah ditetapkan atau garis tolakan. Kapan waktu untuk mengganti gerakan lari pelan ke gerakan lari cepat?

Nah, untuk cara penggantian ini yaitu saat anda sudah mendekati papan tolakan sekitar 3 sampai 5 langkah, di situlah anda harus mengganti kecepatan lari anda yaitu dengan mengganti lari pelan ke lari cepat dengan langkah terakhir pendek.

2. Teknik Dasar Lompat Jauh “Tolakan”

Setelah awalan teknik kedua yaitu tolakan. Teknik dasar tolakan ini bertujuan agar tubuh terangkat ke atas atau dapat melayang di udara. Tolakan ini sangat berpengaruh besar terhadap jarak lompatan yang diperoleh. Cara melakukan tolakan ini yaitu:

  • Ayunkan paha dan juga kaki anda dengan posisi horizontal.
  • Luruskan sendi mata kaki, lutut dan juga pinggang anda saat melakukan tolakan.
  • Bertolak ke depan dan juga ke atas, dengan sudut tolakan 45 derajat.

Untuk itulah usahakan kaki sedikit ditekuk, menapakkan kaki dan juga meluruskan tungkai untuk lepas landas. Dan juga untuk tolakan yang baik itulah yang membutuhkan kekuatan, ketepatan, dan juga koordinasi gerakan yang memadai.

3. Teknik Dasar Lompat Jauh “Melayang di Udara”

Yang pertama dilakukan yaitu seimbangkan tubuh saat melakukan teknik dasar ini, yaitu dengan menggerakkan kaki seperti berjalan. Hal-hal yang dilakukan yaitu dengan cara:

  • Keseimbangan tubuh harus tetap di jaga.
  • Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
  • Usahakan melayang di udara selama mungkin.
  • Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

4. Teknik Dasar Lompat Jauh “Pendaratan”

Teknik dasar yang terakhir yaitu pendaratan, habis melakukan teknik dasar “Awalan-Tolakan-Melayang di Udara-Pendaratan”.

Pendaratan ini dilakukan dengan cara menundakkan kepala, mengayunkan lengan, dan juga membawa pinggang ke depan. Semua itu bertujuan agar anggota badan yang lain tidak mengenai pasir lebih ke belakang dari pada kaki.

Untuk meningkatkan kemampuan dalam lompat jauh dan juga menghasilkan lompatan yang jauh yaitu harus memperhatikan faktor-faktor di bawah ini yaitu:

  • Tentukan jarak awalan yang tepat.
  • Tentukan irama lari awalan.
  • Kemampuan tolakan dan lepas landas.
  • Kemampuan gerak melayang di udara.
  • Kemampuan gerak saat pendaratan.

Di atas telah dipaparkan sedikit mengenai teknik-teknik dasar dalam melakukan lompatan jauh, olahraga tersebut memang membutuhkan teknik-teknik tersendiri yang harus benar-benar anda lakukan dengan baik. untuk itulah lakukan dengan benar supaya hasil yang anda rasakan akan terasa memuaskan bagi tubuh anda.

Maka dari tiulah semakasimal mungkin juga anda harus melakukan teknik-teknik tersebut dengan baik dan juga benar. semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: