Tips Latihan Jumping Smash Bola Voli

latihan smash bola voli

Olahraga bola voli memang membutuhkan beberapa teknik penting yang menjadi bagian dari taktik. Salah satunya adalah teknik jumping yang biasanya digunakan untuk smash atau memukul bola dengan tekanan yang lebih kuat sambil melompat.

Teknik ini memang disarankan bagi pemain yang memiliki postur tubuh lebih linggi. Hal ini dilakukan agar bola yang dipukul sambil melompat tidak diblock atau dihalangi oleh tim lawan.

Semakin tinggi postur tubuh dari pemain biasanya akan sangat mudah untuk melakukan smash bola voli. Adapun cara melakukan teknik blocking bola voli, bisa di pelajari pada artikel sebelumnya.

Apalagi bila pemain menguasai teknik ini maka peluang untuk memenangi pertandingan juga akan semakin lebih besar. Namun, sebaiknya para pemain juga harus menguasai tips latihan jumping smash bola voli.

Faktor Penting Dalam smash Bola Voli

latihan teknik smash

tokolahraga.com

Para pemain yang memiliki kesempatan untuk melakukan smash biasanya membutuhkan beberapa faktor pendukung. Hal ini biasanya akan memberikan pengaruh terhadap hasil pukulan dan tekanan yang dihasilkan.

Semakin baik dukungan yang kamu dapatkan biasanya akan memperbesar peluang dalam memaksimalkan hasil pukulan. Berikut ini ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam melakukan smash, seperti:

1. Memperhatikan awalan

Untuk mendapatkan posisi jumping yang ideal sebaiknya perhatikan awalan. Biasanya awalan seperti ini juga dilakukan dengan mengambil beberapa langkah untuk mendapatkan posisi yang ideal. Beberapa pemain memang akan mencoba 2 atau 3 langkah agar posisi lompatan juga lebih tinggi.

2. Perhitungkan waktu tolakan

Kamu harus dapat memperhitungkan waktu tolakan yang dibutuhkan saat akan melompat. Cara seperti ini memang dilakukan dengan memberikan peluang pada kaki dan tumpuan sehingga mendapatkan kekuatan untuk melompat. Semakin baik waktu tolakan ini biasanya tenaga yang dikeluarkan juga semakin besar.

3. Menentukan timing yang tepat

Waktu yang tepat harus diperhitungkan. Biasanya waktu seperti ini akan dilakukan dengan memperhitungkan waktu lompatan hingga mengambil gerakan untuk smash. Apalagi kamu juga akan melakukan gerakan tangan yang mempermudah untuk melakukan smash dalam waktu yang lebih cepat.

4. Pendaratan yang ideal

Setelah melakukan lompatan dan smash perhitungkan kembali untuk pendaratan. Perhitungan waktu seperti ini memang sangat dibutuhkan untuk menghindari cedera atau posisi mendarat yang tidak ideal.

Tips Latihan Jumping Smash Bola Voli yang Wajib Diterapkan

tips jumping voli

wikihow.com

Tentu saja kamu harus melakukan latihan yang baik untuk mendapatkan pola pukulan smash yang ideal. Apalagi latihan seperti ini juga akan mempengaruhi bagian dari detail jumping. Postur tubuh yang lebih tinggi memang akan memberikan pengaruh terhadap posisi jumping.

Bahkan, ini juga akan membuat hasil dari smashing juga tidak mudah dihalau. Berikut ini kamu bisa melakukan beberapa tips latihan jumping smash bola voli seperti:

1. Melakukan pemanasan

Ini adalah salah satu bagian penting dari penerapan tips latihan jumping smash bola voli. Pemanasan sangat dibutuhkan sebelum kamu melakukan berbagai tindakan atau latihan. Ada beberapa gerakan pemanasan yang mungkin dilakukan. Misalnya saja dengan mengulurkan bagian tubuh seperti kaki, tangan hingga leher.

Hal ini untuk mengantisipasi cedera atau keram saat akan melakukan latihan dengan gerakan tertentu. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk pemanasan juga akan disesuaikan dengan porsi latihan yang kamu inginkan.

Bila kamu sudah menentukan porsi latihan dengan perhitungan yang lebih banyak sebaiknya gunakan pemanasan dalam waktu yang lebih banyak.

2. Latihan lari

Selanjutnya kamu harus melakukan latihan lanjutan dengan lari atau jogging. Beberapa pemain yang sudah menerapkan beberapa gerakan justru akan mencoba untuk running. Gerakan lari seperti ini bisa dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

  10+ Peraturan dalam Permainan Bola Basket Terbaru

Hal ini juga dianggap sebagai latihan pemanasan atau meningkatkan kekuatan otot pada bagian pangkah paha hingga betis. Tentu saja latihan lari juga mempengaruhi kamu untuk mendapatkan kekuatan yang ideal saat melompat.

Beberapa pemain voli profesional juga sering menggunakan beban tambahan pada bagian kaki saat akan latihan lari. Kamu juga bisa mempertimbangkan cara itu untuk meningkatkan kemampuan dalam berlari dan melompat.

3. Mencoba lompat tangga

Intensitas atau porsi dari latihan yang harus kamu lakukan sebaiknya ditambah. Hal ini biasanya dianggap akan memberikan dampak yang sangat baik. Salah satu pilihan dari latihan ini bisa dengan menerapkan lompat tangga. Biasanya lompat tangga ini dilakukan selama kurang lebih 15-20 menit.

Fungsi dari latihan ini adalah memperkuat kekuatan otot kaki. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam menentukan timing saat akan melompat.

Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah perhatian setiap ketinggian dari anak tangga. Biasanya cara seperti ini diterapkan agar kamu bisa menentukan posisi awal saat melompat.

4. Coba lompat tali

Rekomendasi lain dari tips latihan jumping smash bola voli adalah dengan lompat tali. Beberapa pemain profesional juga sering melakukan latihan ini untuk mendapatkan posisi ketinggian yang sangat ideal. Selain itu, latihan seperti ini juga akan memberikan kemudahan dalam menentukan keseimbangan saat kamu melompat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik cobalah gunakan beban pada bagian kaki. Beban seperti ini biasanya diikat pada betis untuk mendapatkan hasil lompatan yang lebih baik.

5. Latihan lompat dengan alat sederhana

Sebenarnya latihan lompat atau jumping lainnya juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan dari alat sederhana. Misalnya saja kamu menggunakan kursi atau beberapa furnitur dengan ketinggian yang tidak berlebih.

Cara seperti ini memang sangat mudah dilakukan. Apalagi kamu bisa menjadikan beberapa sisi dari alat sederhana itu menjadi tumpuan dalam melompat.

Sebagian dari pemain profesional biasanya menerapkan cara seperti ini untuk menghasilkan lompatan yang lebih baik. Tentu saja ada juga pola yang dilakukan agar mudah dalam menghitung lompatan.

6. Menerapkan push up, set up hingga pull up

Latihan fisik sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menghasilkan lompatan yang ideal. Cara seperti ini memang dilakukan dengan cukup mudah. Ada beberapa pilihan latihan fisik yang bisa kamu lakukan seperti push up, set up hingga pull up.

Latihan seperti ini juga akan mempermudah kamu untuk mendapatkan kekuatan tangan saat akan melakukan smashing. Kecepatan tangan juga sangat dibutuhkan dalam menentukan tekanan untuk memukul bola voli. Masing-masing dari pola latihan fisik seperti itu bisa dilakukan sekitar 10 gerakan.

7. Cobal lakukan gerakan kombinasi

Sebenarnya kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan kombinasi sekaligus. Cara seperti ini dilakukan untuk pemain voli yang memang sudah sering menerapkan latihan pemanasan. Pola dari gerakan latihan kombinasi seperti ini biasanya dimulai dengan gerakan lari ditempat dalam hitungan tertentu dan selanjutnya langsung melakukan push up.

Pada gerakan lain akan membutuhkan lompatan dengan beberapa kali. Total waktu dan perhitungan latihan fisik yang dibutuhkan juga akan disesuaikan dengan kondisi fisik anda. Cara seperti ini memang harus diterapkan dengan hati-hati untuk menghindari cedera ringan pada bagian tangan atau kaki.

Yup, itu tadi beberapa tips mengenai latihan teknik jumping smash pada permainan bola voli, jangan patah semangat untuk terus berlatih. Salam olahraga, selalu berolahraga!

Add Comment