8 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola – Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kecepatan, skill dan juga strategi. Apabila kita ingin bermain sepak bola dengan baik, maka kita membutuhkan teknik dasar yang harus dikuasai sehingga nantinya akan mempermudah kita dalam bermain sepakbola.

Karena kalai kita hanya mengandalkan pada kemampuan body atau kecepatan tanpa mempelajari teknik dalam permainan sepak bola, tentu nantinya kita akan mengalami kesulitan.

Nah berikut ini merupakan teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus kita pelajari agar mempermudah kita menjadi seorang pemain sepak bola yang handal, diantaranya sebagai berikut:


#1 Menggiring Bola – Teknik Dasar Sepakbola


cara menggiring bola
ytimg.com

Menggiring bola atau yang lebih populer disebut dengan Dribbling bola, di dalam sepak bola sangatlah penting dan yang paling utama yang harus kita pelajari. Di karenakan dribbling ini merupakan satu diantara teknik dasar dalam permainan sepak bola.

Saat kita tidak ada rekan yang bisa diumpan, kita mau tidak mau harus mendribbling bola tersebut. Dan juga saat kita mengumpan bisa menyebabkan offside, nah dalam posisi ini kita harus menggiring bola. Menggiring ini dibedakan menjadi dua bagian, yaitu:

Closed Dribbling

Dilakukan dengan cara mengontrol bola secara penuh, dan dilakukan saat bola memang tak betul-betul awan karena adanya musuh. Pada teknik close dribbling ini, kita tidak boleh jauh-jauh dari bolleh, jangkauan maksial dari bola yakni 1 meter.

Speed Dribbling

Pada teknik speed dribbling ini kita hanya mempunyai satu arah saja dan di tambah dengan kecepatan.
Di teknik speed dribbling, kita harus bisa menggiring bola dengan lari secepatnya.

Hal ini bisa kita lakukan dengan cara menendang bola kedepan kemudian kita kejar sekuat-kuatnya, jangan sampai lolos. Syarat untuk menggunakan teknik ini, pastikan kita benar-benar berada di luar jangkauan lawan.

Panduan Menggiring Bola yang Benar

  1. Bila kita sedang membawa bola ke daerah lawan yang kosong, maka lakukanlah speed dribbling. Akan tetapi bila kita membawa bola nya di sekitar lawan, maka kita harus menggunakan teknik closed dribbling, agar tidak mudah direbut oleh lawan.
  2. Saat kita sedang melakukan closed dribbling, jangan samapi menaikkan kecepatan dengan cara membuat lebar langkah kaki kita ataupun mendorong bola terlalu jauh ke depan, cara yang digunakan yaitu denganmeningkatkan frekuensi langkah kaki kita.
  3. Yang harus kita perhatikan adalah, jangan sampai kita itu menggiring bola di sepertiga lapangan kita. Tapi kita menggiring bola di sepertiga lapangan lawan.
  4. Pada saat kita sedang menggiring bola, bila ada lawan yang membayangimu dari samping, maka kita harus menggunakan teknik berbalik (turning), teknik ini kerapkali diandalkan karena bisa mengecoh lawan.
  5. Pada saat kita sedang menggiring, bila lawan menghadang daro arah depanmu maka yang harus kita lakukan adalah mengumpan bola pada rekan atau jika bisa lewatilah lawan yang sedang menghadang itu. Dan ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk melewati lawan.
  6. Dalam menggiring bola, kita bisa melakukannya ke arah mana saja, termasuk ke arah belakang apabila kita butuh.
  7. Dan bila ada rekanmu yang tengah menggiring bola kemudian ada dalam kesusahan, maka yang harus kita lakukan adalah datang menolong dengan cara mengambil posisi yang bagus untuk menerima umpan.

#2 Menendang – Teknik Dasar Sepakbola


menendang bola
pixabay.com

Untuk melakukan tendangan ke arah gawang dengan baik, maka kita perlu melakukan koordinasi kepada semua anggota di tim. Nah berikut ini adalah teknik dalam menendang bola yang harus kita pelajari.

Posisi Kepala

Disini yang disebut dengan posisi kepala yaitu pada saat sebelum kita melakukan tendangan pada bola, sebaiknya terlebih dahulu kita merekam keadaan lapangan, merekam di mana posisi rekan kita maupun lawan, agar supaya kita bisa memastikan kemana arah bola akan ditendang.

Setelah merekam semuanya, kepala kita menghadap pada bola dan mata kita mengkoordinasikan sisi dari bola yang akan ditendang.

Posisi Kaki

Apabila posisi kaki kita berada di segi depan bola, maka nantinya bola akan melaju lurus dan mendatar di tanah. Apabila posisi kaki kita berada disisi samping bola, maka laju bola nantinya tidak terlalu kencang. Dan sedang apabila posisi berada di segi belakang bola, nanti bola saat di tendang akan melambung tinggi.

Sisi dari Bola yang Bakal Ditendang

Untuk menentukan sisi bola mana yang akan ditendang maka kita perlu mencermatinya, karena ini menentukan laju bola nya. Bila kita menendang dari segi kiri bola, nanti bola akan bergerak melengkung ke arah kanan.

Apabila kita menendang pas pada bagian tengah bola, nanti bola akan melaju lurus ke arah depan. Bila kita menendang bola dari segi kanan bola, nanti bola akan bergerak menlengkung ke arah kiri. S

edang apabila kita menendang bola pas di atas bola, besar kemungkinan bola yang kita tendang tak bergerak kemana-mana. Apabila kita menendang bola pas pada bagian bawah bola maka nantinya bola akan terangkat dan melambung ke arah depan.

Kemampuan Kaki

Seberapa kencang atau lambatnya bola yang kita tendang itu ditetapkan dari seberapa kuat kaki kita sebelum menendang atau melalakukan ancang-ancang.

Sisi Kaki untuk Menendang

Daerah segi pada kaki ini semakin banyak digunakan pada permainan sepakbola. Karena tingkat keakuratannya yang cukup tinggi pada saat melakukan passing atau umpan.

Teknik Menendang

Ada 7 teknik menendang bola. Sebagian dari teknik tersebut kerap kita gunakan, tapi sebagian yang lainnya diperlukan latihan khusus. Ketujuh teknik itu diantaranya :

  1. Menendang bola dengan sisi luar kaki
  2. Menendang bola dengan punggung kaki
  3. Menendang bola dengan tumit
  4. Menendang bola dengan sisi dalam kaki
  5. Menendang bola dengan ujung jari kaki atau sepatu
  6.  Mengangkat bola menggunakan ujung jari kaki atau sepatu
  7. Menendang bola dengan punggung sisi dalam kaki

#3 Mengumpan – Teknik Dasar Sepakbola


passing sepak bola
statsbomb.com

Mengumpan dan juga menerima bola merupakan bagian penting dalam permianan sepakbola. Siapa yang tidak bisa melakukan passing, maka dia tidak akan bisa bermain sepakbola. Ada apa dengan Umpan? Dikarenakan mengumpan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggiring.

Dan juga jika pembawa bola yang baik selalu mengumpan bola saat sebelum dia “habis”. Jadi jangan sampai setelah “habis” baru dia mengumpankan bolanya. Sebab jika demikian, bolanya pasti bola yang “tidak enak”.

Beberapa Kekeliruan Dalam Mengumpan :

  1. Kecepatan bola tak pas dengan jarak passing (biasanya sangat keras atau malah sangat lembek). Jika sangat keras, bola tidak akan terjangkau oleh rekan. Dan jika terlalu lembek, bola akan terpotong lawan.
  2. Umpan tidak akurat.
  3. Mengumpan disaat waktunya menembak.
  4. Jangan sampai kita asal menendang bola (terkecuali saat kondisi yang genting didepan gawang). Kita perhatikan kondisi lalu ambillah ketentuan yang baik.

Dalam mengumpan tidak harus pas ke orangnya. Jika rekan kita sedang berlari, kita dapat memberikannya umpan pada ruang kosong yang berada didepannya.

Jika kita mau rekan kita untuk merangsek ke depan dalam kurun waktu yang cepat, maka kita memberikan umpan di ruangan kosong yang berada didepannya sampai ia lari kedepan untuk mendapatkan bola tersebut.Dalm menerima bola tak mesti menghentikannya. Bisa segera diarahkan kepada rekan.

Kita arahkan ke arah tujuan lari membawa bola (sehigga nantinya lebih irit waktu). Kemudian juga bisa diarahkan ke arah yang kosong untuk menjauh dari lawan terdekat (untuk mengurangi pressing).

Beberapa jenis-jenis passing diantaranya seperti umpan 1-2 (wall pass), kemudian umpan terobosan (through pass), serta umpan silang (crossing), dan jugasumpan diagonal.


#4 Mengontrol Bola – Teknik Dasar Sepakbola


mengontrol bola
dmcdn.net

Menghentikan bola merupakan salah satu diantara teknik dasar dalam permainan sepak bola yang cara penggunaannya berbarengan dengan teknik menendang bola.

Yang di maksud dalam menghentikan bola yakni untuk mengontrol bola, dan yang termasuk didalamnya yakni untuk mengatur dari tempo permainan, serta mengalihkan laju permainan, dan juga mempermudah kita untuk passing.

Panduan Dalam Mengontrol Bola :

  1. Posisi tubuh kita harus segaris dengan arah datangnya bola
  2. Kaki bertumpu menghadap pada bola, dan lutut kita sedikit diteku
  3. Kaki yang menghentikan bola diangkat sedikit dengan posisi permukaan sisi dalam kaki sedikit dijulurkan kedepan segaris dengan arah datangnya bola.
  4. Bola yang menyentuh kaki berada di bagian dalam atau mata kaki.5. Kaki yang menghenikan bola harus mengikuti arah bola.

Untuk teknik menghentikan bola, sebenarnya masih ada banyak sekali langkah yang dapat dilakukan salah satunya yaitu menggunakan Punggung kaki, dada, paha, dan juga Kepala jika memungkinkan.


#5 Menyundul Bola – Teknik Dasar Sepakbola


heading bola
365dm.com

Yang dimaksud dengan menyundul bola di dalam permainan sepak bola yakni untuk mengoper, mencetak gol, menghentikan serangan lawan atau untuk membuang bola. Sudah banyak gol yang tercipta di dalam permainan sepak bola yang berasal dari hasil sundulan.

Pemain harus banyak belajar bagaimana cara menyundul bola menggunakan dahi, bukan dengan ubun-ubun kepala.
Pemain harus segera sadar jika mereka yang akan menyundul bola, bukannya bola yang akan mengenai mereka. Jika dilihat dari posisi badan, menyundul bola bisa saja dikerjakan sambil berdiri dan dengan meloncat/melompat.


#6 Gerakan Merebut Bola (Intercept)


footballchannelasia.com

Teknik dasar yang satu ini juga membutuhkan kerjasama tim, dikarenakan dasarnya yaitu merebut bola yang berada pada kaki lawan. Disini kita perlu membaca gerakan lawan dan haru diupayakan juga membaca gerakan bola kemana nantinya bola tersebut akan bergerak.

Saat kita mau mendalami gerak tipu tanpa ada bola, maka kita bisa juga mengaplikasikan gerak tipu tersebut untuk menggunakannya dalam merebut bola dari lawan. Dan hal yang sangat gampang dalam melakikan intercept ini yaitu dengan cara menghadang laju bola yang diumpan menggunakan cara long pass.


#7 Gerakan Menyapu Bola (Sliding Tackle)


sliding tackle
thickaccent.com

Sliding tackle merupakan gerakan yang bertujuan untuk merebut bola dari lawan yang pada dasarnya cukup rawan, karena kesalahan sedikit saja kita bisa mencederai lawan dan bisa saja kita mendapatkan kartu. Teknik yang harus dipelajari yakni meluncur dengan cara menjatuhkan tubuh kita ke rumput.

Disini kita juga butuh memperhatikan timing saat akan melakukan sliding tackle dikarenakan jika kita salah perkiraan waktu bisa-bisa kita menghasilkan kartu. Hal yang tak diperbolehkan melakukan Sliding tackle yakni melakukannya dari belakang lawan, kemudian tackle dengan teknik menggunting dan juga mengangkat kaki saat men-tackle.


#8 Gerakan Menangkap Bola (untuk kiper)


menangkap bola
wikimedia.org

Tehnik dasar dalam menangkap bola ini hanya berlaku untuk kiper ya, karena sudah pasti dalam permainan sepak bola, pemain tidak dapat menyentuh bola dengan tangan hanya penjaga gawang.

Latihan yang sering digunakan yaitu latihan menangkap bola dari kanan maupun kiri atau bisa pula dengan menangkap tembakan pinalti.

Itu tadi beberapa teknik dasar dalam sepak bola yang baiknya untuk kita tekuni serta kuasai agar nantinya kita bisa menjadi pemain profesional, dan mungkin saja disini banyak teknik dasar yang lain yang belum saya catat, semisal juggling.

Teknik juggling juga penting untuk beberapa pemain, karena saat kita telah bisa dengan juggling, maka kita benar-benar sudah akrab dengan bola. Baik cukup sekian pembahan kita, terima kasih.

1 thought on “8 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Leave a Comment

%d bloggers like this: