68

Teknik Dasar Menendang Bola Beserta Penjelasannya – Lengkap!

TEKNIK DASAR MENENDANG BOLA – Dalam setiap cabang olahraga, pastinya semua akan membutuhkan teknik. Teknik-teknik inilah yang harus benar-benar kita kuasai untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam berolahraga.

Karena kita tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan serta materi saja. Kemampuan dan materi memang sangat penting juga, akan tetapi lebih tepatnya dan lengkapnya teknik-teknik serta praktiknya harus dijalankan secara seimbang, sehingga akan menghasilkan hasil permainan yang baik dan sempurna.

Salah satu teknik yang akan kita pelajari di sini yaitu teknik dasar dalam menendang sepak bola. Yang mana, teknik dasar ini tidak kalah pentingnya dengan formasi dalam permainan sepak bola itu sendiri.

Yang kita tahu bahwasannya teknik dalam permainan sepak bola itu terdapat beberapa macam tekniknya, yaitu Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling), Teknik Dasar Menendang Bola (Kicking), Teknik Dasar Mengumpan Bola (Passing), Teknik Dasar Menghentikan Bola (Stopping), Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading), Teknik Dasar Merebut Bola (Intercepting), Teknik Dasar Menyapu Bola (Sliding Tackle), Teknik Dasar Menangkap Bola (Goal Keeping), dan Teknik Dasar Lemparan ke Dalam.

Itu semua merupakan teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli, namun dalam artikel ini, hanya satu teknik dasar saja yang kita bahas yaitu Teknik Dasar Menendang Bola (Kicking). Langsung saja kita bahas artikel ini dengan baik:

Definisi Sepak Bola serta Tendangan dalam Permainan Sepak Bola

cara menendang bola

ytimg.com

Sebelum pembahasan lebih mengenai intinya, kita singgung sedikit-sedikit, apa sih permainan olahraga sepak bola itu? olahraga sepak bola merupakan jenis olahraga yang mengandalkan kecepatan, kemampuan dan strategi.

Sepak bola ini merupakan permainan yang menggunakan bola dan dimainkan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing tim terdapat 11 (sebelas) pemain inti dan juga terdapat cadangan.

Di dalam permainan sepak bola ini terdapat tekniknya sendiri, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasannya terdapat 9 (sembilan) teknik dalam permainan sepak bola, untuk yang kita bahas kali ini yaitu teknik dasar menendang bola (kicking).

Menendang bola sendiri itu merupakan teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola yang tujuannya untuk memasukkan bola ke dalam gawang atau dapat diartikan juga sebagai teknik menendang dan menembak bola ke arah gawang lawan.

Tujuan utamanya yaitu untuk meng-goalkan atau memasukkan bola ke arah gawang lawan supaya mendapatkan skor poin.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya lagi, langsung saja kita bahas mengenai langkah-langkah Teknik Dasar Menendang dalam Permainan Sepak Bola (Kicking). Di dalam teknik dasar menendang bola ini, digolongkan lagi menjadi 6 (enam) tahapan tekniknya dalam menendang bola, diantaranya yaitu:

  • Dalam teknik menendang bola, menendang itu bisa menggunakan sisi bagian dalam kaki.
  • Dalam teknik menendang bola juga dapat menggunakan sisi bagian luar kaki.
  • Bisa juga dengan menendang bola menggunakan punggung kaki (kura-kura).
  • Teknik menendang bola dengan punggung sisi dalam kaki.
  • Teknik menendang bola dengan menggunakan tumit.
  • Dan yang terakhir, teknik menendang bola dengan ujung jari kaki atau sepatu.

Dari ke-enam penjelasan mengenai teknik menendang dalam permainan sepak bola tersebut kurang begitu lengkap dan kita pahami, maka dari itulah langsung saja penambahan penjelasan akan saya uraikan.

Yang akan di uraikan di sini yaitu mengenai teknik menendang bola dengan menggunakan sisi bagian dalam kaki, teknik menendang bola dengan menggunakan sisi bagian luar kaki, dan juga teknik menendang bola dengan menggunakan sisi bagian punggung kaki atau disebut dengan teknik tendangan kura-kura.

Langkah-Langkah Teknik Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

bagian bola dalam

1.bp.blogspot.com

Berikut inilah langkah-langkah dalam menendang bola dengan kaki bagian dalam:

  • Berdirilah dengan sikap tubuh yang menghadap ke arah bola.
  • Kemudian, poisikan kaki kiri kamu yang bertumpu ke samping bola dengan lutut yang sekit agak di tekuk.
  • Lalu, pastikan tubuh kamu agak sedikit condong ke belakang.
  • Untuk hasil yang seimbang, tekuklah sedikit kedua tangan di samping badan kamu.
  • Jangan lupa, selalu fokus ke arah bola dan juga pada sasaran tembakanmu.
  • Saat itulah, kamu langsung membidik bola denga tepat di bagian dalam kaki dari kiri.
  • Kemudian juga, ayunkan kaki kanan dari belakang ke depan dan langsung tendang bolanya dengan sasaran bola berada di bagian samping.
  • Setelah tendangan itu selesai, tumpu berat badan ke kiri ke kanan, atau yang dipakai saat menendang tadi.
  • Yang terakhir, mendaratlah dengan baik dengan mendahulukan kaki kanan tersebut.

Langkah-Langkah Teknik Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar

menendang dengan bagian luar

hellosehat.com

Untuk teknik tendangan dari luar ini sama juga dengan teknik yang sebelumnya sudah dijelaskan, namun yang membedakan yaitu teknik ini menggunakan sisi tendangan dari bagian luar kaki.

Dan digunakan untuk menendang dengan jarak tempuh tendangan yang lebih dekat. Berikut langkah- langkah dalam menendang bola dengan kaki bagian luar:

  • Sikapkanlah tubuh dengan berdiri menghadap ke arah bola.
  • Kemudian, tempatkanlah kaki kiri atau yang menumpu tubuh itu diletakkan di samping bola yang akan di tendang.
  • Lalu, rileksasikan kedua tangan untuk menjaga keseimbangan tubuh anda.
  • Untuk sekarang ini, gantian untuk kaki kanan atau yang digunakan untuk menendang bola sedikit diputar ke dalam.
  • Tetapkanlah fokus untuk pandangan mata ke arah bola.
  • Kemudian juga, ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola ke arah depan.
  • Sentuhkan kaki bagian luar atau kenakan kaki bagian luar pada bola.
  • Yang terakhir, geser atau condongkan berat badan ke bagian depan tubuh.

Langkah-Langkah Teknik Menendang Bola dengan Punggung Kaki (Kura-Kura)

menendang bola

3.bp.blogspot.com

Sama halnya dengan teknik yang sudah dijelaskan di atas, teknik ini merupakan teknik yang digunakan untuk menendang bola dengan jarak tempuh tendangan yang lebih jauh. Berikut langkah- langkah dalam menendang bola dengan kaki bagian punggung kaki (kura-kura):

  • Sama seperti teknik sebelumnya, yaitu selalu sikapkan tubuh untuk berdiri di hadapan bola.
  • Kemudian, kaki kiri atau yang digunakan untuk menumpu itu diletakkan di samping bola yang akan di tendang dengan sedikit menekuk lutut.
  • Setelah itu, rileksasikan kedua tangan kamu tujuannya di sini yaitu untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Hal yang tidak dapat dihilangkan yaitu, Fokuskanlah pandangan mata ini ke arah bola yang akan di tendang.
  • Lalu, tekuklah ke bawah pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola.
  • Nah, ketika akan menendang bola, tekuk menghadap ke depan lutu kaki kanan atau yang digunakan untuk menendang dan ayunkan dari arah belakang ke arah bola yang akan ditendang, kemudian itu sentuhkan kaki pada bola bagian belakang.
  • Yang terakhir setelah menendang, tumpukkan berat badan ke bagian arah depan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai teknik dasar menendang dalam permainan sepak bola, yang sebaiknya benar-benar anda terapkan, anda tekuni, anda pelajari, dan juga langsung anda praktikkan dengan baik.

Agar anda menjadi seorang pemain sepak bola yang sangat hebat sesuai dengan bidang olahraga anda. Untuk itulah tidak hanya materi saja, namun praktik langsung itu juga sangat diharapkan untuk hasil yang maksimal. Sekian penjelasan dari artikel ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply