Teknik Dasar Tenis Meja – Rahasia Menjadi Pemain PRO!

TEKNIK DASAR – Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang cara mainnya dengan menggunakan alat yaitu menggunakan bola yang berukuran kecil atau juga disebut sebagai bola ping-pong. Olahraga ini dimainkan oleh dua orang atau kadang juga bisa dimaikan oleh empat orang dengan dua tim yang dinamakan permainan tenis meja ganda.

Olahraga ini merupakan olahraga yang sudah lama dimainkan dan dikenal oleh masyarakat banyak. Karena olahraga ini sudah ada pada abad ke-19 (sembilan belas) di Inggris. Olahraga ini juga merupakan olahraga jenis elit, karena pada zaman dahulu olahraga ini dimainkan oleh orang-orang elit saja atau orang-orang kelas atas yang dilakukan indoor setelah makan malam.

Olahraga tenis meja ini bisa juga disebut sebagai olahraga ping-pong yang sudah dikenal dan istilah ini memang sudah sangat populer dikalangan semua masyarakat.

Disetiap olahraga juga pastinya ada teknik-teknik atau juga dapat dikatakan cara dalam memainkannya, cara-cara yang harus dipatuhi supaya tujuan dalam memainkan permainan ini bisa berjalan dengan baik. maka dari itulah langsung saja simak di bawah ini mengenai Teknik Dasar Tenis Meja:

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

teknik dasar tenis meja

satujam.com

1. Teknik Dasar “Grip”

Teknik grip ini merupakan teknik untuk memegang raket, jadi untuk memegang raket sendiripun juga ada tekniknya tersendiri. Teknik ini disebut sebagai teknik “Grip”, dimana teknik ini merupakan teknik dasar yang pertama-tama harus kita tau atau kita pelajari dengan baik karena teknik ini sangat turut dalam mempengaruhi performa kita dalam bermain. Ada tiga jenis teknik “Grip” ini sendiri yaitu:

  • Teknik Penholder GripCara menggunakan teknik yaitu seperti memegang bulpen, cara melakukannya yaitu pastikan untuk memegang bet yang mengarah ke bawah dengan grip atau pegangan yang menghadap ke atas. Kemudian bet tersebut harus dipegang tepat di mana pegangan menyatu dengan bidang bet memakai jari telunjuk dan juga ibu jari “seperti memegang bulpen atau pena”.Yang terakhir pada sisi bet lainnya, boleh menggunakan ketiga jari atau juga dapat meluruskan ke bawah bet tapi harus merapatkan terlebih dahulu jari-jari kita.
  • Teknik Shakehand GripCara menggunakan teknik ini yaitu seperti berjabat tangan, cara melakukannya yaitu posisikan bet tersebut tegak lurus sejajar dengan lantai, kemudian mulai pegang bet tenis meja seperti bersalaman atau berjabat tangan dengan seseorang, lalu jari telunjuk kamu bisa diluruskan pada bagian bawah bidang bet tenis meja.Sementara untuk ibu jarinya yaitu kita posisikan pada permukaan bet lainnya di atas bidang yang telunjuk kita pegang, tekuk ibu jari dan kemudian rilekskan sedikit, karena berpengaruh pada kuku di ibu jari kita agar tegak lurus dengan permukaan bet yang kita pakai untuk melakukan pukulan.Intinya jangan sampai ibu jari bagian dalam kita menyentuh bagian permukaan bet tersebut, untuk bidang betnya pastikan selalu menyandar di lekukan antara ibu jari sekitar ¼ inci, terus letakkan jari telunjuk kamu untuk selalu berdekatan dengan bet dan posisikan untuk melintang ke arah atas bet. Dan yang terakhir yaitu rapatkan ibu jari pada bet.
  • Teknik Seemiller GripCara melakukan teknik ini yaitu dengan jari telunjuk yang memegang seluruh bagian bet “mirip dengan teknik “Handshake Grip”. Cara melakukan teknik ini yaitu mulai pegangan yang sama dengan langkah-langkah pada teknik handshake grip.Kemudian atas bet itu putar 90 derajat ke arah tubuh kita. Semakin kita memutar maka semakin kuat pukulan backhandnya, namun untuk pukulan forehand akan semakin lemah. Dan terakhir jeri telunjuk lekukkan sepanjang bagian sisi bet tenis meja.

2. Teknik Dasar “Footwork”

Teknik ini yaitu teknik yang memerhatikan posisi siku di mana harus dalam posisi memegang bet dan ada titik tengahnya antara “backhand dan forehand”. Menjaga supaya siku tetap ada tak jauh dari tengah meja dan gerakkan tubuh agak ke kiri.

Di dalam permainan tenis meja ini sangat menghiraukan posisi kaki, maka dari itulah, sebenarnya posisi kaki ini sangatlah berhubungan. Maka dari itulah di sini akan dipaparkan metodenya.

  • Tekuk bagian lutt sedikit, berat badan harus seimbang dengan kedua kaki dengan tumpuan di ujung kaki, untuk melangkah ke kiri, tumpuhkan juga kaki ke arah kiri.Untuk kaki kanan sendiri yaitu harus mengikuti kaki kiri, bila hendak memukul dengan teknik forehand tariklah kaki kanan ke arah belakang sehingga seperti semula yaitu pada posisi awal forehand.

3. Teknik Dasar Stance

Stance yaitu teknik siap-siaga. Di mana teknik ini merupakan teknik dalam penempatan tangan. Ada dua teknik Stance yaitu:

  • Square StanceSebuah teknik yang secara umum digunkan oleh para pemain tenis meja ketika menerima service bola dari pihak lawan. Yaitu posisi siap siaga ketika lawan akan menyerang. Kaki dalam teknik ini juga dibutuhkan yaitu dengan menggerakkan kaki selangkah ke depan lalu ke belakang, kemudian ke kiri dan ke kanan dan diagonal.
  • Side StancePosisi menyamping ke kiri dan juga ke kanan. Bahu juga sangat dibutuhkan dalam menjaga keseimbangan, yaitu posisikan bahu lebih dekat dengan net, terkhusus pada saat melakukan serangan kepada tim lawan.

4. Teknik Dasar Memukul

Teknik memukul ini terdapat beberapa jenis yaitu teknik Forehand, Backhand, Kedua teknik ini yang juga sangat diperlukan dan penting bagi aturan dalam teknik tenis meja lainnya atau yang sudah disebut dari tadi.

  • Teknik Pukulan ForehandUntuk teknik forehand ini yaitu digunakan untuk pukulan yang lebih keras, posisi tubuh lebih rendah dan pukulan ini ditujukan jika bola berada di sisi bagian kanan tubuh pemain. Siku kita saat melakukan pukulan ini akan otomatis membentuk sudut 90 derajat.
  • Teknik Pukulan BackhandUntuk pukulan ini yaitu pada saat bola berada di sebelah kiri tubuh. merendahkan tubuh di sini juga sangat diperlukan dan juga langsung menggerakkan tangan ke arah pinggang kiri. Siku-siku harus membentuk 90 derajat dan tangan juga langsung memegang bet yang diarahkan ke arah depan.
  • Teknik Pukulan ServisServis merupakan penyajian pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain saat pertama-tama melakukan permainan. Teknik ini juga terbagi lagi dengan beberapa tipe yaitu servis backhand topspin, forehand topspin, backhand backspin dan forehand backspin.Topspin sendiri merupakan teknik arah putaran bola yang membentuk seperti searah jarum jam dan untuk backspin sendiri yaitu bentuk putaran bola berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Teknik Pukulan ChopYaitu teknik pukulan yang memiliki sifat untuk bertahan, pukulan ini mirip juga dengan pukulan forehand. Bedanya Cuma bet dalam pukulan ini harus sedikit lebih terbuka, langsung bet diarahkan ke depan namun sedikit pula di arahkan ke bawah. Dan juga bola harus tepat disebelah sisi kanan tubuh. untuk teknik backhand chop yaitu kebalikannya dengan forehand chop.

Di atas sudah disebutkan beberapa teknik dasar dalam permainan tenis meja, mungkin memang anda belum begitu mengetahui tentang teknik-teknik tersebut.

Karena istilah-istilah dalam teknik tersebut juga jarang kita ketahui. Maka dari itulah, dengan penjelasan di atas, semoga sedikit bisa memberikan referensi kepada sang pembaca. Sekian, terima kasih, semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply