5+ Teknik Lempar Lembing Yang Fenomenal

TEKNIK DASAR – Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga jenis atlentik. Mungkin anda sudah mengetahu atau tidak asing dengan olahraga yang satu ini. Olahraga lempar lembing ini memang merupakan olahraga yang sudah kita kenal dan juga sudah sangat populer di semua kalangan masyarakat, baik dalam tingkat nasional sampai dalam tingkat internasional.

Untuk semua cabang olahraga juga pastinya mempunyai teknik dasar tersendiri, di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai teknik dasar lempar lembing.

Sebelum membahas mengenai teknik dasar lempar lembing, kita harus tau mengenai cabang olahraga yang satu ini terlebih dahulu. Ternyata lempar lembing ini terdiri diri dua kata, yaitu dari kata “Lempar dan Lembing”. Untuk lempar sendiri merupakan membuang jauh-jauh, sedangkan lembing merupakan jenis tongkat yang memiliki ujung yang sangat runcing.

Alat yang digunakan untuk lempar ini yaitu disebut sebagai lembing. Alat ini memang seperti tombak yang mempunyai bentuk panjang dan bulat serta runcing yang terbuat dari kayu atau bahan yang lainnya.

Tidak sembaranagn orang yang bisa melakukan atau memainkan olahraga ini, karena orang yang dapat melakukan olahraga ini yaitu dia yang benar-benar mempunyai kekuatan untuk melempar yang sangat baik dan tepat, dengan begitu sang pelempar itu perlu untuk diukur dan tepat.

Bahkan hingga sudut pada waktu lembing lepas dari tangan, serta mempunyai kecepatan gerak yang sangat cepat, karena kombinasi antara awalan dengan perpaduan tenaga dan juga kecepatan waktu.

Untuk melempar lembing inilah sangat penting supaya hasil lemparannya sempurna dan juga bisa dianggap baik. Jadi olahraga lempar lembing ini merupakan olahraga untuk tujuan membuang lembing atau melempar lembing secara jauh-jauh.

Teknik Dasar Lempar Lembing

cara lempar lembing
koranyogya.com

Semua olahraga pastinya mempunyai teknik dasar sendiri untuk melakukan olahraga tersebut. Dengan adanya teknik dasar, kita di sini akan diajarakan cara untuk memulai atau melakukan olahraga yang sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan dengan baik dan juga benar.

Untuk olahraga lempar lembing ini juga tidak harus memulai melempar lembing secara sembarangan, namun juga pastinya ada teknik tersendiri supaya lebih tepat. Dengan demikian, mari kita simak dengan betul-betul mengenai teknik dasar lempar lembing di bawah ini:

1. Teknik Dasar Lempar Lembing “Memegang Lembing”

Hal yang pertama yang benar-benar harus diperhatikan yaitu mengenai teknik dalam memegang lembing. Karena teknik yang pertama kali yang harus dilakukan dalam memulai segala hal itu bermula dari sini yaitu dengan mempelajari teknik dasar lempar lembing.

Cara memegang lembing ini juga sangat menentukan atas hasil pencapaian sebuah lemparan. Karena olahraga ini mengharuskan pemainnya untuk memegang lembing dengan efektif dan baik. Ada tiga cara:

  1. Cara Amerika.Yaitu dengan memegang lembing yang menempatkan ibu jari sekaligus telunjuk untuk saling bertemu pada lilitan lembing atau di belakang balutan lembing.
  2. Cara Finlandia.Yaitu dengan cara, pertemukan antara ibu jari serta jari tengah untuk bertemu tepat di bagian lilitan lembing. Untuk telunjuk, posisikan tegal lurus dengan batang lembingnya.
  3. Jepit Tang.Yaitu fokus pada jari telunjuk serta jari tengah yang bertugas menjepit lembing tepat di belakang bagian pegangan.

2. Teknik Dasar Lempar Lembing “Membawa Lembing”

Bagaimana sih cara untuk membawa lembing yang benar itu? Nah, untuk cara membawa lembing sendiri itu sebenarnya tidak terlalu rumit sih, karena untuk cara membawa lembing ini sendiri bisa menggunakan berbagai cara asalkan cara tersebut tidak menyusahkan anda dalam posisi lari, ya intinya senyaman mungkin menurut anda itu seperti apa. Mungkin dapat sedikit dipaparkan yaitu sebagai berikut:

  1. Posisikan untuk membawa lembing dapat di taruh di atas pundak yang mana mata lembing itu posisinya berada di serong bagian atas.
  2. Namun, para atlet juga bisa membawa lembing itu di atas pundaknya yang posisi arah mata lembing itu berada di bawah.
  3. Jika lembing anda bawa dengan posisi mendatar, tidak hanya tangan saja namun juga bahu akan menjadi rileks.
  4. Untuk cara membawa lembing itu juga tidak harus berada di atas bahu saja, namun juga dapat dilakukan di mana saja, namun yang harus diperhatikan yaitu anda harus terus meluruskan tangan ke belakang supaya memudahkan dalam mengambil sejumlah sikap lanjutan.

3. Teknik Dasar Lempar Lembing “Teknik Awal Berlari”

Dalam memainkan lempar lembing, teknik awalan berlari dalam lempar lembing ini harus diperhatikan betul-betul. Di mana awalan ini merupakan gerakan mula-mula dalam proses untuk melempar lembing dengan melakukan lanhkah berlari ke atas batas tolakan.

Yang tujuannya yaitu sebagai pembangun kecepatan gerak tubuh untuk kepentingan hasil lemparan nantinya. Teknik-teknik yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Untuk awalan lari lempar lembing, pelempar lembing berlari dengan membawa lembing dan untuk posisi lembingnya harus sejajar di atas garis pararel dengan tanah.
  2. Cross Step atau langkah silang di bagiam depan serta Rear Cross Step yaitu langkah silang di bagian belakang. Untuk cross step, diperlukan untuk memutar bahu secara perlahan ke arah kanan ketika menurunkan kaki kiri, untuk lengan kanan digerakkan atau di luruskan ke belakang. Bergeraklah terus sampai atas sampai melampaui kaki kiri atas yang dapat membuat tubuh condong ke belakang. Fokus pandangan tetap ke depan dan tetap menjaga kedua bahu tersebut.
  3. Fase-fase terakhir ini saat menurunkan kaki kiri pada posisi akhir lemparan, mulailah untuk pemutaran kedua pinggul ke depan. Kemudian tekan kaki kiri ke tanah dan langsung melanjutkan dengan memutar kaki kanan ke dalam lalu diluruskan dengan lutut kanan.

4. Teknik Dasar Lempar Lembing “Melempar Lembing”

Teknik ini merupakan tahap yang di tunggu-tunggu atau menjadi perhatian yang utama. Cara melakukannya:

  1. Sebelum melakukan pelemparan lembing, pastikan membawanya dengan tangan lurus yang di putar ke arah dalam, untuk itulah rebahkan badan ke belakang dengan lutut kaki kanan di saat yang sama dengan pembengkokan siku.
  2. Bawalah lembing dengan kecepatan kilat dengan melempar sekuat tenaga ke depan dari atas kepala.
  3. Kemudian, lepaskan lembing di saat lurus dan pangkal lilitan tali lembing dapat didorong dengan jari-jari tangan.

5. Teknik Dasar Lempar Lembing “Melepaskan Lembing”

Untuk melepaskan lembing, terdapat tekniknya sendiri yaitu:

  1. Bahu merupakan hal yang teraktif yang digunakan untuk melempar lembing, sedangkan siku untuk bagian mendorong.
  2. Lemparkan lembing di lepaskan dengan 45 derajat sudut lemparan, yang digerakkan seperti ketapel.
  3. Selama pelemparan lembing, tekuk lengan kiri dengan tujuan memblok dan pastikan tubuh anda itu seimbang dengan mempertahankan posisi yang sudah diciptakan saat melempar supaya tidak semakin condong ke depan.

Itulah teknik-teknik dasar dalam pelemparan lembing, lakukan dengan cara yang baik dan benar seperti teknik-teknik di atas, terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: