3
103

Teknik Dasar dan Tujuan Permainan Bola Voli

Tujuan Permainan Bola Voli  – Salah satu olahraga permainan yang banyak dimainkan di sekolah ataupun dilombakan dalam ajang lomba tertentu adalah bola voli. Permainan yang berasal dari Amerika Serikat saat ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Bola voli pertama kali ditemukan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan.

Pada mulanya tujuan permainan bola voli adalah hanya untuk rekreasi dan permainan saja. Namun seiring dengan perkembangannya, tujuan permainan bola voli berubah menjadi salah satu cabang olahraga yang ikut serta dalam ajang perlombaan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan atlet bola voli terbanyak dan juga memiliki banyak sekali prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia Dan di Indonesia

Teknik Dasar Bola Voli

permainan bola voli

tokolahraga.com

Teknik dasar permainan bola voli ada pada teknik pukulan servis dan passing. Pukulan servis merupakan sebuah pukulan awal untuk memulai permainan bola voli. Setiap pemain dalam tim bola voli diwajibkan untuk menguasai teknik pukulan servis ini.

Terdapat dua pilihan teknik servis, yakni servis atas dan servis bawah. Anda dapat menyesuaikannya dengan kemampuan Anda. Pastikan bahwa bola yang Anda pukul dapat melewati net dan juga apabila mungkin dapat jatuh di area lapangan lawan. Teknik selanjutnya yang wajib Anda kuasai adalah teknik passing.

Passing merupakan sebuah teknik untuk mengoper bola kepada teman satu tim agar bola tersebut tidak jatuh ke lapangan sendiri. Jika Anda menguasai teknik ini, maka akan semakin memperbesar kemungkinan bola tidak akan jatuh ke lapangan tim Anda sendiri.

Tujuan permainan bola voli lainnya adalah untuk melambungkan bola melewati net agar dapat jatuh dan menyentuh lapangan pihak lawan serta mencegah bola jatuh di lapangan sendiri. Untuk itu, diperlukan kerja tim yang kuat dan solid untuk dapat memenangkan permainan ini. Kemudian tujuan yang selanjutnya sudah pasti adalah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak ada olahraga yang tidak menyehatkan tubuh dan bola voli merupakan salah satu olahraga yang akan membuat tubuh Anda sehat dan bugar. Selanjutnya adalah untuk mendapatkan prestasi. Jika Anda bercita-cita menjadi seorang atlet profesional.

Maka melalui permainan bola voli ini Anda akan meraih prestasi dengan cara mengikuti berbagai macam ajang perlombaan untuk cabang olahraga bola voli. Anda juga dapat bergabung di komunitas bola voli tertentu untuk mendapatkan link perlombaan yang Anda inginkan ataupun yang akan Anda ikuti.

Selain itu, tujuan dari permainan bola voli adalah menambah relasi pertemanan serta membentuk sebuah rasa solidaritas yang kuat. Hal ini dikarenakan dalam permainan bola voli, diperlukan kekompakan yang tinggi serta rasa solidaritas yang kuat untuk dapat memenangkan permainan tersebut.

Anda beserta tim harus menyingkirkan ego untuk dapat mencapai tujuan bersama, yakni untuk menang. Oleh karena itu, dengan bermain bola voli maka akan melatih kerja tim Anda serta menambah relasi pertemanan karena Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang juga bergelut di permainan bola voli ini.

Itulah beberapa tujuan permainan bola voli yang harus ketahui. Tujuan tersebut tentunya akan memberikan keuntungan bagi Anda, baik itu keuntungan yang dirasakan bagi diri sendiri ataupun keuntungan yang dirasakan bersama oleh tim bola voli Anda.

Intinya, bila Anda ingin meraih tujuan tersebut, seperti tujuan mencapai prestasi, Anda harus giat berlatih agar berhasil mendapatkan prestasi tersebut. Hal ini dikarenakan, kesuksesan yang akan Anda peroleh berasal dari diri Anda sendiri. Apabila Anda giat berlatih dan bekerja keras, maka akan Anda hasil yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Tujuan Permainan Bola Voli 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply