Teknik Dasar Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Lengkap!

TEKNIK DASAR BOLA VOLI – Olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena olahraga tersendiri tidak bisa dipisahkan dalam diri manusia. Olahraga sudah menjadi pelengkap dalam hidup manusia. Dengan ber-olahraga seseorang akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Dibandingkan dengan oang-orang yang kurang ber-olahraga, hidupnya gampang sakit, lemah, kurang semangat dan sakit-sakitan. Karena memang benar, olahraga itu sangat memeberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Jangan disangka juga yang namanya olahraga itu pasti harus yang berat-berat, tidak harus begitu, olahraga yang ringanpun ada. Yang terpenting disini adalah olahraga yang dilakukan itu dengan benar dan fokus.

Jika olahraga yang berat-berat maupun yang ringan itu dilakukan dengan tidak baik, tidak fokus, bahkan meyepelehkan, maka olahraga yang dilakukan semua itu akan kurang memberikan efek manfaat atau baik dalam tubuh.

Dengan begitulah dalam olahraga pun mempunyai teknik-teknik tersendiri, supaya bisa benar-benar bermanfaat bagi tubuh. Disini akan dijelaskan mengenai “Teknik Dasar Permainan Bola Voli”. Maka dari itu mari kita kupas bagaimana teknik dasar dalam permainan bola voly tersebut?

Definisi serta Sejarah Singkat Bola Voli

definisi teknik bola voli
pinterest.co.uk

Sebelum mengupas teknik dasar dalam permainan bola voli, kita semua harus tau apa sih bola voly itu ? bola voly itu sebenarnya sudah dikenal sejak abad pertengahan terutama pada abad romawi. Kemudian pada tahun 1893 permainan ini diperkenalkan ke Jerman dengan nama “Faustball”.

Dan pada tahun 1895 olahraga ini diberi nama “Minonette” yang teknik dasar yang digunakan dalam permainan ini yaitu dengan memukul-mukul bola yang melayang secara hilir mudik di udara.

Maka dari itulah kemudian pada tahun 1896 permainan ini diubaha nama dengan “Volleyball (Bola Voli) dan nama dan juga permainan bola voli ini sampai detik inipun sudah terkenal atau populer di seluruh dunia.

Penjelasan Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Setelah mengetahui definisi secara singkat tentang permainan bola voli, sekarang kita beralih pada intinya yaitu bagaimana teknik dasar permainan bola voli ini? Langsung saja kita simak bersama-sama mengeanai penjelasan teknk dasar permainan bola voli ini.

Kita ketahui bahwasannya teknik itu sendiri merupakan cara atau langkah dalam melakukan sesuatu. Nah terus untuk teknik dalam permainan bola voli ini bagaimana? Teknik dalam permainan bola voli ini merupakan tolak ukur atas kemahiran kamu dalam bermain bola voli ini. Dengan begitulah siapkan juga mental, kondisi fisik dan penyusunan strategi yang tepat dalam bermain.

Teknik Dasar Bola Voli serta Cara Melakukannya

Dalam teknik dasar permainan bola voli terdapat empat teknik yaitu terdiri dari Service, Passing, smash dan Blocking.

1. Teknik Dasar Service dalam Permainan Bola Voli

service bola
fivb.org

Bagi seorang pemula dalam bermain bola voli, teknik dasar yang pertama yaitu mempelajari teknik “service”. Service yaitu pukulan bola voli yang dilakukan dengan melewati net ke area yang kosong di daerah tim lawan.

Atau juga bisa dikatakan sebagai pukulan yang diarahkan kepada tim lawan yang terlihat lemah sehingga tidak bisa diolah oleh pemain lawan tersebut sehingga juga tim yang melakukan pukulan tersebut akan mendapatkan poin.

Poin yang didapatkan itu dari service yang dilakukan setelah bola voli itu jatuh ke tanah, sehingga yang melakukan service itu merupakan tim yang berhasil mendapatkan poin dari permainan tersebut. Service sendiri terbagi mejadi beberapa bagian, yaitu:

a. Teknik Dasar Service Bawah

Teknik ini dilakukan dengan cara, pemain berdiri dengan satu kaki di depan dan menghadap ke arah net, kemudian berat badan itu harus bertumpu ke kaki yang belakang, setelah itu lambungkan bola voli ke atas dengan rendah, dengan gerakan tangan kanan ke belakang.

Kemudian mengayunkan ke depan untuk memukul bola ke arah daerah tim lawan, gepalkan tangan dengan memindahkan berat badan ke kaki yang depan serta pindahkan kaki yang belakang ke depan untuk menghasilkan pukulan bola voli yang kuat.

b. Teknik Dasar Service Samping

Teknik ini dilakukan dengan cara, pemain berdiri dengan kedua kaki yang dihadapkan ke segi lapangan, bola voli dipegang dengan tangan yang menjulur setinggi kepala, lambungkan bola voli ke depan dengan mengayunkan tangan ke belakang.

Untuk memukul dengan tumpuhan berat badan sedikit menekuk kedua lutut dan angkat tangan dengan gerakan melingkar untuk memukul bola serta putarkan badan sampai menghadap ke net dengan memindahkan tubuh ke depan.

c. Teknik Dasar Service Atas

Teknik yang satu ini menggunakan cara, pemain berdiri dengan menekuk lutut dan salah satu kaki di depan, pegang bola dengan kedua tangan serta lambungkan dengan tangan kiri ke atas setinggi 1 cm

Tarik tangan kanan ke belakang dengan tangan menghadap ke depan, posisikan tangan tetap lurus dan semua badan ikut bergerak dan pindahkan beban tubuh ke depan.

d. Teknik Dasar Jump Service

Caranya yaitu pemain berdiri dengan merapatkan kaki, bola dipegang dengan kedua tangan dengan melambungkan ke atas, dan ketika itu lakukan tolakan dengan satu kaki ke depan, setelah mendapatkan lompatan yang optimal lalu pukullah dengan memindahkan berat tubuh ke depan sehingga mendarat dengan baik.

2. Teknik Dasar Passing dalam Permainan Bola Voli

passing bola voli
onewordvolleyball.com

Passing merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola ke teman satu timnya. Untuk teknik passing yang tepat untuk melancarkan penyerangan yang akan menghasilkan poin maka ada dua teknik yaitu:

a. Teknik Dasar Passing Atas

Teknik ini menggunakan cara, pemain berdiri dengan tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki selebar bahu dengan menekuk lutut sehingga badan merendah dan bungkuk.

Saat bola datang tempatkan badan di bawah bola, tangan diangkat dengan jari merenggang, tegangkan jari supaya bola memantul dengan baik, sedikit angkat tumit, luruskan kedua lengan dan pandang mengikuti ke arah gerakan bola.

b. Teknik Dasar Passing Bawah

Caranya, berdiri dengan membuka kaki selebar bahu, rapatkan kedua lengan, ayunkan lengan bersamaan sampai setinggi bahu, lakukan passing dengan lengan mengayun tidak lebih 90 derajat dengan bahu.

3. Teknik Dasar Smash dalam Permainan Bola Voli

teknik smash
vollyballfull.blogspot.com

Smash merupakan memukul bola dengan menggunakan kekuatan penuh sambil melompat. Teknik ini merupakan urutan ketiga dari Passing Bawah, Passing Atas, dan Smash.

Dalam smash ini harus dilakukan dengan menghasilkan serangan yang keras dan menukik agar tidak bisa diterima oleh tim lawan dan tim yang melakukan smash ini mendapatkan poin. Dalam teknik smash ini terdapat bagian yang terbagi menjadi empat (4) yaitu Smash Awalan, Smash Tolakan, Smash Pukulan, dan Smash Pendaratan.

4. Teknik Dasar Blocking dalam Permainan Bola Voli

teknik blocking
fivb.org

Teknik ini merupakan teknik terakhir atau penutup dalam permainan bola voli. Teknik ini digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari tim lawan. Teknik ini menggunakan pertahanan dengan kedua tangan dengan lompatan yang tinggi gunanya untuk menahan bola supaya tidak masuk ke daerahnya.

Setelah teknik ke-empat tersebut sudah dijelaskan dan anda kuasai, maka belajarlah dengan baik dan benar sesuai teknik-tekniknya supaya dalam permainan bola voli nantinya kamu bisa handal dalam bermain, terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: